futurehuman001Avatar border
TS
futurehuman001
Mengapa Matahari Dapat Terbakar Di Luar Angkasa?

emoticon-Keep Posting GanEDUCATION THREADemoticon-Keep Posting Gan


Hola... selamat datang di thread ane kali ini agan dan sista yang terhormat. Seperti judul yg tertera, ane bakal bahas nih pertanyaan dasar tapi juga cukup membingungkan bagi orang awam. Kenapa sih matahari itu bisa kebakar di luar angkasa yang pada dasarnya tidak ada udara sama sekali? Ok.. langsung sahaja cek ke TKP ya...




Seperti yang kita ketahui, syarat suatu benda dapat terbakar adalah karena adanya udara (dalam hal ini oksigen). Tapi hal tersebut tidak berlaku lagi di luar angkasa. Udara bebas tidak ada di luar sana. Mengapa matahari (bintang) dapat terbakar dan menghangatkan kita setiap harinya? Fusi Termonuklir.
Quote:

Matahari dalam hal tersebut juga memancarkan energi yang sangat hebat sekitar 4.3 juta kg massa setiap detiknya. Setara dengan 10 milyar kali bom hidrogen.

Tetapi, tidak selamanya matahari akan terbakar. Hidrogennya juga lama kelamaan akan habis dan rekasi fusi termonuklirnya juga berakhir.

Ketika seluruh hidrogen telah diubah ke helium, matahari akan mengembang dan atmosfernya bisa mencapai Bumi. Hal inilah yang dikenal sebagai Red Giant. Setelah fase itu terlewati, matahari akan mengalami keruntuhan gravitasi yang begitu hebat sehingga akan terjadi fase nebula planeteryang begitu indah. Setelah itu, matahari akan berakhir menjadi katai putih.




Itulah penjelasan mengapa matahari dapat terbakar di luar angkasa yang tidak terdapat udara. Sekian thread dari ane, semoga dapat menambah wawasan agan dan sista sekalian... terima kasih.

Diubah oleh futurehuman001 26-08-2018 15:02
nona212
nona212 memberi reputasi
2
14.1K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan