iwanugana
TS
iwanugana
Bebas kacamata dengan operasi LASIK?


Apa itu LASIK?

LASIK adalah singkatan dari Laser Assisted In Situ Keratomileusis, operasi mata dengan laser yang tujuannya untuk mengoreksi masalah penglihatan seperti mata minus, plus, silinder, serta mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan kacamata ataupun lensa korektif.



Operasi LASIK mata merupakan suatu prosedur yang paling umum digunakan dalam bedah refraktif. Bedah refraktif itu sendiri merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengubah bentuk jaringan transparan berbentuk kubah (kornea) pada lapisan terluar mata. Kornea tidak berwarna (bening) yang menyelimuti bagian hitam pada mata kita.

Rentang operasi LASIK yaitu untuk rabun jauh (Miopi) -1.00 D sampai dengan -13.00 D, untuk rabun dekat (Hypermetropy) +1.00 D sampai dengan +4.00 D sedangkan untuk pasien dengan mata silinder (Astigma) 1.00 D sampai dengan 5.00 D. Idealnya operasi lasik mata dapat dilakukan pada usia 18 tahun ke atas dengan syarat tidak sedang hamil maupun menyusui.

Sebelum menjalani prosedur lasik mata, pasien harus melakukan pemeriksaan awal agar dapat mengetahui dengan pasti mengenai prosedur atau tata kerja lasik baik dari manfaat maupun kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi. Operasi lasik mata memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan hasilnya dapat dirasakan langsung setelah operasi.

Apakah ada efek samping dari operasi LASIK?

Operasi mata dengan laser menjadi terkenal beberapa tahun lalu dengan klaim minim efek samping, cepat, dan memiliki hasil yang memuaskan. Pada 2011, telah dilakukan lebih dari 11 juta prosedur LASIK di Amerika Serikat.

Namun, hasil penelitian yang dirilis dalam jurnal JAMA Ophthalmology per 23 November 2016 lalu, ditemukan fakta bahwa para pasien LASIK mulai merasakan gangguan penglihatan yang sebelumnya tidak muncul pra-operasi, yaitu silau atau melihat bias cahaya sekitar objek.

"Untuk pengetahuan semua pihak, penelitian kami satu dari sedikit yang melaporkan pengembangan gejala gangguan penglihatan pasca operasi," tulis para peneliti.

Studi tersebut dilakukan dengan mengikuti dua kelompok pasien selama enam bulan. Kelompok pertama adalah 262 perwira Angkatan Laut dengan rata-rata berusia 29. Sedangkan kelompok kedua terdiri dari 312 warga sipil berusia rata-rata 32 tahun.

Sebelum perlakuan operasi, para responden diminta untuk memberikan keterangan kondisi penglihatan mereka. Pertanyaan yang sama juga diberikan pasca operasi ditambah dengan kepuasan atas operasi dan gangguan penglihatan seperti silau atau bias cahaya, atau bias objek.

Dalam operasi LASIK, dokter membuat luka kecil di kornea mata. Mereka kemudian menggunakan laser untuk menghapus beberapa jaringan kornea dan membentuknya kembali dengan tujuan meningkatkan daya lihat seseorang.

Setelah operasi, secara keseluruhan pandangan responden mengalami peningkatan. Namun 43 persen pada kelompok Angkatan Laut dan 46 persen di kelompok sipil dilaporkan mengalami gejala baru seperti bias gambar atau silau pada tiga bulan pasca operasi.

Penelitian ini juga menemukan rata-rata orang merasa lebih puas dengan kualitas penglihatan setelah operasi dibanding sebelum tindakan. Namun sekitar satu dan enam persen orang di kedua kelompok melaporkan ketidakpuasan enam bulan pasca tindakan LASIK.

"Hasil baru ini menunjukkan tidak ada tindakan (operasi) yang sempurna," kata Mark Fromer, dokter mata di Lenox Hill Hospital New York, menanggapi temuan FDA tersebut. Ia sendiri mengungkapkan berdasarkan pengalaman biasanya pasien LASIK tidak merasakan gejala yang ditemukan FDA.

Namun Fromer sepakat bahwa dokter harus memberitahukan risiko yang mungkin terjadi saat seseroang memutuskan akan menjalani operasi LASIK.

Bagi Anda yang ingin menjalani operasi LASIK, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ahli, jangan terlalu terburu nafsu, apalagi dipaksakan jika memang tidak memenuhi syarat.

Apakah di sini ada yang sudah operasi LASIK? Silahkan berbagi ceritamu pada kolom komentar dibawah ini, agar menambah pengetahuan bagi kita semua. Karena saya pakai kacamata juga nih, dan untuk operasi LASIK, saya cukup tertarik emoticon-Big Grin
0
22K
176
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan