alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Harga Jengkol Mahal, Pengusaha Kuliner Menjerit
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b62cecb60e24b182f8b4572/harga-jengkol-mahal-pengusaha-kuliner-menjerit

Harga Jengkol Mahal, Pengusaha Kuliner Menjerit

Harga jengkol di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta, mulai tak terkendali. Saat ini, harganya berada di kisaran Rp60 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya Rp25 ribu per kilogramnya.

Hamzah Fauzi, seorang pelaku usaha kuliner, warga Kelurahan Nagri Kaler Purwakarta menuturkan, jengkol menjadi salah satu menu utama dalam bisnis makanannya. Selama ini, dia berbelanja kebutuhan jengkol ke Pasar Leuwi Panjang.

Namun, sejak sebulan terakhir ini jenis sayuran yang menjadi salah satu bahan makanan yang dia beli ini harganya merangkak naik. Bahkan, kenaikannya cukup signifikan.

"Harga jengkol saat ini, melebihi harga daging ayam. Saat ini, per kilogramnya Rp60 ribu. Kalau beberala pekan lalu sih masih di kisaran Rp25 ribu," ujar pria yang menggagas usaha liwet online sejak dua tahun lalu itu, epada INILAH, Rabu (1/8/2018).

Selain mahal, kata dia, barangnya pun mulai langka. Bahkan, banyak pedagang yang selama ini menjadi langganannya sudah tak lagi berjualan jengkol.

"Yang dagangnya juga sudah sulit dijumpai. Ada satu dua pedagang yang masih bertahan," jelas dia.

Dia menjelaskan, setiap hari dia membeli jengkol untuk kebutuhan usaha kulinernya itu sekitar 5 kilogram. Saat ini, dia hanya bisa membeli dua kilogram saja.

"Kenaikan ini telah berlangsung sesaat setelah lebaran. Sampai saat ini, harganya tak kunjung turun. Justru malah nambah naik saja," seloroh dia.

Dia pun sempat bertanya-tanya kepada para pedagang jengkol di pasar tradisional itu terkait mahal dan langkanya harga komoditas ini. Menurut dia, para pedagang juga tak tahu persis apa yang menjadi penyebab mahalnya harga jengkol ini.

"Menurut pedagang, selama ini jengkol yang mereka jual itu kiriman dari Lampunh. Tapi, saat ini katanya barangnya terbatas," tambah dia.

Dalam hal ini, Hamzah berharap pemerintah segera turun tangan mencari penyebab kenapa jengkol bisa mahal. Karena komoditi ini menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat dan kehidupan bagi para pedagang lokal di pasar-pasar rakyat. [gin]




https://www.inilahkoran.com/berita/j...liner-menjerit



terimakasih pak jokowi emoticon-Malu


rezim jokowi rakyat sejahtera, harga jengkolpun meroket tinggi emoticon-Malu


udah 1 bulan ini ane ngak makan jengkol emoticon-Turut Berduka
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Dolar meroket!!
Harga2 meroket!!
Utang meroket!!

Raja kodok nyungsep!!
jengkol itu br khas indonesia tp kalau temle, bahan baku aja impor
Nasbung aja yg kereemoticon-Wkwkwk
Saatnya jengkol jadi makanan mewah versi cnn
kgk suka jengkol gw, kalo boker gk nahan baunya emoticon-Najis
Quote:


dimana mana taik hasil boker baulah. kecuali nasbung kalau boker taiknya pasti wangiemoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Balasan post greenology
Quote:


kalo nggk makan jengkol / pete, lu siram tainya juga ilang tuh bau tai, kalo udah makan pete / jengkol baunya lama nempel di wc nya walopun tainya udah lu siram, bikin jijik.
lu gk ngerti maksud gw sih, pasti gk pernah makan pete / jengkol ya, gk mampu kek nasbung kah ?
Sementara jengkol mahal, ganti pake buah mengkudu aje..

Jadi orang yg kreatip lah.. Kaya gitu aja kudu di ajarin? Ah ae lah.. emoticon-Marah
Alah...

Pemakan jengkol kan gk banyak, lebay amat...

Telor naik menjerit,
ayam naik menjerit,
jengkol naik menjerit,

Padahal gk setiap hari makan gituan..

rokok naik diem² bae tetep kebeli..
Lihat 1 balasan
makan daun jengkol ajah gak usah manja
Balasan post tarminator
Quote:


rokok a mahal ada rokok lain yg murah, yg ngerokok juga bapak bapak sama anak ingusan


kalau telur ada gantinya yg lebih murah, telur ular mkn bisa
kalau ayam ganti aja ama tikus.



Lihat 1 balasan
Balasan post ba4425vt
Quote:


Intinya banyak pilihan..

Jangan dikit² menjerit..
Lihat 1 balasan
Balasan post tarminator
Quote:


oooo emoticon-Mewek
mana nih harga2 stabil atau jungkir balikkan harga?
abis telor skrg jengkol emoticon-Ngakak
Bodo ah emoticon-Traveller
Goblok lah, dr dulu jengkol hrgnya naek turun, sekalinya naek bisa ngalahin hrga daging sapi... pengusaha tolol klo menjerit baru pertama jualan jengkol?

Coba lh kreatip...jngn apa apa nyalahin pemerintah...
Tanam sendiri napa....
emoticon-Marah
Melihat harga jengkok yang naik turun, mgkin jadi petani jengkol sangat menjanjikan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di