alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Masyarakat nilai Pelican Crossing bermanfaat
1 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b61aac096bde62e6b8b456b/masyarakat-nilai-pelican-crossing-bermanfaat

Masyarakat nilai Pelican Crossing bermanfaat

Masyarakat nilai Pelican Crossing bermanfaat
Selasa, 31 Juli 2018 14:25 WIB

Pewarta: Ricky Prayoga

Jakarta (Antara) - Masyarakat menilai fasilitas penyebrangan jalan berambu lalu lintas (pelican crossing) yang menggantikan jembatan penyebrangan orang (JPO) di kawasan bundaran Hotel Indonesia dari depan Plaza Indonesia ke Hotel Pullman di seberangnya, bermanfaat.

"Fasilitas ini lebih bermanfaat bagi masyarakat saya rasa ya, bagi pekerja yang ada di sekitar sini juga, karena kita tidak perlu naik dan turun tangga yang menyulitkan juga bagi penyandang disabilitas," kata Amel (27) yang ditemui selepas menggunakan Pelican Crossing di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa.

Pengguna fasilitas yang ada di Jalan MH Thamrin tersebut, hanya perlu menekan tombol untuk mengaktifkan lampu penyebrangan dan menunggu selama 21 detik untuk mulai menyerang. Para pejalan kaki sendiri diberikan waktu sekitar 13 detik untuk menyebrang dengan dibantu pengawalan dari masing-masing dua petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta di ruas barat dan timur jalan.

Dengan waktu yang hanya hitungan detik tersebut, pengemudi kendaraan mengharapkan fasilitas tersebut tidak memicu antrean kendaraan terutama pada jam-jam sibuk pada pagi dan sore hari, walau dari pantauan sejak pukul 10:00 WIB hingga 12:00 WIB, belum terjadi antrean panjang kendaraan bermotor.

"Ya bagi saya fasilitas ini cukup baik untuk pejalan kaki, dan waktu tunggu yang dibutuhkan untuk pengendara juga tidak terlalu lama. Namun saya juga harap tidak terjadi antrean panjang saat jam-jam sibuk nantinya," kata Fadil seorang pengendara kendaraan yang ditemui di lokasi.

Pelican Crossing sendiri digunakan sebagai pengganti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Bundaran HI yang dibongkar sejak Senin malam (30/7). Dan pada Selasa ini badan JPO yang melintang antara Plaza Indonesia dan Hotel Pullman serta tiang pancang tengah sudah seluruhnya diturunkan sejak pukul 05:00 WIB.

Saat ini, sisa dari JPO tersebut hanya tiang pancang di ujung jembatan dan sebagian kecil tangganya.

JPO itu sendiri, dibongkar karena dinilai Pemprov DKI menghalangi pemandangan ke arah patung selamat datang.

Pelican crossing di Jalan MH Thamrin itu sendiri direncanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hanya bersifat sementara sampai terowongan mass rapid transit (MRT) rampung pada 2019 mendatang.


Papan pengumuman penggunaan Pelican Crossing di bekas jalur masuk JPO Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (31/7) (Antara/Ricky Prayoga)


Dengan rencana DKI Jakarta yang merencanakan fasilitas pelican crossing bersifat sementara, Ketua Koalisi Pejalan Kaki (KoPK) Alfred Sitorus mengatakan, pihaknya akan mensomasi Gubernur DKI Jakarta jika benar demikian.

"Ketika ada wacana pelican crossing Thamrin hanya sementara, maka KoPK yang akan pertama mensomasi Gubernur DKI Jakarta," kata Alfred dalam pesan singkatnya.

Pasalnya, kata Alfred, pelican crossing merupakan fasilitas umum yang ramah bagi masyarakat dan bisa diakes siapa saja sehingga dia berharap fasilitas tersebut tidak diganti dengan fasilitas umum yang tidak nyaman bagi pejalan kaki.

"Ketika sebuah fasilitas yang ramah bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas itu akan digantikan dengan fasilitas lain yang notabene sisi keamanan dan kenyamanannya pun tidak bisa dijamin harusnya jangan main-main dengan itu," tutur Alfred.

Terlebih, jika akan digantikan oleh fasilitas penyeberangan bawah tanah yang tidak lebih baik dari pelican crossing dari sisi kenyamanan dan dana yang dibutuhkan.

"Underpass yang disebutkan oleh gubernur itu selain sesuatu yg tidak berkeadilan untuk pejalan kaki terutama untuk disabilitas, ibu hamil, dari penganggaran juga akan lebih mahal dari pelican crossing yang semua orang bisa mengakses," kata Alfred.

Dari sisi keamanan untuk pengguna wanita juga, tambah dia, pelican crossing lebih terjamin dari pada JPO yang kerap terjadi pelecehan seksual.

"Tidak pernah kita dengar ada kasus pemerkosaan di zebra cross, yang ada di JPO. Lalu ada juga kejadian iklan di JPO roboh di Pasar Minggu dan saat ini ada sekitar 300 JPO di Jakarta yang saya rasa perlu dikaji ulang," ujar Alfred.

Untuk menambahkan keamanan pejalan kaki dalam menyeberang di pelican crossing, dia menyarankan agar pemerintah menambah garis kejut sebelum pelican crossing.

Berdasarkan pengamatan Alfred, masih banyak pelican crossing di Jakarta yang tidak ada garis kejutnya yang menurutnya akan berguna bagi pengendara untuk mengurangi kecepatannya begitu melintasi pelican crossing.

"Garis kejut ini harusnya ada tiga rangkap jangan cuma dua, lalu masih banyak juga pelican crossing di Jakarta yang tidak ada garis kejutnya. Garis kejut ini berfungsi membuat pengendara melambat saat melintas di pelican crossing sehingga aman bagi semua pihak. Selain itu, yang naik kendaraan juga harus patuh sama rambu-rambunya, kalau lampu merah ya berhenti jangan menerobos," ucap Alfred.

Diketahui, pembongkaran JPO di kawasan Bundaran Hotel Indonesia itu juga dalam bagian DKI Jakarta menyambut perhelatan pesta olahraga multicabang Asian Games yang dimulai pada 18 Agustus mendatang.

https://m.antaranews.com/berita/731702/masyarakat-nilai-pelican-crossing-bermanfaat

Komen TS: Jauh lebih enak pelican crossing lah...

Quote:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Pelican crossing di Jalan MH Thamrin itu sendiri direncanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hanya bersifat sementara sampai terowongan mass rapid transit (MRT) rampung pada 2019 mendatang.


Masyarakat nilai Pelican Crossing bermanfaat

emoticon-Busa
Ok lanjutkan
Masyarakat nilai Pelican Crossing bermanfaat

selfie dulu...

Masyarakat nilai Pelican Crossing bermanfaat

Buat yg overweight sangat2 bermanfaat emoticon-linux2

Sbnrnya bagus.. tp sayang kesadaran berkendara sangat minim.. jadinya ya gt deh
Lihat 1 balasan
yailah...disini trotoar aja dinaekin motor, apalagi cuman pelican crossing....kaya ga tau tabiat pengendara motor/mobil di indonesia aja... apalagi OKB aka keles menengah ngehek ....emoticon-Leh Uga
Di Belanda pengendara mobil selalu ngalah dgn sepeda dan pejalan kaki

Kalo di Indonesia pejalan kaki yg harus ngalah sama mobil
Pantesan macet terus

Krn Indonesia negara tropis

emoticon-Wakaka
Diubah oleh adamyvon
pasti dilanggar malah resiko ditabrak metromini blong


Quote:


Bener bray
Yg hrs d perhatikan itu kesadaran berkendara
Yah mari berdoa gk memakan korban. Tabiat pengendara indo d kasih peli kan crossing.
apa pelican crossing bisa dijaga terus 24 jam? kalau malam dan subuh gimana? kalau lagi hujan deras gimana?
otak duo ASU gak nyampe situ
Dibilang bermanfaat ato ngga ya jelas bermanfaat emoticon-shakehand

Yg dipermasalahin soale tepat guna (berdasar lokasi instalasi) ato ngga, secara thamrin kalo diliat dari volume traffic kendaraannya tinggi, ditambah kesadaran berkendara kita yg rendah emoticon-Big Grin

Selama ada petugas yg selalu stand by bantu nyeberang dan ngatur (ngurai) lalu lintas kemungkinan ga bakal bermasalah, jadi mari berdoa aja semoga sampe underpass MRT kelar dibangun sama sekali ga ada kasus kecelakaan

*takutnya ada yg bingung itu kecelakaan murni ato sabotase*
emoticon-Ngacir
Pelican crossing emng bagus, tp harus di barengi kesadaran dan tertib berlalu lintas dari pengendara...

Disini banyak pengendara kurang mementingkan keslamatan diri dan orang lain...

Termasuk ane jg sih kadang²emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
Diubah oleh tarminator
Oh. Zebra kros yg ada bangjonya itu namanya PELIkan crossing ye emoticon-Embarrassment

Depan stasiun jebres ada dan tidak bermanfaat
Balasan post andrekelv
Quote:


buat yg overweight lebih bagus dikasih jembatan dong
Pelican crossing itu efektifnya di daerah yg kendaraan tidak terlalu banyak.

Lah ini di bundaran HI tau sendiri gimana membludaknya kendaraan kalau lagi jam sibuk

Apalagi mau Asian Games.
Diubah oleh naninu99
kayaknya pada blum liat pelican crosing yah. coba ke ktr pos fatmawati. ada pelican nya dsitu.
nunggu nanti kalo dah ada korban gmn respon nya...
emoticon-Wakaka
Di deket tvri juga ada pelican crossing, ga ada manfaatnya emoticon-Ngakak

Apalagi kalo siang, jalannya gede, sepi, mobil pada ngebut emoticon-Ngakak

Mending nyebrang di sembarang tempat dah sama aja menguji adrenalinnya emoticon-Ngakak
Diubah oleh yxgk
alhamdulillah kalau bermanfaat
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di