TheNinetiesKid
TS
TheNinetiesKid
Inilah sosok dibalik salah satu score film paling terkenal sepanjang masa
Sebuah film tidak akan terasa lengkap tanpa adanya musik yang menemani setiap adegannya, itulah mengapa perilisan sebuah film biasanya akan diiringi juga dengan sebuah album soundtrack. Soundtrack biasanya adalah kumpulan lagu-lagu yang sudah tersedia yang dipilih karena dirasa sesuai dengan film tersebut. Ini berbeda dengan score, yang merupakan musik yang sengaja ditulis untuk sebuah film, dan biasanya tidak memiliki lirik. Score film juga biasanya melibatkan sebuah orkestra.

Jika membahas score-score film yang paling terkenal dan membekas di pikiran pendengarnya, mungkin kita akan teringat dengan nama John Williams, yang merupakan komposer score di film-film seperti Jaws, Star Wars, Indiana Jones, Jurassic Park dan banyak lagi. Tentu kalian banyak yang familiar dengan musik dari judul-judul film tersebut. Tapi ada satu lagi nama yang sayangnya kurang dikenal di Indonesia. Itu bukan berarti karyanya tidak layak didengar. Dia adalah Vangelis, komposer asal Yunani yang telah berkarir selama lebih dari setengah abad. 



Lahir di Agria, Yunani pada tanggal 29 Maret 1943 dengan nama Evángelos Odysséas Papathanassíou, ia adalah musisi self-taught. Selama karirnya, Vangelis mengaku tidak bisa membaca notasi musik. Sama seperti Paul McCartney, hal ini tentu tidak menghambatnya dalam berkarya. Ia memulai karirnya pada era 1960an dengan menulis untuk tiga film Yunani yaitu My Brother, the Traffic Policeman (1963), 5.000 Lies (1966), dan To Proposo tis Medousas (1967). Pada tahun 1974, ia diajak untuk bergabung dengan band bergenre progressive rock Yes, namun ia menolak ajakan tersebut. Enam tahun kemudian, Vangelis dan Jon Anderson, vokalis Yes bergabung untuk memulai band baru yang dinamai Jon & Vangelis.

Karyanya yang paling terkenal adalah musik yang ia tulis untuk film Chariots of Fire (1981) yang berlatar belakang perlombaan olahraga Olimpiade tahun 1924. Score karyanya dianggap tidak biasa karena score film sejarah pada umumnya menggunakan grup orkestra, sedangkan musiknya terdengar modern dan dibuat menggunakan synthesizer. Musiknya untuk film ini memenangkan penghargaan prestisius Academy Award for Best Original Music Score. Pada pelaksanaan Olympics tahun 2012 di London, musik ini digunakan dalam upacara pembukaannya. Pada tahun 1982, ia juga menulis musik untuk film Blade Runner yang digarap oleh Ridley Scott. Film yang dibintangi oleh Harrison Ford ini merupakan salah satu film paling terkenal dari era 1980an.


Adegan awal film Chariots of Fire yang legendaris, dan parodinya di upacara pembukaan Olimpiade 2012
Spoiler for spoiler:


Tidak hanya musik film, ia juga sudah merilis banyak album solo, satu diantaranya berjudul Rosetta, yang rilis pada tahun 2016 lalu. Lalu ia juga telah menulis musik untuk drama dan pertunjukkan ballet. Musik karyanya digunakan di acara dokumenter bertema astronomi Cosmos: A Personal Voyageyang dipresenteri oleh Carl Sagan. Pada tahun 2002, dialah yang menciptakan Anthem official untuk Piala Dunia pada tahun tersebut. Selama 50 tahun karirnya, ia telah merilis lebih dari 50 album, dan dianggap sebagai salah satu sosok paling penting dalam industri musik elektronik.

Inilah score-score yang paling terkenal dari Vangelis:

1. "Titles", Chariots of Fire (1981)
Spoiler for Titles:


2. "End Titles", Blade Runner (1982)
Spoiler for End Titles:


3. "L' Enfant", The Year of Living Dangerously (1982)
Spoiler for L'enfant:


4. Cosmos (1983)
Spoiler for Cosmos:


5. 1492: Conquest of Paradise (1992)
Spoiler for spoiler:

1
10.1K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan