mbahmonon
TS
mbahmonon
Alasan Pengemudi Ojek "Online" Parkir di Trotoar Jalan Sunda



JAKARTA, KOMPAS.com - Belasan sepeda motor parkir sembarangan di trotoar yang berada di Jalan Sunda, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2018). Pantauan Kompas.com di lokasi, belasan motor yang diparkir memakan sebagian badan trotoar. Sejumlah pejalan kaki harus mengalah dan memilih ruas jalan lain untuk melintas. Mayoritas kendaraan yang parkir merupakan pengemudi ojek online. Ada 5 pengemudi ojek online yang asyik duduk di bawah pohon yang berada di trotoar. Sedangkan motor milik mereka diparkir hanya berjarak 1 meter dari lokasi mereka duduk. Salah satu pengendara ojek online, Billy mengatakan, ia menyadari jika parkir di trotoar menyalahi aturan. Billy mengaku parkir di trotoar karena terpaksa. Menurutnya, di parkiran resmi akan banyak mengeluarkan biaya. Selain itu terkait efisiensi waktu. "Ya tahu salah, tapi kalau harus bolak balik juga kan biayanya berapa, dapat dari ojek berapa. Belum lagi penumpang ngeluh kalau lama sampainya," ujar Billy kepada Kompas.com.




Billy mengatakan, memarkirkan kendaraan di trotoar atau di lokasi yang dekat dengan lokasi istirahat, akan lebih memudahkan jika mendapatkan orderan. 

Hal senada disampaikan pengemudi ojek online lainnya, Imam. Ia mengatakan, memilih memarkirkan kendaraan di trotoar karena tak ingin membuang biaya parkir. Selain itu, parkir di trotoar, kata Imam tidak seharian. Dia dan pengendara ojek lainnya hanya parkir sekitar 5 hingga 10 menit untuk sekedar istirahat. Imam mengatakan, parkir di trotoar juga karena tidak tersedianya kantung-kantung parkir yang khusus diperuntukan bagi ojek online. Imam dan pengemudi lainnya tidak keberatan dipindahkan dari lokasi tersebut asal disediakan tempat parkir yang strategis dan terjangkau. Baca juga: Sandiaga Janji, 22 Juli Jalan Sudirman-Thamrin Mulus, 31 Juli Trotoar Rapi Imam mengaku tidak pernah mendapat keluhan dari masyarakat. Adapun parkir motor di lokasi tersebut, kata Imam dilakukan dengan rapi. Sedangkan petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta disebut tidak pernah melakukan penindakan di lokasi tersebut. "Pemerintah harusnya kasih tempat-tempat parkir lah. Kami juga kalau ada tempat parkir (lokasi gratis) enggak mungkin di sini. Kalau Dishub juga seingat saya enggak pernah lagi operasi," ujar Billi. Salah satu petugas keamanan salah satu gedung di sekitar Jalan Sudan berinisial HJ mengatakan telah beberapa kali mengingatkan para pengemudi ojek online untuk tidak parkir di trotoar yang berada di depan gedung perbelanjaan tempat dia bekerja. Namun, imbauan tersebut tidak diindahkan. "Saya sudah kasih tahu tapi ya begitu masih ada yang parkir. Jadinya enggak enak kalau diingatkan lagi kan. Setelah itu saya enggak bilang lagi, ya dari pada saya dikeroyoknanti. Kan sama-sama cari makan," ujar HJ.



Salah satu pejalan kaki, Hasni mengatakan keberatan dengan sejumlah kendaraan yang parkir di lokasi tersebut. Selain menganggu saat melintas, motor-motor yang parkir tersebut membuat trotoar kian semrawut. "Kalau bisa jangan parkir di sini lah, itu kan parkiran Sarinah ada," ujar Hasni. Pendapat lain disampaikan pejalan kaki lainnya, Zeze. Zeze menilai tidak mempermasalahkan parkir oleh pengemudi ojek online asal tidak menutup seluruh badan jalan. "Ya mereka juga kan cari uang, kalau parkir lagi kan sulit keluarnya terus bayar lagi sedangkan penghasilan mereka berapa," ujar Zeze. Baca juga: Cek Pekerjaan Trotoar, Basuki Jalan Kaki 3 Kilometer Pada Selasa (10/7/2018) lalu, Kompas.com juga sempat melakukan peliputan di Jalan Sunda. Saat itu, selain motor, ada dua unit mobil Hiace berpelat merah yang parkir di lokasi tersebut. Mobil Hiace tersebut bertulis "Badan Pengawas Tenaga Nuklir". Terkait pemberitaan itu, pihak Bapeten mengirimkan surat elektronik kepada Kompas.com yang isinya meminta maaf kepada masyarakat atas kelalaian tersebut. "BAPETEN menyampaikan terima kasih atas kepedulian Kompas.com dan masyarakat dalam mengingatkan kami atas kelalaian tersebut. Kami memohon maaf dan hal ini menjadi koreksi untuk pembenahan internal, sehingga diharapkan ke depan kejadian serupa tidak terulang kembali," tulis Bapeten melalui surat elektronik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Pengemudi Ojek "Online" Parkir di Trotoar Jalan Sunda", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/18/16434691/alasan-pengemudi-ojek-online-parkir-di-trotoar-jalan-sunda
Penulis : Kontributor Jakarta, David Oliver Purba
Editor : Dian Maharani

Cari makan juga bisa tertib guoblog, kecuali emang lu gak sekolah emoticon-Blue Guy Bata (L)

Mau nya parkir gratis aja, orang usaha juga pake modal  gak cuma cuma

Di tegur satu yang marah banyak nih genk ijo
0
3.1K
41
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan