junleonAvatar border
TS
junleon
[COC DIY] Ubah Botol dan Pipa Bekas, Jadi Alat Memetik Buah


Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace



Buah merupakan bagian dari tumbuhan atau tanaman yang bisa Agan konsumsi atau dimakan, baik secara langsung maupun diolah terlebih dahulu. Banyak orang-orang yang menanam tanaman di depan halaman atau pekarangan rumah rumah mereka.

Tanaman yang mereka tanam tentunya akan berbuah ketika sudah masuk masa panen, nah rata-rata orang yang akan memetik dan mengambil buah butuh alat yang bisa digunakan untuk alat memetik buah jika tangan tidak sampai atau tidak dapat memetik buah secara langsung.

Banyak orang yang tidak mau repot mengambil buah yang matang tersebut dengan cara seperti memakai tangga, atau yang banyak dilakukan ibu-ibu adalah dengan senjata sapu mereka, atau anak kecil yang melempari buah tersebut sampai jatuh.

Namun akan lebih aman dan mudah lagi jika Agan mempunyai alat memetik buah yang praktis, ramah lingkungan, dan tentu juga mudah dibuat. Seperti apakah alat tersebut, dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ane berikan tutorial cara pembuatannya gan, cekidot.

Peralatan dan Bahan :



Cara Membuat :



Pertama adalah potong botol menjadi 2 bagian, yang akan dipakai nanti yakni bagian botol yang memiliki tutup. Potong di tengah-tengah bagian botol secara perlahan dan rapi, dengan memakai alat bantu yakni pisau. Jika Agan tak berani atau masih dibawah umur, disarankan meminta bantuan orang tua untuk memotongnya. Lihat gambar di atas untuk petunjuk lebih jelas.



Setelah dipotong menjadi 2 bagian, Agan bisa beri segitiga yang agak lancip di tepian ujung botol yang dipotong. Cara membuat segitiga nya sendiri, bisa dengan memakai bantuan gunting yang agak besar, karena yang menjadi bahan potongan adalah plastik. Potong dan bentuk segitiga kecil-kecil melingkari bagian botol.

Mengapa harus dibuat seperti itu? Hal tersebut supaya saat kita memetik buah, permukaan bergerigi dan agak lancip tersebut bisa memotong bagian batang yang ada buahnya. Jadi fungsinya seperti membantu Agan agar lebih mudah dalam memotong buahnya. Lihat gambar di atas untuk petunjuk lebih jelas.



Setelah bagian botol selesai, lanjut ke bagian tutup botol. Berikan sebuah lubang pada tutup botol yang ukurannya sama dengan ukuran batang penyangga Agan. Disini ane pakai pipa bekas, jadi ane buat lubang dibotol tersebut, agar muat untuk lubang pipa masuk.

Lubangi tutup dengan memakai bantuan pisau, untuk lebih mudah lagi, Agan bisa menggunakan korek api untuk sekedar memanaskan bagian tutup botol agar mudah dilubangi. Ingat, berhati-hatisaat melakukan pelubangan tutup ini ya gan. Lihat gambar di atas untuk petunjuk lebih jelas.



Setelah selesai dilubangi, masukkan pipa yang sudah Agan siapkan tadi kedalam lubang pada tutup botol. Jangan lupa juga pasang botol ke tutup botol agar menyatu dengan batang penyangga. Lihat gambar di atas untuk petunjuk lebih jelas.



Setelah semua selesai, seperti botol diberi gerigi kecil, tutup dilubangi, pipa penyangga dipasang, dan digabungkan semua, jangan lupa berikan paku kecil untuk memperkuat botol. Pakai 1-2 paku saja, jangan banyak-banyak gan.

Hal ini dimaksudkan agar botol tidak merosot atau goyang saat dipakai memetik buah. Paku bagian tutup botol dengan memakai bantuan palu. Ketuk paku dengan palu secara perlahan dan hati-hati ya gan, agar tak melukai tangan.

Untuk pemakuan, jangan sampai ditancapkan semua gan. Sisakan sedikit beberapa ujung paku, lalu bengkokan ke atas. Ini ditujukan supaya paku merekat kuat pada botol dan batang penyangga. Lihat gambar di atas untuk petunjuk lebih jelas.

Cara pemakaian, bisa lihat gambar dibawah ya..

Spoiler for Contoh Gambar:


Jika buah yang akan dipetik lebih besar dan pohonnya tinggi, pakai botol yang lebih besar ukurannya dan batang yang lebih panjang.

Spoiler for Contoh Gambar:



Diubah oleh junleon 17-03-2022 08:46
dellesology
tata604
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
8.2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan