idungmanchungAvatar border
TS
idungmanchung
Endorse Pembesar Payudara Ilegal, Awkarin Dikecam Komisi IX DPR


Jakarta - Selebgram Karin Novilda atau Awkarin menuai protes lantaran mengunggah Instagram stories yang berisi endorse obat injeksi pembesar payudara dan pengencang vagina dengan embel-embel 100% aman. Komisi XI DPR mengecam selebgram yang melakukan endorsement terhadap produk sejenis.

"Kita mengecam adanya selebgram yang melakukan endorsement produk yang mungkin dia sendiri belum tahu soal mutu dan kualitas produk tersebut," kata Wakil Ketua Komisi IX Saleh Daulay kepada wartawan, Rabu (8/8/2018).

Komisi IX yang membawahi bidang kesehatan mendesak Awkarin mengklarifikasi endorsement tersebut. Saleh meminta Awkarin menjelaskan produk pembesar payudara yang diiklankan itu.

"Apalagi sekarang ini kalau yang di-endorse adalah produk yang dianggap dokter sebagai produk yang ilegal. Karena itu kita mendesak Awkarin itu mencabut endorsement itu sekaligus memberikan klarifikasi terhadap masyarakat endorsement yang dilakukan itu. Apa yang dia dapat dari situ, siapa produsennya, kemudian bagaimana produk itu bisa masuk ke Indonesia, apa sudah melalui uji lab atau klinis," sebutnya.

Saleh menjelaskan obat-obatan atau yang tergolong dalam alat kesehatan tak bisa didistribusikan sembarangan. Ada rangkaian uji klinis yang harus dilewati produsen untuk memastikan obat/alat tersebut layak pakai.

"Alat kesehatan kan tidak sembarangan harusnya, ada uji yang harus dilakukan produsennya. Nah ini kalau terbukti ilegal ya, harus ditarik dan selebgram tidak boleh meng-endorse produk seperti itu," jelas Saleh.

Imbauan ini disebut Saleh berlaku untuk selebgram Tanah Air lain. Dia meminta selebgram selektif dalam memilih produk yang diiklankan.

"Termasuk untuk selebgram lain. Jangan mentang-mentang dibayar mau aja gitu. Mbok dipilih lah ya yang bermutu yang betul-betul dibutuhkan masyarakat atau bisa menyelsaikan permasalahan yang dibutuhkan masyarakat," tegas Saleh.

Awkarin menggemparkan warganet dengan mengendorse obat injeksi untuk kecantikan. Dalam unggahan instagram stories tersebut, Awkarin menyebut salah satu akun online shop yang menjual alat kesehatan dan menulis: "Injeksi pembesar payudara dan pengencang vagina 100% aman."

Setelah unggahannya viral di media sosial dan membanjirnya protes melalui direct message (DM) pada akun Instagramnya, Awkarin memutuskan untuk menghapus unggahan tersebut.

sumber



Pembesar payudara & Pengencang vagina lewat jarum suntik???

emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
Diubah oleh kaskus.infoforum 09-08-2018 07:01
0
28.7K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan