freeman12Avatar border
TS
freeman12
Toyota Ingin Kembangkan Potensi Masyarakat Lokal Lewat Program Program CSR
Upaya dalam mendorong meningkatkan semangat tumbuh dan berkembang bersama masyarakat (growing together) dalam tatanan kehidupan yang dinamis menjadi komitmen Toyota Indonesia. Bukan hanya melalui semangat Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service, komitmen itu juga diwujudkan dalam semangat “Toyota Berbagi” melalui berbagai program berbagai kegiatan sosial perusahaan (corporate social responsibility /CSR) yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat dan lingkungan Indonesia yang lebih baik kedepannya. 


Saat ini, yang sudah berjalan ada 4 bidang yang melingkupi CSR Toyota di Indonesia, yaitu lingkungan, pendidikan, traffic safety, dan community development. Nah, di bidang lingkungan sendiri, Toyota telah melaksanakan program yang dinamakan 'Car for Tree' yang dimulai dari tahun 2010 saat Toyota Eco Island di Taman Impian Jaya Ancol dibangun.




Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud partisipasi Toyota melalui PT Toyota-Astra Motor (TAM) dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond dan filosofi continuous development, program ini akan terus dikembangkan dan diperluas untuk menciptakan manfaat yang lebih dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Selain program lingkungan hidup, Car for Tree ini merupakan program pemberdayaan masyarakat dari TAM sebagai wujud kontribusi perusahaan bagi upaya-upaya pencegahan pemanasan global, termasuk melalui aktifitas pendidikan guna meningkatkan pemahaman tentang konsep ramah lingkungan. Program yang melibatkan Toyota dan jaringan penjualannya ini, dilaksanakan dengan menyisihkan sebagian profit penjualan mobil untuk mendukung program konservasi lingkungan, salah satunya melalui penanaman pohon.

Tak hanya sekedar menanam pohon untuk penghijauan, TAM secara bertahap juga memperluas cakupan program Car for Tree ke seluruh wilayah Indonesia seperti melalui pemberdayaan petani, pelestarian terumbu karang dan memfasilitasi pengembangan budaya maritim, serta pembinaan budaya aman berkendaraan sejak usia dini.

Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa konsep Toyota Bersama Membangun Negeri (“Toyota Berbagi”) dan dilandasi semangat Toyota Let’s Go Beyond, telah mendorong TAM untuk terus merancang dan mengembangkan program-program CSR melalui bidang pendidikan, lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat, dan keselamatan berkendara.


Quote:


Jejak Toyota dalam Pengembangan Potensi Lokal

Sejak tahun lalu, TAM berkomitmen memperluas cakupan program Car for Tree ke daerah-daerah berdasarkan potensi lokal yang dimiliki dan tantangan lingkungan yang sesuai dengan daerahnya, jadi tidak hanya terfokus kepada penanaman pohon saja. Implementasi program Car for Tree ini dimulai pada medio 2010 an, dengan membangun Toyota Eco Island di Taman Impian Jaya Ancol. Program ini berlanjut dengan program revitalisasi Taman Semanggi Jakarta pada tahun 2014.



Kemudian pada Maret 2017, Toyota meresmikan program Toyota Organic Village di Desa Mlaten, Demak, Jawa Tengah. Program ini adalah wujud pertama improvement Car for Tree yang dilakukan di luar Jakarta. Toyota Organic Village sendiri merupakan program pengembangan desa berbasis pertanian organik dan ramah lingkungan dengan melibatkan masyarakat petani di desa tersebut.




Dalam perjalanannya, program ini dimaksudkan Toyota untuk membantu para petani dengan cara memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan pertanian organik, serta memberikan donasi berupa fasilitas alat-alat pertanian. Dan hasilnya? para petani sudah melakukan 4 kali panen raya dan berhasil menghasilkan total 200 ton beras dari lahan seluas 50 Ha. Petani turut merasakan manfaatnya karena keuntungan naik hingga 10% namun biaya produksi mampu ditekan hingga 30%.


Quote:


Wujud implementasi program-program CSR Toyota pun tak berhenti di Pulau Jawa saja, di Makassar, Sulawesi Selatan, program Pinisi Bagi Negeri pun dicanangkan.

Program Pinisi Bagi Negeri dilakukan dengan cara menanam terumbu karang di sekitar Pulau Samalona sebagai bentuk pelestarian lingkungan perairan dan mencegah kerusakan terumbu karang yang lebih luas di masa depan. Selain itu, untuk menjaga kebudayaan tradisional masyarakat Bugis-Makassar, dalam program ini dikembangkan kapal pinisi yang merupakan salah satu icon bersejarah bagi masyarakat Bugis-Makassar dan daya tarik kota Makassar.



Quote:


Setahun sejak peresmiannya pada awal April 2017, telah ditanam terumbu karang di area seluas 500 m2 di dekat Pulau Samalona dan sejauh ini tingkat keberhasilannya mencapai 80%. Sementara itu, pendidikan kebudayaan di atas kapal pinisi hingga saat ini sudah melibatkan 450 orang siswa dan 1.300 masyarakat umum.

Berlanjut ke program ketiga Car for Tree, tahun lalu di luar Jakarta adalah proyek revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung seluas 3,5 ha di mana TAM mendonasikan dana senilai Rp 9,2 miliar. Revitalisasi taman ini memiliki visi untuk menjadi fasilitas pendidikan dini, khususnya anak-anak, mengenai tata tertib berlalulintas, baik secara experimental learning maupun teori. 
Selain itu, juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi keluarga dan ruang terbuka hijau sebagai paru-paru di tengah kota Bandung.


Quote:



Sejak diresmikan tahun lalu, jumlah pengunjungnya meningkat pesat yaitu rata-rata 3.000 pengunjung per hari, dan naik hingga 5.000 orang pada akhir pekan. Pada tahun ini, Toyota rencananya juga akan meluncurkan pengembangan program edukasi bagi anak-anak dan pengunjung Taman Lalu Lintas Bandung.

Upaya pengembangan program Car for Tree ini diharapkan dapat dilakukan pada program-program CSR Toyota lainnya sehingga makin dapat memberikan hasil dan manfaat yang mampu melebihi harapan masyarakat banyak. Hal ini sejalan dengan komitmen Toyota Indonesia yang selalu berupaya mendorong berkembangnya semangat tumbuh bersama atau growing together yang juga merupakan bagian filosofi Toyota secara global.


Source :

https://www.toyota.astra.co.id/press...s-car-for-tree
https://www.gridoto.com/read/0126527...ogram-csr#!%2F
Diubah oleh freeman12 27-08-2018 04:22
0
6.1K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan