mainsilat
TS
mainsilat
MEMBANGUN NEGARA DENGAN IDE
Indonesia adalah negeri yang sangat indah kaya alamnya. Susah buat menyangkal kenyataan tersebut.

Tapi akibatnya, kita sudah terlalu manja akibat cinta Ibu Pertiwi kepada Nusantara yang sangat dalam.


OVER EXPLOIT

Hal ini membuat kita terlalu mengandalkan alam untuk hidup, khususnya dalam mencari nafkah, lupa bahwa semua yang nyata punya batas dan umur.

Gak ada yang salah dari pemanfaatan alam dalam niaga, tapi harus diingat eksploitasi gak hanya datang dari personal deeds, tapi juga marginal deeds. Yang artinya, kerusakan tidak hanya muncul dari 1 pihak besar yang over exploit tapi juga akibat banyak pihak kecil yang over exploit.

Akibatnya neraca sumber daya alam negatif, dan kerugian berdampak gak hanya dalam niaga, tapi sirkulasi keseimbangan alam


THE WORLD IS GETTING SMALLER

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, dunia semakin kecil karena daya jangkau komunikasi semakin luas dan cepat.

Jumlah manusia pun semakin banyak, yang artinya di satu sisi semakin banyak potensi pasar, tapi di sisi lain semakin banyak juga potensi kompetitor dan ruang hidup yang dibutuhkan.

Biarpun alam Indonesia menyediakan banyak sekali kebutuhan manusia, tapi kita bukan satu2nya negara yang punya goods flora, fauna, tambang, dan lain2.

Setiap negara bersaing sengit untuk menjadi kompetitor pada setiap sektor bisnis, terutama nature based goods.


INNOVATION TO ACHIVE THE IMPOSSIBLE

Gak semua negara punya lahan yang makmur dan kaya. Perjalanan waktu membuktikan mereka yang tidak punya, bekerja keras mengejar kekurangannya dengan teknologi, dan satu per satu kita bisa liat hasil yang kita anggap tidak mungkin dicapai sebelumnya.

Contoh :
Ubah padang pasir jadi perkebunan
Berkebun dalam kendaraan kargo yang aktif
Manipulasi gen flora dan fauna untuk kebutuhan niaga
Contoh paling primitif yang kita abaikan, sistem irigasi.. membuat lahan yang jauh dari lajur air menjadi lahan produktif.


INNOVATION FOR EFFICIENCY

ada era dimana Jaman dahulu kala, raja di daerah panas mengutus tim untuk bawa es dari daerah dingin beratus2 kilometer cuma untuk bisa minum minuman dingin.. karena belom ada kulkas.

Inovasi membawa efisiensi di semua sektor hidup yang bisa pikirkan. Dan bersamanya, membawa para Daring Innovator tersebut ke tingkat ekonomi yang sangat mapan.

Marketplace adalah salah satu contoh bagus, konsep dasar niaganya.. adalah meluaskan radius penjualan dengan mengecilkan modal infrastruktur.. luar biasa bukan?

Runtuhnya toko fisik tradisional dimana2, bukan karena krisis ekonomi berkepanjangan, tapi karena mereka meremehkan inovasi yang berakibat gagal beradaptasi

Banyak lagi contoh2 lain yang kaskuser bisa pikirin sendiri.

INNOVATION AS THE ULTIMATE REVENUE

Mungkin kita udah terbiasa hidup enak di alam yang kaya.. ada tanah gede kosong bikin warung, belakangnya tanem cabe, sayur, kandang ayam buat bahan bakunya..

Butuh air, ada.. butuh matahari, ada..

Tapi yang hidup di daerah yang gak seberuntung itu, mau gak mau beradaptasi untuk hidup dari daya fikirnya.

IDE adalah hal termahal yang diberikan Tuhan kepada manusia.
Waktu kita beli software, yang kita beli itu adalah ide, bukan benda fisik
Waktu kita bayar tiket nonton film, yang kita bayar itu adalah ide, bukan benda fisik

Waktu kita berniaga dari inovasi, revenue yang kita dapat itu dari IDE.

Yang dijual oleh Founder2 startup ke Investornya........
ITU ADALAH IDE DARI VISINYA

bukan hasil produknya ato angka penjualannya.


AKHIR KALIMAT

Saya dengan segenap kerendahan hati, mengajak kaskuser, teman2nya, saudaranya, keturuannya untuk menyebarkan informasi ini ke seluruh Nusantara untuk mulai berinovasi dalam semua tindakan produktivitasnya..

Sebelum kita tidak bisa lagi mengandalkan alam kita untuk mencari nafkah.

Saya mengajak Seluruh Enterpreuner mapan, yang baru mulai, yang baru MAU mulai, untuk membangun Indonesia Kita Tercinta dengan menggeser persepsi bahwa profit hanya bisa didapatkan dari menjual barang dan mulai belajar untuk MENJUAL HASIL IDE DALAM INOVASI.

Semoga Sukses Selalu gan..

Ane terbuka untuk diskusi dan membantu dalam inovasinya
Diubah oleh mainsilat 13-04-2018 03:39
0
821
6
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan