snhikmawAvatar border
TS
snhikmaw
7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik
Berawal dari celangak-celinguk ane diatas motor abang ojol ketika bawa ane pulang ke rumah..ane liat papan ijo gede tiap beberapa meter yang bertuliskan nama tempat di jakarta..yang kayak gini nih 



Ane jadi kepikiran buat bikin thread ini..Ane jadi kepo kok namanya gitu yah..ada maknanya ga sik? ane jadi pengen cari tau dan pengen sharing ke ente-ente sekalian. Barangkali bermanfaat gitu..Dan dari banyaknya nama tempat di Jakarta yang terpampang di papan ijo itu..ada 7 nama tempat yang pengen banget ane tau makna dari namanya diantaranya nih gan 

1. Warung Buncit 




Kalo yang ada dalam pikiran ane pas baca kalimat "warung buncit" pasti di tempat ini ada warung yang jagain perut orangnya buncit..sependapat ga sih? emoticon-Big Grin

Tapi ternyata keliru dikit, gan..bukan perutnya yang buncit..ternyata warung buncit yang dikenal sebagai jalan terusan dari Mampang ke arah Ragunan, kata Zaenuddin dulunya kawasan pertanian yang mayoritas penduduknya etnis Betawi. Nama asli kawasan ini adalah kampung Pulo Kalibata. Di kampung Pulo Kalibata itu lah berdiri sebuah warung—bukan satu-satunya warung—yang pemiliknya seorang beretnis Tionghoa bernama Buncit (Bun Tjit). Warung milik Bun Tjit itu kira-kira letaknya di perempatan Jalan Duren Tiga, perbatasan Jalan Mampang Prapatan dengan Jalan Warung Jati Barat (Warung Buncit). Warung itu menjual segala kebutuhan rumah tangga mulai dari pangan, minyak lampu, alat pertanian, hingga perkakas pertukangan.

gitu, gan ternyata maksudnya emoticon-Jempol


Nah lanjut yang berikutnya yah

2. Pluit 



Kalo baca nama "Pluit" ini yang terlintas dalam pikiran ane..Di sekitar tempat ini orang-orangnya sering bunyiin priwitan, makanya disebut Pluit. Ternyata salah, gan.. Nama Pluit berasal dari kata fluitschip yang artinya kapal (layar) panjang berlunas ramping. Dulu Belanda meletakkan sebuah fluitschip bernama Het Whitte Paert, yang sudah tidak laik laut di pantai sebelah timur muara Kali Angke. Tempat ini dijadikan kubu pertahanan dalam menghadapi serangan pasukan Banten. Kubu ini dikenal dengan nama De Fluit. Sekarang kita mengenalnya sebagai kawasan Pluit.

oooh, ternyata ada sangkut pautnya sm kompeni, gan..

3. Tanah Abang



Yang punya tanah itu abang-abang..itu kurang lebih yang ane pikirin kalo ada papan petunjuk tanah abang ini..Tapi ternyata setelah ane googling Tanah Abang itu diberi nama oleh orang-orang Mataram yang membuat pertahanan di daerah tersebut ketika menyerbu Kota Batavia Tahun 1628. Pasukan tentara Mataram tidak hanya datang melalui laut Jawa, melainkan juga melalui darat dari arah Selatan. Ada kemungkinan pasukan tentara Mataram itulah yang memberi nama Tanah Abang, karena tanahnya berwarna merah, atau abang (menurut bahasa Jawa).

Gitu gan ternyata.Jadi, Tanah Abang itu Tanah Merah.

Lanjut yah

4. Kuningan



kalo ini ane penasaran karna ane kerja di daerah kuningan..kenapa bisa dibilang kuningan?mungkinkah karna warna aspalnya kekuningan? atau orang-orang sekitar sering pake baju kuning? 

Ternyata kalo kata mbah google Mengapa dinamai Kuningan? Masih menurut Zaenuddin, karena diperkirakan bahwa kawasan tersebut dahulunya banyak tinggal orang-orang dari daerah Kuningan, Jawa Barat.

Mereka menetap hingga punya anak dan keturunan, sehingga orang-orang di Jakarta tempo dulu menyebutnya kawasan Kuningan. Nama itu resmi dipakai sampai serakang, sebagai salah satu kawasan pusat bisnis terkemuka di Ibu Kota.

Oia, zaenudin siapa sih? Zaenuddin HM yang nulis bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Berarti emang masih ada kaitannya antara Kuningan, Jakarta Selatan sama Kuningan, Jawa Barat gan 

Okeh, next

5. Harmoni



Se- Harmoni apa sih ini kota? kok bisa dinamain harmoni? Ternyata ga, masih Dalam buku berjudul  “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe,” karya Zaenuddin HM, seorang jurnalis dan penulis buku Trilogi Jakarta, dijelaskan bahwa Harmoni berasal dari nama gedung.

Gedung tersebut sangat penting di zaman ketika Batavia dalam kekuasaan pemerintah Hindia Belanda, sekitar abad ke-17 dan ke-18.

Lebih lanjut buku setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012 itu juga menjelaskan bahwa nama gedung yang sangat penting itu Sosietiet De Harmonie.

Gedung yang menjadi tempat berpestanya kaum sosialita Belanda, dilanjutkan saat Inggris berkuasa di Batavia. Mereka sering berkumpul, beramah-tamah, dan mencari jodoh.

Di gedung besar berarsitektur Belanda itu pula sering terjadi keributan karena yang pesta dan dansa mabuk minuman keras.

Namun, oleh Pemprov DKI Jakarta, gedung bersejarah itu akhirnya dibongkar pada 1985, persis ketika gedung yang pernah berjaya itu berumur 170 tahun.

Meski sudah tidak ada bangunan bersejarah tersebut, tempat dan kawasan itu tetap disebut Harmoni.

Lanjut yah, gan

6. Pinang Ranti 



Yaps, betul..gara-gara ane dulu sering naik trans jakarta kalo ngantor,ane jd kepo sama si pinang ranti ini..apa ada anak gadis yang namanya ranti terus dipinang di kota ini?  Ternyata bukan, gan..Kalo kata wikipedia Nama Pinang Ranti Diambil Dari Nama Dua Tumbuhan Yaitu Pinang dan Ranti(Leunca). Dahulu Disini Banyak Sekali Pohon Pinang Yang Tumbuh Dan Juga Pohon Ranti(Leunca). Akhirnya Masyarakat Dulu Sepakat Menamai Daerah Ini Dengan Nama Desa Pinang Ranti.

oooh....baiiik...gt, gan ternyata...

Okeh, gan..yang terakhir ya 


7. Meruya



Meruya? ane ga ada bayangan sih pas baca kata ini..cuma ane pengen tau aja kenapa namanya meruya..selain karena ane sering lewat daerah ini dan kayaknya susah ketebak aja ini artinya apa.

Setelah ane baca-baca artikel, ane nemu informasi kalo meruya tuh ada hubungannya dengan perempuan di sana, yang dulu terkenal murah. Maksudnya, murah hati dan selalu menyambut para tamu dengan senyuman yang meriah, penuh keramahan. Dari kata ’murah’, ’meriah’ dan ’ramah’ inilah akhirnya kampung ini disebut dengan Meruya.

hihi..dari 7 nama tempat yang ane penasaran asal usulnya..ane tertarik sama si meruya ini..ternyata itu asal usulnya, gan..menarik emoticon-2 Jempol


Nah udah gan..itu aja sharing ane..semoga bermanfaat yah 

setidaknya ketika liat papan penunjuk arah 7 tempat yang ane bahas ini, bisa bikin ente smua inget thread ane ini emoticon-Betty


Sumber :
Google
4
19.5K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan