iam.divergentAvatar border
TS
iam.divergent
BIKIN RIBET! BUAT APA 7 SYARAT MELAMAR CPNS INI DITERAPKAN?


o o o

Hallo, Gan! Apa Kabarnya nich,,, ? Moga sehat selalu ya,,,

Ketemu lagi di threat Ane setelah sekian lama Ane sibuk ngurusin kucing di rumah,, hahaha,,,

Pokoknya mulai hari ini Ane bakalan rajin nulis threat buat Agan/Aganwati semua

Yok! Kita mulai aja Gan,,,

o o o


PROLOG

peluang jadi PNS kini semakin lebar
terbuka kesempatan bagi pelamar gencar
meski terbentur syarat yang kian sukar
impian jadi PNS tak akan pernah pudar

o o o


Kesempatan jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) udah mulai dibuka sejak 19 September 2018 lalu, banyak instansi milik pemerintah yang butuh 'energi baru' guna menjalankan fungsi pemerintahan - dan semua berawal di Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Yap! Agan/Aganwati kalo minat jadi PNS harus registrasi dulu di website sscn.bkn.go.id - lengkapi syarat administrasinya, baru nanti bisa pilih instansi yang Agan/Aganwati mau.
. . .
Ane udah semangat daftar pas tau ada pembukaan CPNS, tapi pas Ane kroscek lagi syarat dasarnya, mood Ane langsung berubah Gan,,, bingung, gelisah, garuk - garuk kepala,, karena menurut Ane banyak banget hal - hal yang ngga terlalu penting buat dijadikan syarat registrasi, malah jadi bikin ribet & ilfil.

Ini dia 7 syarat melamar jadi CPNS yang menurut Ane ngga penting Gan,,


o o o


1. Foto selfie KTP dan Formulir cetak registrasi


Agan udah ada yang coba registrasi CPNS lewat website sscn.bkn.go.id ? di tahap itu pasti Agan tau kalo ada bagian dimana peserta wajib upload foto selfie bareng KTP & Form Registrasi yang dicetak - form registrasi bisa Agan dapatkan pas registrasi awal di website BKN tadi, masalahnya adalah form registrasi itu bentuknya soft copy dengan format PDF Gan.

Nah, soft copy form itu yang harus diprint dulu sebelum selfie Gan. Masalahnya lagi, ngga semua peserta punya printer, dan ngga semua peserta juga lokasi rumahnya dekat dengan warnet yang bisa print itu dokumen.

Lalu BUAT APA foto selfie itu dilakukan ? Berguna BUAT APA ? toh database udah masuk juga ke BKN, toh KTP juga bakalan diupload juga buat syarat berikutnya. Ini daftar CPNS ato ngajuin KREDIT ONLINE sih?

o o o

2. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

"Lalu buat apa ada SKCK kalo MANTAN NAPI KORUPTOR aja bisa NYALEG LAGI?" ini kalimat pernah Ane denger pas beberapa waktu lalu rame soal MANTAN NAPI KORUPTOR yang boleh NYALEG lagi. Emang sih SKCK dibuat sebagai bukti kalo Agan adalah warga negara yang baik, tapi itu ngga bisa jadi patokan utama menurut Ane.

Masih banyak kan oknum PNS yang korupsi ? banyak juga kan oknum POLRI yang masih minta 'JATAH PREMAN' di jalan raya ? WAKIL RAKYAT yang jadi KORUPTOR apalagi! Mereka semua awalnya pake SKCK pas nyalonin diri.

Jadi fungsinya SKCK BUAT APA ? Soal baik/jahat menurut Ane balik ke diri masing - masing ajalah, percuma juga bikin SKCK bayar 30 Ribu, ngga bisa jadi patokan Agan orang baik ato bukan.

o o o

3. Surat keterangan kesehatan

Dokumen ini BUAT APA ya, Gan ? Toh ada BPJS masing - masing individu, kalo sakit tinggal dipake aja, lagian serang Ane tanya ke Agan, kalo seandainya ada peserta yang sakit trus ngelamar jadi CPNS, kira - kira bakalan ngaku ngga kalo dia sakit ? Kalo ngaku yang ada ngga diterima Gan, bener ngga ? Dokumen ini juga ada kemungkinan dimanipulasi sama dokternya atas permintaan pasiennya yang notabene peserta CPNS tadi.

o o o


4. Sertifikat TOEFL dengan skor tertentu


Bahasa asing memang jadi nilai tambah ya Gan, terutama bahasa Inggris, apalagi dengan semakin kencangnya issue era globalisasi & pasar bebas, bahasa Inggris jadi salah satu 'bahasa pemersatu' bangsa. Tapi apakah tingkat kebisaan bahasa Inggris hanya diukur dari sertifikat TOEFL ?

Temen - temen Ane banyak yang jago bahasa Inggris & mereka ngga pernah ikutan tes TOEFL, malah ada temen Ane yang nilai TOEFL diatas 550 tapi ngomong Inggris aja ngga bisa. Jadi sebenarnya BUAT APA fungsi sertifikat TOEFL ini ?


o o o


5. Surat pernyataan bermaterai


BUAT APA lagi dokumen ini ada ya Gan ? Harus pakai materai pula, buka rekening aja sekarang ngga pake ribet, tinggal online aja rekening langsung bisa dipakai. Menurut Ane kalo cuma pernyataan, cukup pakai disclaimer aja tinggal check list - selesai Gan, itu udah cukup bisa dijadikan dasar. Makanya Ane ngga paham juga sih, BUAT APA dokumen ini diperlukan.


o o o


6. Bukti akreditasi universitas


Ini salah satu dokumen yang menurut Ane ngga perlu Gan. Kalo Ane dari lulusan kampus dengan akreditasi A, bisa dilihat dari ijazah & transkrip nilai kampus kan ? atau tinggal cek di website kampus, lagipula fungsi dokumen ini BUAT APA Gan? BUAT APA ? Biar lebih percaya sama kampus Agan ? atau ngga percaya kalo Agan sebenarnya lulusan kampus terbaik ?


o o o


7. Melamar CPNS sesuai latar belakang pendidikan


Ada beberapa instansi yang Ane cek, buka lowongan di bagian digital - yang mana lowongan digital itu sesuai dengan pengalaman yang Ane gelutin sekarang. Tapi Ane ngga bisa ngelamar di bagian itu Gan, karena Ane lulusan sarjana ekonomi, sementara pengalaman kerja Ane selama ini ngga pernah berhubungan dengan jurusan Ane Gan. Mau ngga mau Ane ngelamar di bagian yang sesuai dengan latar belakang pendidikan Ane.

Menurut Ane harusnya peminatan lowongan di instansi selain dari latar belakang pendidikan, juga berdasarkan pengalaman bekerja dong! Proses filterisasinya bisa kan lewat tes peminatan, jadi ketauan layak atau ngga nya. Sekarang Ane tanya ke Agan, pengalaman kerja Agan semua sesuai latar belakang pendidikan ngga?

Jadi KENAPA harus sesuai latar belakang pendidikan? KENAPA ngga dikasih kesempatan buat yang punya pengalaman pekerjaan sesuai peminatan ? KENAPA Gan ?


o o o


Seberapa pun banyaknya kesempatan CPNS dibuka, lowongan CPNS udah kaya 'Gula' yang selalu aja bisa mendatangkan sekawanan 'Semut' untuk berebut mendapatkannya, seberapa pun itu sulitnya Gan. Karena buat sebagian besar masyarakat, jadi PNS itu udah kaya 'Surga Dunia'.

Sekarang tinggal bagaimana transparasi prosesnya aja sih Gan.
Apakah emang beneran jujur atau masih ada yang jual beli kursi jabatan ?

Ditunggu komennya ya Gan,, kita diskusi bareng di sini

o o o

Always LIKE & SHARE ya Gan,,,


o o o

SUMBER ISI - Pengalaman Pribadi

ILUSTRASI - Engkong Gugel

o o o


CEK THREAT LAMA ANE YANG NGGA KALAH KEREN YA GAN,,




O O O

Sampe Ketemu Lagi Gan,,,

o o o


2
16.6K
197
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan