rinaldikarza
TS
rinaldikarza
Para Atlet dan Wartawan Asing Puas dengan Pelayanan dan Makanan Indonesia


Jakarta – Kesuksesan Indonesia menggelar Asian Games 2018 ternyata mendapat apresiasi tinggi dari para delegasi asing. Dari mulai atlet, ofisial, bahkan termasuk wartawan asing yang menikmati wisma atlet mengaku sangat puas dengan pelayanan dan makanan di Indonesia.

Hal ini diamini panitia Inasgoc bahwa para atlet luar negeri merespons positif pelayanan dan fasilitas di Wisma Atlet Kemayoran. Malahan, banyak atlet yang mengaku fasilitas Wisma Atlet lebih baik dibanding Incheon Korea dan Olympic Park di Rio Jenairo.

Apresiasi tersebut pun banyak diberitakan media-media asing. Channel News Asia, misalnya, sampai membuat video yang menunjukkan berbagai fasilitas lengkap Wisma Atlet Jakabaring Palembang. Tak lupa, media tersebut pun memamerkan nikmatnya makanan yang disajikan.

Para atlet Singapura paling vokal menyanjung santapan nusantara. Mereka mengacungkan dua jempol untuk kuliner Indonesia.

Hal ini tentu jadi ajang promosi gratis bagi Indonesia. Dan ini pula yang memang jadi tujuan Indonesia sehingga memberikan pelayanan diutamakan.

Tak cuma itu, pujian juga datang dari atlet internasional terhadap kinerja tim medis. Kebanyakan dari mereka mengaku sangat menikmati layanan massage.

Malah salah satu atlet Singapura mengaku performa mereka lebih baik dan menjadi siap untuk berlomba dalam salah satu yaitu lomba perahu naga.

Senada, India Express pun memberi pujian untuk Wisma Atlet di Jakarta dan Palembang. Media dari India itu menuliskan pengalaman wartawannya di Jakarta dan Palembang sangat puas, termasuk para atlit India.

Lalu dari juga sama. Meski mengakui kamar di Wisma Atlet Palembang lebih kecil ukurannya dari Jakarta tapi mereka tidak komplain. Mereka pun menyanjung makanan yang disediakan tuan rumah.

“Saya benar-benar senang dengan makanan yang disajikan. Mereka bisa mengombinasikan masakan lokal jadi berkelas dunia,” ujar Furusho Daijiro, kapten dan coach dari tim tennis putri Jepang.

Walhasil, berbagai komentar positif dari atlet luar negeri setidaknya menambah daftar sukses Indonesia dalam menyelenggarakan Asian Games 2018.

Seperti diketahui, di samping venue dan lainnya, Wisma Atlet jelas menjadi bagian vital dalam penyelengaraan Asian Games. Termasuk juga soal urusan perut.

Maka dari itu para koki atau chef Indonesia patut diapresiasi luar biasa karena mereka mempersiapkan makanan secara spesial dan sekelas hotel berbintang.

Singkat cerita, Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah yang disegani. Seperti kata Presiden Joko Widodo yang meminta para tamu untuk diberikan pelayanan dan makanan yang terbaik, semua terbayar sudah.

Apresiasi positif dari kontingen luar negeri akhirnya melengkapi cerita manis Indonesia di ajang Asian Games 2018 ini. Selain melewati target medali emas dari 16 jadi 31, Indonesia juga dapat kehormatan finis di peringkat empat besar Asia.

Standar pelayanan yang dilakukan Indonesia bukan hanya membuat Pemerintah bangga, tapi juga rakyat turut senang dan bangga.

Sumber
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.9K
20
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan