alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Reruntuhan Kerajaan Buddhis di Maldives
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b5c6cfc96bde60d088b457b/reruntuhan-kerajaan-buddhis-di-maldives

Reruntuhan Kerajaan Buddhis di Maldives

Reruntuhan Kerajaan Buddhis di Maldives

Sasanasena Hansen | Sabtu, 28 Juli 2018 15.00 PM News

Reruntuhan Kerajaan Buddhis di Maldives

wikimedia.org

Maldives selama ini dikenal sebagai negara kepulauan kecil yang menjadi tempat favorit bagi para pelancong untuk berbulan madu. Dengan pantai berpasir putih, cottage-cottage unik dan privat, serta kekayaan laut yang indah membuatnya menjadi salah satu tempat tujuan wisata dunia meskipun terletak cukup jauh dan terpencil.

Negara terdekat dari Maldives adalah Sri Lanka dan India. Oleh karena itu, kekayaan budaya Maldives tidak terlepas dari pengaruh kedua negara ini.

Catatan sejarah tertua tentang sejarah Maldives menceritakan kedatangan orang-orang Sinhala dari Sri Lanka yang merupakan keturunan dari Pangeran Vijaya dari Kerajaan Magadha India yang diasingkan. Haddhunmathi Atoll, sebuah wilayah administratif di Maldives, menjadi pusat perkembangan agama Buddha pada saat itu.

Di sini terdapat banyak situs arkeologi peninggalan Kerajaan Buddhis Maldives seperti Dhanbidhoo, Mundoo, Gan dan Isdhoo. Peninggalan tersebut berupa wihara dan stupa dengan beragam ukuran.

Reruntuhan Kerajaan Buddhis di Maldives

Agama Buddha diperkirakan menyebar di kepulauan Maldives sekitar abad 3 SM. Kuil-kuil Hindu dan wihara-wihara Buddhis yang ditemukan menggunakan corak Mandala dengan gerbang utama berada di sisi timur. Stupa-stupa Buddhis disebut ‘havitta’, ‘hatteli’ atau ‘ustubu’ oleh orang-orang Maldives menyesuaikan lokasi atoll mereka.

Sejarawan lokal Hassan Ahmed Maniku (1990) menyatakan bahwa terdapat 59 pulau dengan situs arkeologi Buddhis ditemukan di Maldives. Peninggalan monumen-monumen Buddhis terbesar dan terbanyak berada di kepulauan di sisi timur Haddhunmathi Atoll.

Beberapa catatan kuno Maldives seperti Isdhu Lomafanu dan Dhanbidhu Lomafanu berisi tentang kedatangan Islam di Maldives, penghancuran monumen-monumen Buddhis, pemenggalan para biksu dan pembangunan masjid-masjid menggantikan wihara-wihara. Catatan-catatan ini diperkirakan berasal dari 1193 M. Raja Maldives pada saat itu menurut catatan ini adalah Sri Gadana Aditya Maharadun.

Reruntuhan Kerajaan Buddhis di Maldives

Cendikia seperti H.C.P. Bell, yang lama menetap di Sri Lanka, menyatakan bahwa agama Buddha tiba di Maldives dari Sri Lanka dan bahwa orang-orang Maldives kuno mengikuti aliran Theravada. Sejak itu, penemuan-penemuan arkeologi menunjukkan pula pengaruh Mahayana dan Vajrayana yang tampaknya datang dari India.

Pada Februari 2012, sekelompok ekstrimis Islam menghancurkan koleksi-koleksi patung pra-Islam yang disimpan di Museum Nasional di Male. Mereka menghancurkan hampir semua koleksi dari 30 patung Buddhis yang berasal dari abad 6-12 M. Staf museum mengatakan bahwa patung-patung tersebut kebanyakan terbuat dari koral atau limestone sehingga tidak mungkin untuk memperbaikinya, dan hanya dua atau tiga buah yang dapat diperbaiki.

Meskipun telah menjadi sejarah di Maldives, pengaruh Buddhis selama 1400 tahun telah memberikan pondasi penting dalam sejarah Maldives. Selama masa inilah budaya Maldives terbentuk dan berkembang. Bahasa Maldives, naskah-naskah pertama Maldives, arsitektur, peraturan dan adat Maldives berasal dari masa Maldives merupakan sebuah kerajaan Buddhis.

http://buddhazine.com/reruntuhan-ker...s-di-maldives/

Jika saat ini maldives tetap beragama buddha, mungkin sudah maju industri pariwisatanya setara thailand & kamboja
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
4 L. dimana loe berada disana kehancuran menunggu...
Lihat 1 balasan
Gileeeeeeee di hancurin gitu doang, sayang bangeeeetttttttttttt.

Lihat 1 balasan
Balasan post kentotpletot
Quote:


mau menghilangkan sejarah biar anak cucu lupa
Lihat 2 balasan
Balasan post phenfx
Quote:


teteplah mau di hilangkan gimana juga, tetep tuh agama di maldives yg pertama.

Nilai sejarahny itu loh yg disayangkan maen di hancurin gitu aja, emang ada salah apa itu patung
Lihat 1 balasan
Quote:


Agama damai.
Doyan nyerang yg gak seiman, giliran dibalas: "dizolimi".

emoticon-Jempol

Lihat 1 balasan
Balasan post phenfx
Quote:


paling kasian di marih gan...
kerajaan gede dan masyur bisa ancur seketika saja.sejak raja rajanya dan rakyatnya berindah haluan ke sunagakure
Lihat 1 balasan
Balasan post ontabangkotan
Quote:


Dasar ajaran mrk adalah teror, dogma kebodohan, fear untuk patuh , anarkis , sombong merasa plg benar , jijik luat pemakan babi , dengki liat orang lain senang bercinta , anti kritik, pengkultusan sesama manusia akhirnya korupsi menggila .
Quote:


Semua berubah ketika negara api menyerang..

Pantesan sejarah penyebaran ajaran buddha banyak yang hilang n punah di bbrp daerah, dipenggalin mulu ga patung ga biksunya
patung buddha di afghanistan juga gitu. belum terhitung situs2 zoroastrian, kuill2 kuno sebelum adanya islam di arab, mespotamia sham, mesir afrika utara (maghreb, morroco), gereja2 di turki anatolia, caucasus mountain, judea-palestine, egypt alexandria, dan lain-lainnya. belum perpustakaan2 yang hancur karena bersebrangan dengan ideologi kerajaan islam yang dihancurkan. bisa jadi itu bisa menjadi petunjuk bagi manusia mengenai asal-usulnya. but.. it was destroyed mostly. what a shame. sungguh disayangkan.
Diubah oleh ffffffffffffffu
Berita yang ga disuka abu ah yan ini, konon katanya dia penganut tridharma emoticon-Leh Uga


Quote:


Senengnya rusak pny tempat yg lain.

pas giliran dikritik (g sampe dirusak cm kritik lo) ngamuk, trs bakar tmpt yg kritik

emoticon-Cape d...
Pantesan candi-candi di Jawa ditemukan Raffles dalam kondisi berantakan hancur lebur. Padahal secara kostruksi bangunan, candi-candi tahan gempa dan banjir.

Untung aja Belanda membangun kembali sehingga peninggalan leluhur menjadi kebanggaan bangsa saat ini.

Kalau dilihat dari sisi lain, datangnya Belanda dan Inggris di Nusantara adalah anugerah karena bisa menghalau gerakan yang menghancurkan segala peninggalan sejarah.
Quote:


tak heran Di beberapa negara , penyebaran islam dilarang karena dinilai bermasalah bagi ketertiban umum bahkan bisa menjadi ancaman terhadap stabilitas nasional

Reruntuhan Kerajaan Buddhis di Maldives

Reruntuhan Kerajaan Buddhis di Maldives

Reruntuhan Kerajaan Buddhis di Maldives
Lihat 1 balasan
Balasan post rgenpeninsula
Quote:


bukannya belanda yang ancurin semua..
Lihat 4 balasan
Balasan post dewaagni
Quote:


bukan cuma negara di atas, angola juga bbanned islam, china dan jepang mengawasi ketat muslim, korsel nolak pengungsi muslim yemen kokemoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak emoticon-Matabelo
Quote:


maldives pariwisatanya sekarang juga udah maju kok.

Miras memang gak dijual di toko kelontong secara bebas, tapi hanya dijual di resort-resort eksklusif di beberapa pulau.

Maldives itu semua import. Industri unggulannya cuma ekspor ikan tuna sama pariwisata
Balasan post roger_more2
Quote:


siapa? belanda? baru denger belanda doyan ngancurin situs budaya...
Lihat 1 balasan
Balasan post rgenpeninsula
Quote:


alag..ngeles aja..tadi ngomong ancurin negara..sekarang ancurin budaya..emoticon-Wakaka
asal tau aja budaya damai di indonesia..ancur gara2 divide et impera nya belanda emoticon-Wakaka
yah kayak kamu..itu peninggalan belanda..memandang sesuatu pakai kacamata kuda...alias standar janda
makanya enih negara kagak maju2..emoticon-Wakaka
Lihat 4 balasan
Balasan post roger_more2
Quote:


memang sudah jd situs budaya .... emangnya majapahit negara atau kerajaan? emangnya dulu jaman voc udah ada negara indonesia?? mikir lah...negara ini gk maju maju gegara kaum lu itu sibuk mkkirin kitab onta yg isinya khayalan gk jelas.dulu emangnya nusantara ini damai??? ya jelas waktu era majapahit berkuasa.perangnya cm dikit bs di bilang damai.tapi waktu paham onta sudah menjadi cancer hancurlah kerajaan dan budaya budaya nusantara smp jd ciut gini....tapi gw masih legowo ke belanda dari pada onta....belanda pinter bikin bendungan dan bangunan yg masih kokoh smp sekarang..onta pinter bikin umatnya goblok sampe sekarang.
Lihat 1 balasan
Balasan post rgenpeninsula
Quote:


noh..kelihatan khan akhirnya...wkkk
beda negara dan kerajaan...emoticon-Wakaka
hasil belanda menjajah...pengikutnya ketinggalan..
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di