rickyandriandraAvatar border
TS
rickyandriandra
Nintendo, Dari Jualan Kartu Sampai Jadi Raja Konsol Game







Nintendo, salah satu developer video game ini pasti gak asing ditelingan agan sista, terutama para gamers dan anak 90an.

Nintendo terbilang salah satu pengembang video game dengan jumlah game yang berlimpah dan ekslusif, hal ini dikarenakan umur Nintendo sebagai pengembang video game sudah cukup lama. Tak heran nama Nintendo menjadi salah satu perusahaan yang menorehkan sejarah dalam duni game.


Beberapa game terkenal seperti Mario Bros, The Legend of Zelda, daan Pokemon The Series adalah game yang lahir dari Nintendo hingga game tersebut melalang buana di seluruh dunia. Dengan hal tersebut pun mengantarkan kesuksesan perusahaan game Nintendo.


Tapi tahukah agan sista cerita sebenarnya dibalik kesuksesan Nintendo dalam perjalanan perkembangan game yang dilakukannya?

Pada tahun 1889, Fusajiro Yamauchi sang pendiri Nintendo awalnya memulai Nintendo dengan usaha kecil-kecilan dengan memproduksi mainan kartu bernama Hanafuda.



Hanafuda Nintendo


Diluar dugaan, permainan kartu ini justru populer di daerah Kyoto lalu seiring waktu berjalan semakin populer hingga seluruh negeri sakura tersebut. Namun tidak hanya sampai disitu, kepopuleran Hanafuda juga mulai sampai keluar negeri. Dengan kesuksesan tersebut dalam produksi kartu permainan plastik, pada 1953 Nintendo menjadi pelopor kartu permainan dari plastik pertama yang sukses di jepang.


Pada 1970, Hiroshi Yamauchi yang saat itu menjabat sebagai Presiden Nintendo meminta Gunpei Yokoiyang memproduksi mainan baru untuk natal dengan nama The Ultra Hand yang menjadi mainan Nintendo pertama yang sangat laku keras.


Lalu pada tahun 1977, Nintendo mulai melahirkan game console elektronik. Bekerja sama dengan Mitsubishi, Nintendo mulai mengembangkan video game yang dapat dimainkan dirumah yaitu Color TV Game Machine.



Color TV Game Machine


Color TV Game Machine merupakan langkah awala Nintendo memproduksi perangkat konsol elektronik rumahan. Dalam satu Color TV Game Machine biasanya terdapat beberapa game didalamnya, angka pada konsolnya menunjukan berapa jumlah game dalam konsol tersebut. Ada dua jenis Color TV Game Machine yaitu versi 6 game dan 15 game.


Kesuksesan Color TV Game Machine membuat Nintendo berkibar dalam dunia game elektronik. Hal ini membuat Nintendo memproduksi game elektronik lainnya yaitu Computer Othello pada tahun 1979. Beberapa tahun kemudian setelah Computer Othello dirilis, Donkey Kong dan Mario Bros lahir dan menggebrak dunia game.


Kepopuleran Nintendo dimata dunia membuat Nintendo mulai berekspansi ke Amerika Serikat dan membuat Nintendo of America Inc sekaligus memproduksi Game And Watch. Game and watch bisa dibilang merupakan konsol handheld pertama dari Nintendo, bisa dikatakan game and watch adalah nenek moyangnya game boy, game and watch bagaikan tahap awal Nintendo dalam mengembangkan konsol handheld.


Lalu tidak hanya sampai disitu, pada tahun 1983 Nintendo kembali mengekspansi ke Kanada dengan membuat Nintendo Entertainment Centres Ltd. Di vancouver Kanada dan sekaligus merilis home video game console famicon (Family computer). Produk Nintendo satu ini salah satu produk game terjual tercepat, terjualn sebanyak 500.000 Unit dalam dua bulan pertama.


Dari game konsol inilah terlahir game-game populer seperti Super Mario dan The Legend of Zelda yang hingga kini menjadi maskot dari Nintendo.


Bertahun - tahun membuat game konsol yang begitu-begitu aja, pada tahun 2006 Nintendo memperkenalkan Nintendo Wii disaat namanya hampir hilang ditutup oleh kemunculan Sony yang hadir dengan PS3 dan Microsoft dengan Xbox 360nya.




Nintendo Wii adalah konsol game pertama yang menggunakan sistem kendali sensor gerak sebagai kendali utama melalui Wii Remote. Meskipun dari segi grafis tidak bisa menyaingi rivalnya, namun Nintendo Wii mengedepankan interaksi antara pemain alias gamer dengan game yang dimainkannya.


Gak nyangka ya gan, Nintendo perusahaan permainan anak-anak yang mengawali karier sebagai penjual kartu permainan yang kini menjadi raksasa game konsol dunia. Tentu banyak asam garam yang dirasakan selama mengembangkan usahanya ini.

Kira - kira apakah permainan kartu lainnya akan berkembang seperti Nintendo? Hihihihi





0
1.3K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan