cilokabahAvatar border
TS
cilokabah
Ternyata inilah 5 Kesalahan sepele penyebab usaha kamu berhenti di tengah jalan


Semua orang pasti menginginkan dan mempunyai mimpi menjadi pengusaha yang sukses. Memang itu semua sangat wajar, namun pertanyaannya adalah apakah kita bersungguh-sungguh, mempunyai keinginan untuk menjadi pengusaha yang sukses atau hanya sekedar bermimpi namun tidak ada usaha apapun untuk mencapai itu semua? Itu semua kembali lagi kepada diri kita sendiri, apakah hanya sekedar bermimpi atau benar-benar ingin mencapai dan meraih mimpi menjadi pengusaha yang sukses tersebut.

Dan sebagai seorang wirausahawan atau yang biasa disebut pengusaha, harus memiliki kemampuan berinovasi. Karena evaluasi dan inovasi sangatlah dibutuhkan dalam membangun usaha dan sebagai salah satu faktor yang menghantarkan kita dan usaha kita berhasil atau bisa dikatakan sebagai pengusaha atau wirausahawan yang sukses. Itu semua dapat dikatakan jika usaha kita berkembang dan maju.

Kebanyakan orang yang menggeluti dunia kewirausahaan atau menjadi pengusaha namun usahanya berkembang sangat lambat. Alih-alih sukses, usahanya malah berhenti ditengah jalan atau yang biasa kita sebut dengan gulung tikar, mengapa hal itu bisa terjadi? Biasanya kita kurang persiapan atau kita selalu menyepelekan hal-hal kecil. Itu semua dapat berdampak besar pada usaha yang kita rintis untuk kedepannya. Sebagai pengusaha kita harus pandai dan memiliki kemampuan mengevaluasi, karena evaluasi sangat penting dan sebagai salah satu faktor penunjang keberhasilan usaha kita. Nah inilah 5 kesalahan sepele penyebab usaha kamu berhenti di tengah jalan.

1. Kurang dalam pelayanan

Sebagai seorang wirausahawan kita harus mengutamakan pelayanan karena apa? Karena pelayanan adalah hal utama bagi pelanggan agar usaha kita cepat berkembang. Karena itulah kita jangan menyepelekan pelayanan. Jika kita menyepelekan pelayanan alih-alih usaha kita maju, yang ada pelanggan kita malah pada kabur karena pelayanan kita yang kurang. Jika usaha kita ingin cepat berkembang dan maju kita harus mempunyai pelayanan yang baik, agar kita mendapat  feed back atau umpan balik yang positif dari pelanggan. Ketika kita mendapatkan feed back yang positif dari pelanggan, pelanggan tersebut akan menjadi pelanggan tetap dan kemungkinan besar kita akan mendapat promosi gratis dari pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan dan produk kita. Perlu kita ketahui promosi yang efektif adalah promosi dari mulut ke mulut, karena promosi seperti itu akan membuat usaha kita maju dan berkembang sekaligus pelanggan kita akan bertambah. Dan kebanyakan wirausahawan tidak memperhatikan hal sepele seperti ini, pelayanan adalah hal sepele namun jika diabaikan akan berdampak buruk bagi masa depan usaha kita.

2. Tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen

Faktor yang kedua adalah kurangnya persiapan, kurangnya persiapan saat mendirikan usaha dapat berdampak buruk bagi perkembangan usaha kita dimasa mendatang. Biasanya kurang persiapan dalam mendirikan usaha adalah terlalu terburu-buru dalam mendirikan dan membangun usaha, sehingga kita tidak dapat menentukan dengan baik model bisnis apa yang berpotensi diterima baik oleh masyarakat dan yang memenuhi kebutuhan konsumen. Kurangnya persiapan pada saat mendirikan usaha akan berdampak buruk terhadap usaha kita, karena disaat kita kurang persiapan dalam menentukan model bisnis yang berpotensi, usaha kita tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga usaha kita sepi tidak ada pelanggan atau konsumen yang membeli produk kita. Dan disaat kita tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen, kita akan mendapat feed back yang buruk dan ketika kita mendapat feed back yang buruk, itu akan berdampak buruk terhadap usaha kita dikemudian hari.

3. Lebih mengutamakan kuantitas dari pada kualitas

Kebanyakan orang lebih mengutamakan kuantitas, lebih mengutamakan penghasilan yang mereka raup dari usaha yang mereka rintis, dan tak sedikit orang sering lupa dan sering mengabaikan kualitas, padahal kualitas adalah inti dari kesuksesan dan kemajuan usaha yang kita rintis. Disaat kita merintis sebuah usaha itu semua kembali lagi kepada pelayanan dan kualitas produk yang kita berikan. Disaat kita lebih mengutamakan kuantitas dari pada kualitas itu akan menyebabkan konsumen tidak puas dan akhirnya mereka beralih kepada yang lebih berkualitas. Dan pada akhirnya mereka akan mencap buruk dan memberikan feed back yang buruk pula terhadap kualitas produk yang kita berikan. Karena itulah kualitas juga sangat penting terhadap perkembangan dan kemajuan usaha yang kita rintis, dan salah satu faktor yang membuat usaha kita sukses dan maju.

4. Kurangnya inovasi

Kebanyakan orang suka mudah merasa puas dengan apa yang diraihnya, itu semua berdampak pada usaha yang sedang dirintis. Mengapa  demikian? Ketika kita membangun sebuah usaha kita harus pandai berinovasi, karena kenapa? Perubahan trend model bisnis dipasaran cepat berubah dan jika kita tidak berinovasi dan tidak mengikuti trend pasar usaha kita akan sangat tidak tertarget. Karena itulah inovasi sangat dibutuhkan ketika kita merintis sebuah usaha dan ketika kita berwirausaha,  sebagai wirausahawan kita jangan dulu berpuas diri terhadap apa yang kita raih. Kita harus pandai dan harus memiliki kemampuan menemukan, dan menciptakan sesuatu yang baru guna mengikuti dan mengimbangi trend pasar untuk usaha agar tertarget dengan baik.

5. Tidak pernah melakukan evaluasi

Tak sedikit orang yang mengabaikan hal yang satu ini, kebanyakan orang yang usahanya berhenti di tengah jalan disebabkan karena kurangnya evaluasi atau bahkan tidak pernah melakukan evaluasi. Mengapa demikian karena evaluasi sangatlah penting sebagai tolak ukur kita dan untuk mengukur sejauh mana usaha kita berkembang, apakah usaha kita maju atau mengalami kemunduran itu semua dapat kita ketahui dengan melakukan evaluasi terhadap usaha yang kita rintis.

Kelima hal tersebut mungkin bisa dikatakan sepele namun berdampak besar terhadap usaha yang kita rintis dikemuadian hari. Karena itulah kita jangan menyepelekan hal sekecil apapun, karena hal yang terlihat kecil dapat berdampak besar dikemudian hari.
Diubah oleh cilokabah 18-09-2018 08:18
0
811
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan