solehikhsanudinAvatar border
TS
solehikhsanudin
5 Ihwal Seputar Fenomena Geliat E-Sports Di Indonesia Dan Dunia Hingga Saat Ini


Assalamu’alaikum, selamat pagi/siang/sore/malam, para Kaskuser sekalian dimana pun berada!
Ketemu lagi dengan ane, “solehikhsanudin”.
Kali ini dalam rangka turut meramaikan event TOP 5 Kasquiz Forum Games yang bertema E-Sports.

Yup, langsung saja masuk ke pembahasannya, gan/sist.
Kali ini ane mau sedikit memaparkan tentang 5 fakta seputar fenomena geliat E-Sports di Indonesia dan dunia hingga saat ini, yang secara garis besar akan ane bagi ke dalam 5 (lima) bagian, yaitu (1) Sejarah E-Sports; (2) Kontroversi seputar keberadaan E-Sports; (3) Perbedaan antara gaming dengan E-Sports; (4) Potensi E-Sports di Indonesia; dan (5) Imbas Mobile Legends terhadap gaung E-Sports.
Cekidot ...

SEJARAH E-SPORTS

Spoiler for :


Banyak pihak yang bertanya, kapan cikal-bakal munculnya makhluk yang namanya E-Sports ini?
Ada yang mengira bahwa fenomena E-Sport barulah bermula belum lama ini seiring perkembangan dunia games.
Namun, konon katanya, E-Sports ini cikal-bakalnya telah ada sejak kurun tahun 1970-an yang lalu, gan/sist. Katanya fenomena semacam E-Sport untuk pertama kali berlangsung di University of Standford. Padahal, pada zaman itu, tentunya masih sangat terbatas soal keberadaan komputer, apalagi jaringan dan teknologi peripheral-nya.

KONTROVERSI SEPUTAR KEBERADAAN E-SPORTS

Spoiler for :


Meskipun telah dilangsungnya eksibisi menyangkut kompetisi E-Sports di Olimpiade dan baru-baru ini di event Asian Games, namun ternyata masih banyak pro dan kontra seputar penetapan E-Sports sebagai olahraga.
Pihak pro menyebut bahwa E-Sports bisa saja menjadi suatu cabang olahraga, karena di dalamnya juga mencakup aspek keterampilan dan strategi yang bersifat fisik maupun pemikiran pemainnya.
Namun di sisi lain, pihak yang kontra berdalih bahwa secara filosofis, E-Sports tetaplah berbeda secara diametral dengan ragam olahraga yang telah sejak lama ada dan diakui dunia internasional.

PERBEDAAN ANTARA GAMING DENGAN E-SPORTS

Spoiler for :


Senada dengan kontroversi yang berkembang seiring dengan semakin menggeliatnya E-Sports di berbagai belahan dunia, ternyata masih ada juga sekelompok orang yang masih rancu menyangkut perbedaan (prinsip) antara gaming dengan E-Sports.
Menurut para pakar, perbedaan mendasar antara gaming dengan E-Sports terletak pada tujuannya.
Dalam hal ini, gaming lebih mengarah pada tujuan untuk refreshing dan kesenangan pribadi, sedang E-Sports lebih luas dan jauh bisa mengarah ke segi profesi yang dapat dijalankan secara profesional.

POTENSI E-SPORTS DI INDONESIA

Spoiler for :


Dengan banyaknya jumlah penduduk dan gencarnya perkembangan Information Technology (IT) di Indonesia, wajar saja jika negara kita memiliki potensi yang juga besar terkait fenomena E-Sports.
Tak dapat dipungkiri pula, bahwa hingga saat ini telah banyak muncul “atlet” atau gamers Indonesia yang mampu berjaya di kejuaraan games internasional.
Bukan tidak mungkin, dengan semakin banyaknya dukungan dan partisipasi dari pihak pemerintah maupun swasta, maka akan semakin banyak bermunculan pula bibit-bibit potensial yang mampu mengharumkan nama bangsa di kompetisi E-Sports dunia.

IMBAS MOBILE LEGENDS TERHADAP GAUNG E-SPORTS

Spoiler for :


Terakhir, tidak dapat dipungkiri juga bahwa geliat perkembangan E-Sports di Indonesia dan dunia akhir-akhir ini turut didongkrak oleh maraknya fenomena permainan game Mobile Legends (ML).
Melonjaknya peminat ML secara langsung maupun tidak langsung turut melejitkan nama E-Sports dalam kancah kompetisi yang berbasis games ini.
Dengan makin banyak dan besarnya sponsorship di kompetisi-kompetisi ML, bisa saja akan semakin bermunculan pula pemain-pemain ML profesional yang tertarik bergerak secara profesional dalam konsep E-Sports.

Demikian sekelumit pemaparan ane tentang 5 hal yang berhubungan sama fenomena E-Sports dan perkembangannya hingga saat ini gan/sist.
Semoga dapat sedikit menambah wawasan bagi para Kaskuser sekalian, dan mohon dimaafkan jika terdapat kesalahan!
Wassalam!!!

Sumber :
Narasi : pemikiran pribadi.
Ilustrasi : Google Images.
KnightDruid
swiitdebby
swiitdebby dan KnightDruid memberi reputasi
2
4.2K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan