fedex88Avatar border
TS
fedex88
KECEWA!! Pelayanan Aftersales JD.ID Sangat Tidak Memuaskan, Produk tidak di QC!!
Bermula dari adanya sale di JD.ID untuk produk Sony Smart Band 2 SWR12, saya membeli 3 unit warna putih dengan harga per unit Rp 808.000 untuk tujuan di resell. Saya percaya saja dengan JD.ID karena produknya saat datang dalam kondisi tersegel sehingga tidak saya buka untuk test karena tujuannya memang untuk dijual kembali (masak dijual kondisi segel terbuka).

Pembelian pada tanggal 21 Desember 2017 dengan nomor pesanan 224221472

Awalnya penjualan berjalan dengan baik, produk saya terima dan saya pasarkan di salah satu portal Jual Beli. Selang beberapa waktu, 1 unit laku ke pembeli. Disini masalah mulai muncul, pembeli tersebut mengkomplain kepada saya bahwa Smart Band nya baterainya soak. Akhirnya produk diretur, dan saya komplainkan ke JD karena produk tersebut memang cacat pabrik, komplain pertama saya ditanggapi dengan sangat lambat hingga akhirnya diputuskan untuk replace unit, aftersale saya ajukan di tanggal 12 Januari 2018 dengan nomor 10022874.

Pada prosesnya, penukaran produk sangat lambat (memakan waktu 3 minggu hingga produk replacement saya terima) dan aftersale maupun CS sangat tidak responsif, selalu dari pihak saya yang harus menghubungi, dari pihak JD tidak pernah ada inisiatif untuk menghubungi saya.

Masalah muncul kembali saat unit ke-2 laku ke pembeli, kali ini bahkan produknya mati total (tidak bisa dinyalakan sama sekali) dan saya mendapatkan komplain dari pembeli lagi. Akhirnya tidak mau ambil resiko, unit ke-3 saya buka segelnya untuk test, dan hasilnya unitnya bermasalah juga dengan baterai yang drop. Kesimpulannya: Dari awal transaksi, 3 unit smartband yang dikirimkan oleh JD.ID SEMUANYA BARANG DEFECT.

Ke-2 unit tersebut akhirnya saya adukan kembali ke aftersale JD.ID dengan nomor aftersale 10046013 & 10046014 pada tanggal 3 Juni 2018, diproses oleh Bapak Rizky Nova dari tim aftersale JD.ID


Nah yang pengajuan aftersale ini, sudah saya jelaskan berkali kali kalau kondisi produknya CACAT PABRIK namun pihak JD.ID seenaknya memutuskan untuk solusinya adalah reparasi/perbaikan, bukan tukar dengan produk baru (padahal masih dalam masa garansi juga, entahlah kalau garansinya cuma reparasi). Saya pasrah saja, artinya sama saja saya beli produk REFURBISH, mending tidak usah sekalian. 

Nah lucunya, hingga hari ini tanggal 20 Agustus 2018 saat surat ini saya tulis, kasus aftersale ini SAMA SEKALI TIDAK ADA FOLLOW UP dari bagian aftersale JD.ID, selalu saya yang akhirnya harus bolak-balik menghubungi JD.ID via email maupun telepon.

Kasus ini akhirnya saya komplainkan ke CS JD.ID via email ke cs@jd.id dan dihandle oleh Ibu Nonni Fermani dari bagian customer service. Email pertama saya luncurkan di tanggal 19 Juli 2018, dan diarahkan untuk menunggu respon pihak aftersale. Karena tidak ada respon sama sekali, akhirnya tanggal 27 Juli 2018 saya email lagi ke pihak CS, yang lagi-lagi dibalas untuk menunggu, pihak CS hanya bisa memberitahukan bagian aftersale (ini apa kantornya beda pulau ya, susah banget ngomong sama yang beda divisi saya tidak tahu).

Karena sudah capek, saya biarkan saja. Nyatanya hingga hari ini PIHAK AFTERSALE SAMA SEKALI TIDAK MENGHUBUNGI SAYA padahal sudah lewat 2 Bulan 17 Hari sejak awal pengajuan aftersale, bagian CS pun saya email lagi di tanggal 17 Agustus 2018 namun tidak ada respon sama sekali hingga hari ini. 

Akhirnya saya share disini saja deh, biar pengalaman ini bisa jadi pembelajaran untuk agan2 sekalian, kalau mengalami masalah di aftersale JD.ID sabar2 saja karena pelayanan aftersale nya memang jelek dan bagian CS cuma bisa omong kosong tanpa tidak lanjut.

Kepada JD.ID kalau sempat membaca tulisan ini, tolong berkaca dan berbenah, saya sebagai pelanggan amat sangat kecewa dan merasa sangat dirugikan.

UPDATE#1

Per tanggal 21 Agustus 2018, akhirnya pengajuan saya ditindaklanjuti oleh JD.ID dengan penukaran produk baru. Pihak JD langsung membuatkan 2 pesanan baru untuk masing-masing unit Sony Smartband 2 dengan nomor pesanan 234576990 & 234576980


Akhirnya pada hari Minggu tanggal 26 Agustus 2018ke-2 unit smartband sudah saya terima. Ke-2 unit masih tersegel dengan baik (akhirnya ditukar produk baru, terima kasih JD)

UPDATE#2

Pada tanggal 27 Agustus 2018 kemarin ke-2 unit smartband saya lakukan cek untuk memastikan tidak mendapat unit defect lagi.
Ternyata terdapat 1 unit yang bermasalah, device nya sama sekali tidak bisa dinyalakan meskipun sudah saya coba untuk charge beberapa lama. Unit yang bermasalah ini akhirnya per hari ini saya ajukan untuk retur ke JD lagi melalui aftersale no 10066689, kita lihat saja seberapa lama kali ini prosesnya.
Diubah oleh fedex88 28-08-2018 03:18
0
5.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan