stheft.anouAvatar border
TS
stheft.anou
Lawan Aquaphobia Biar Bisa Ikutan Renang Bareng
Halo gan! emoticon-Angkat Beer

Ane suka berenang, apalagi di laut. Bukan aktivitas rutin, bisa dibilang setahun paling 2 kali punya kesempatan renang. Tapi ane kayaknya diberkahi trait adaptasi, jadi gampang-gampang aja. Pertama kali snorkeling pun bisa langsung dive, dan rasanya berenang pake kaki katak tuh enak banget.
Cuman ya, terkadang ane sesekali tetep bisa kena serangan anxiety tiba-tiba. Meskipun sebenernya ane gak takut masuk air, perasaan gelisah ketika di dalam air itu tiba-tiba bisa menyerang. Dan ane biasanya langsung buru-buru ke pinggir atau naik perahu biar bisa ngerasa aman.
Ada aja pikiran negatif, apalagi di laut. Mungkin kebanyakan nonton film thriller yang berlatar belakang laut kali ya. Juga perasaan negatif yang ditimbulkan karena death by drowning, yang ane yakin orang paling males bayanginnya.

Di trit ini, ane mau cover soal gimana caranya melawan rasa takut terhadap air dan berenang. Ada beberapa metodenya, tapi ane kasih satu dulu.
Silakan disimak gan..

1. Transformasikan Pikiran

Dengarkan debat di dalam pikiran. Beberapa orang punya ketakutan terhadap aktivitas renang karena dulunya mungkin pernah hampir tenggelam atau ngalamin kecelakaan di perairan. Tapi bagaimana pun dulunya, mungkin saja rasa takutnya diperparah karena bisikan-bisikan yang ada di pikiranmu.

Agan bisa lakukan hal ini: Ambil alat tulis dan buku/kertas. Lalu sambil nyanti, coba bayangkan agan lagi berenang, duduk di tempat di mana agan lagi berada di sebuah perairan. Perhatikan apa yang agan komentari di setiap adegan di kepala itu.
Tulis apa yang agan komentari ketika membayangkan adegannya. Misal: "Njir, serem beud, ada monsternya gak ya?"; "Kalo gue tenggelem gimana ye nasib orang-orang yang gue cintai."
Tulis semuanya apa yang agan pikirkan.

Jujur, ane pernah mikir di kolam renang ada monster dari deep rising. Itu film, bikin ane traumatik pas pertama kali nonton gan. Bahkan ke WC pun pikirannya negatif aje. Irasional emoticon-Ngakak



2. Ubah Pola Pikir Tentang Renang

Punya ketakutan renang bisa berarti juga agan punya pandangan absurd, dan yang pasti negatif soal berenang. Supaya bisa melawannya, agan harus mengubah pola pikir.
Kalo tadi udah agan coba dengerin pikiran sendiri, harusnya mulai nongol pikiran seperti "Kok gue aneh sih?" Cara mudah untuk mengubah pola pikir secara kognitif, kita bisa melihat bukti untuk melawan pikiran jelek itu.

Misalnya soal, "Ada monster air". Berapa banyak bukti yang tersedia yang bisa mendukung pernyataan itu? Seperti tadi ane punya trauma gegara sebuah film. Berapa besar kemungkinannya tuh monster bisa nongol di kolam renang? Di situ kita harus lawan dengan logika. Bisa dibantu dengan melihat keadaan sekitar, apakah orang-orang yang ikutan berenang terlihat horor? Atau malah seneng-seneng aja. Bisa juga cara agak konyolnya dengan menambahkan argumen konyol dari pernyataan sebelumnya: "Oke, bisa jadi ada monster air. Dan gue harus siap-siap ngorbanin orang lain buat keselamatan gue."

emoticon-Ngakak (S)

Konyol, iyak, jahat juga mungkin, tapi setidaknya dengan pola pikir seperti itu, ada dorongan untuk lebih berani masuk air. Dan pastinya gak akan nongol kejadian absurd yang cuma ada di pikiran. Dan ketika akhirnya nyaman dengan air, pasti lebih sedikit berkurang anxiety-nya. Selama agan gak ngutarain itu pikiran dengan lantang, kecuali mau dianggap stres. emoticon-Big Grin



3. Ganti Perspektif

Pola pikir negatif bisa dengan mudah diganti. Coba bayangkan nilai-nilai positif dari berenang, entah di kolam atau di laut. Di mana agan bisa mikir asiknya main air sama temen, pacar, atau keluarga. Ngelihat keindahan bawah laut.

Atau yang agak sedikit nakal, dan biasanya lumrah di manga/anime Jepang. Tiap summertime entah kenapa ada aja scene ngintip dari dalam air, swimwear lepas lah, bra putus, nyenggol2, dada nongol, dan adegan2 ecchi lainnya emoticon-Ngakak (S)
Mungkin ente bisa mikir sedikit ke situ, tapi gak usah dilakuin beneran. Jika itu termasuk nilai positif buat ngelawan rasa takut agan terhadap air.
Perlu diingat, itu pelecehan seksual sih gan. Tapi jujur deh wahai ente para pria hidung belang, sesekali pas bocah, ente pasti pernah usil di kolam renang umum emoticon-Cool

Buat sistah mungkin bisa sebagai ajang cari cowo2 berbadan atletis,, ehem.. emoticon-Cool

Apa pun lah, bikin pikiran positif biar gak lagi takut berenang.



4. Ketahui agan gak sendirian



Mau masih bocah, remaja atau dewasa, gak perlu malu dengan fobia ini. Karena ini emang nyata dan jadi concern, tapi banyak kok mereka yang bisa melawan fobia ini pada akhirnya.

Sedikit cerita gan: Ane punya temen yang bener-bener takut sama laut, karena trauma yang dihasilkan film Jaws. Kita waktu itu trip ke Peucang, di tengah trip ke pulau utama, ditunjukin spot foto-foto di sebuah pulau kecil banget, tapi kita harus berenang buat sampai ke situ. Temen-temen udah pada mulai berenang dari kapal terjangkar. Temen ane ngasih amanah, "Lu duluan nyebur, gue foto, tapi JANGAN lu tinggalin gue." Sebelum nyebur dia udah celoteh terus deh soal fobianya dan bagaimana dia pengen banget ikut anak-anak nyebur. Kerennya, dia gak keliatan grogi meski vokal sama fobianya.

Akhirnya ane nyebur duluan, ketika di permukaan ane pantau terus nih anak. Kalo dia panik di aer kan repot jugak. Doi udah ngambil posisi di pinggiran kapal, bersiap lompat. Itu adrenalin dia kayaknya kepacu bgt sih, keliatan dari muka, wkwkwkwkwk.

Jebur!

Air bercipratan karena impact-nya, tapi yang ane heran, kecipakannya kok kagak kelar-kelar padahal ni anak udah lompat. Karena ane kan ngehindarin kontak biar air gak masuk mata, jadi yang berasa guyuran2 air aja. Ini ngapa lompat doang nyipratnya banyak bgt.

Ternyata dia lagi trashing, ngecipak-cipak air kayak lagi main guyur2an.. Terus mendadak dia diem sambil megang vest-nya... dan bengong.

Mukenye priceless abis emoticon-Ngakak

Komennya: "bodoh banget gue, kan gue pake pelampung." Sambil engap.

........

Aslik, ane sih masih ngakak kalo inget lagi.
Setelah itu ane coba bantu seret dia dengan gaya punggung. Dia masih rada panik, karena setiap badannya miring, dia rada ngelakuin gerakan gak perlu yang bikin ane kerepotan. Gak sekali ane nyelem gegara dia gak bener pegangannya.. emoticon-Ngakak

Renang itu enak, dan bisa jadi olahraga yang menyenangkan juga. Berani sama air yuk gan emoticon-Cendol (S)
0
2.6K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan