alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Pajak /
Tanya Jawab Pajak Indonesia
4.71 stars - based on 45 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000904661/tanya-jawab-pajak-indonesia

Tanya Jawab Pajak Indonesia

Tampilkan isi Thread
Halaman 372 dari 404
Lihat 1 balasan
Balasan post joshuaaaaa
wah gan gimana ni saya gaada npwp


Quote:


Bales aja suratnya gan. Klarifikasi.


Quote:


Buat gan.
mohon infonya... ane pegawai bumn, ada kesalahan pemotongan di 1721 a1 ane, yg dipotong 25% sama bendahara ane,, nah di spt tahunan kan jadi LB karena range Penghasilan Kena Pajak ane masih dibawah 50jt, sehingga cuma kena tarif 5%,, apakah saya akan dapet kembalian kelebihan pembayaran pajak? sedangkan PPh yang saya bayar berasal dari tunjangan pajak,,
Lihat 2 balasan
Balasan post bayuep
Quote:


waduh motongnya banyak bgt, bisa sampe kelewat tarif 5% & 15%nya..

dalam pph 21 gk bisa di restitusikan (kembalian atas kelebihan pembayaran tsb u/ dicairkan dananya), adanya cuma kompensansi ke bulan berikutnya, cmiiw emoticon-shakehand


Quote:


Bisa gan di restitusi. Nanti waktu isi spt tahunan akan jadi lebih bayar tu. Pilih aja restitusi. Resikonya agan akan dilakukan pemeriksaan sama kantor pajaknya. Biasanya diminta buku tabungan. Nah yg biasa jd masalah semua uang masuk di anggap penghasilan. Nanti tinggal kuat2an data n argumen gan. Kalo berhasil semua balik, bisa juga gak balik semua, atau lebih parah lg jadi kurang bayar. Hehehe
Balasan post hiimanonymous
Iye gan ntu bendahara langsung matok 25 persen atas penghasilan kena pajak ane.. di 1721 a1 jadi kena LB. Oh iya gan ada dasarnya gk gan yang bilang gak bisa restitusi
Gan mau nanya....
Junjungan saya buka warung makan kecil-kecilan.
1. Pajak apa yg kena ke warung makan, dia dan saya?
2. Pajak atas penghasilan apa dikenakan berbeda ke rumah makan & pemilik?
3. Apa diperlukan sebelumnya laporan bentuk usaha ini?
4. Pajak karyawan nya apa dilaporkan oleh warung makan tsb atau cukup masing-masing karyawan.
Lihat 1 balasan
nanya gan, orang tua ane kan mau bikin npwp, tp kok musti setor pajak bulanan 250 ribu per bulan yah
padahal penghasilan cuma 2-3 juta doang per bulan. ini petugasnya kok bisa ngitung segitu?
kalo di-diemin aja ga usah setor pajak, nanti bakal repot ga gan?
maap bahasanya belepotan
Lihat 1 balasan
Balasan post arief.wibolang
Quote:


Tanyain aja org pajaknya apa dasarnya bs ngeanin segitu? atau ortu agan ada usaha lain atau punya pendapatan lain?
Balasan post 42i3
Quote:


Coba jawab yah:
1. Pajak UMKM, nah ini yg masih rancu bagi ane sebagai org yg sedikit tahu pajak. Nah warung makan ini udah ada NPWP nya belum
2. Jelas beda gan, Pajak rumah makan setahu ane ada pajak daerah 10% deh, kl pajak emilik yang dari tambahan penghasilan dia, semisal gaji dll.
3. Minimal kl berbentuk CV ada pembukuan supaya rapih.
4. Dihitung dulu gaji karyawannya kena PTKP atau gak? kl gak yah berarti gak ada yang dibayar.
Quote:


Quote:


1. NPWP untuk warung makan, maksudnya badan usaha yah? Belum ada gan. Kl untuk NPWP owner ada
2. Pajak daerah yg 10% nggak ada gan. Apa arti nya pajak penghasilan owner sama dengan pajak atas laba bersih warung makan? Kalau dikenakan pajak daerah 10% apa owner masih dikenakan atas penghasilan dia dari warung makan nya?
3. Kalo lapor ke kantor pajak atas bentuk UMKM dari usaha owner ini bagaimana gan?
4. Siip

Thx sudah reply
Quote:


1. Nah berarti owner tersebut dinyatakan sebagai wiraswasta yg nantinya akan dikenakan norma dgn tarif yg telah ditentukan.
2. Pajak daerah utk restoran (PB1) itu wajib gan utk setiap restoran (contohnya KF* atau Mc*. Kn setiap mau ijin usaha biasanya harus lapor dulu. Kl PB1 kn dihitung 10% dari omset, nah tp yg dihitung sebagai pajak penghasilan adalah tambahan harta owner tsb. Apakah semua profit restorannya masuk kantong pribadi? Apa gak diputer utk roda usahanya dulu?
3. Berati tinggal ijin legalitasnya dipenuhin, lapor ke KPP minta NPWP dengan bawa syarat2 nya. Ditambah agan harua belajar pencatatan, lebih bagus lagi pembukuan.
4. Sipp juga
ada PPh 24 terutang kan?
Quote:


PPh 24 kan kredit pajak luar negeri gan.
Jadi kalau misalnya agan punya penghasilan yang bersumber dari luar negeri (contoh dividen) dan dikenakan pajak (bersifat langsung) di luar negeri atas penghasilan tersebut, maka pajak tersebut bisa dikreditkan untuk penghitungan pajak atas penghasilan di dalam negeri untuk menghindari pengenaan pajak berganda (tentunya dengan penghitungan kembali).
Penjelasannya dan cara penghitungannya bisa dibaca di UU PPh gan.
Diubah oleh AguzTeam
gan mau nanya,

gaji ane skitar 4 juta,
nah ane ambil KPR rumah 6jt /bln

orang tua bantu kpr 3 juta/ bln

fyi, ane tinggal sama ortu saat ini jadi pengeluaran gak gede, ini lapor SPTnya gmana ya!?

uang dari orang tua dimasukan kemana ya?
Lihat 2 balasan
Balasan post thechan
Quote:


Lapor SPT yah tinggal masukin aja gaji aktual sama harta berupa rumah (masukin harga sampe lunas, estimasi aja gpp) terus dikurangi hutang agan berupa total sisa cicilan sampe lunas. gak ada sangkut pautnya sama uang dari ortu.

Halo emoticon-Smilie aku minta tolong bantuannya untuk isi kuisionerku untuk keperluan skripsi lewat link berikut.

https://docs.google.com/forms/d/e/1F...st5OA/viewform

Setelah beberapa kuesioner terkumpul, akan diundi 5 orang pemenang untuk mendapatkan pulsa masing-masing senilai Rp 20.000. Pemenang yang beruntung akan langsung dihubungi lewat nomor HP/Telepon. Terima kasih atas bantuannya, semoga sukses.
Kriterianya: Wirausaha/ Wiraswasta, Punya NPWP, Ikut Tax Amnesty, dan domisili Jakarta
Ga sesuai kriteria juga boleh isi kok.
Terima kasih atas bantuannya, semoga sukses.
Gan, ane mau tanya, ane punya Mobil Plat nya L (Surabaya) ane mau perpanjang STNK 5 tahunan, ane tinggal Ponorogo (Jawa Timur). Pertanyaan ane bisa ga ya perpanjang stnk 5 tahunan tapi di samsat ponorogo tanpa harus ke surabaya. Dulu ane bayar pajak tahunan di ponorogo bisa tanpa harus ke surabaya
Halaman 372 dari 404


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di