dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Jangan Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Mulai Berinvestasi Emas Batangan


Melakukan kesalahan itu hal biasa, benar nggak gansis? Apalagi ketika kita memulai sesuatu yang baru, termasuk saat kita memulai investasi emas batangan. Namun, kesalahan dalam berinvestasi jelas tidak diinginkan oleh siapa pun karena nilai atau jumlah uang yang hilang bisa sangat besar.

Nah, karena itu, sebelum memulai investasi apa pun, ada baiknya pelajari semua informasi yang diperlukan, gansis. Begitu pun dengan investasi emas batangan. Kenali seluk beluk investasi emas dan hindari tujuh kesalahan yang sering terjadi pada investor pemula seperti berikut ini, gan.


1. Malas Memantau Harga Emas




Sering dengar, beli emas saat harga turun dan jual saat harga sedang tinggi? Nah, untuk tahu perubahan harga emas, gansis harus rajin memantaunya. Pergerakan harga emas ini sering luput dari perhatian investor pemula, nih.

Oleh sebab itu, investor pemula sering membeli emas ketika harga sedang tinggi atau membeli tanpa mempertimbangkan harga emas. Untuk investasi emas batangan, disarankan gansis mengecek harga emas setiap hari. Dengan begitu, gansis tahu kapan harus membeli dan menjualnya tanpa menyebabkan kerugian.

2. Lupa Membandingkan Harga




Terburu-buru dalam membeli logam mulia menjadi kesalahan lain para investor pemula. Sebelum membeli emas batangan, nggak ada salahnya untuk membandingkan harga di beberapa tempat terpercaya untuk mendapatkan harga terbaik, gan.

Sedikit lebih lama, tapi semua langkah ini untuk menghindari gansis dari kerugian karena ada penjual yang menaikkan harga emas hingga begitu tinggi. Terlebih lagi, jika gansis tidak mengetahui pergerakan harga emas, agan pasti akan mudah tertipu.

3. Membeli Emas Daur Ulang (Scrap Gold)




Emas yang sudah tua atau berasal dari benda elektronik biasanya akan didaur ulang oleh pengrajin emas untuk kemudian dijual kembali. Perhiasan atau koin emas yang rusak lalu didaur ulang cenderung memiliki cacat estetika sehingga sedikit orang yang akan membelinya.

Oleh sebab itu, jika tidak ingin rugi di kemudian hari, gansis harus mencari emas yang bukan hasil daur ulang untuk investasi terbaik.

4. Membeli di Tempat yang Salah




Investasi emas batangan sangat bergantung pada keaslian emas yang gansis beli. Dengan emas asli yang disertai sertifikat, agan akan mudah menjualnya kembali.

Oleh sebab itu, belilah emas batangan di tempat-tempat terpercaya yang memang disarankan. Dengan begitu, keaslian emas terjamin dan gansis bisa terhindar dari kerugian.

5. Hanya Membeli Emas Satu Ukuran




Jika agan baru memulai investasi emas batangan, agan bisa memvariasikan berat emas batangan yang dibeli, baik emas dengan satuan kecil, maupun satuan besar. Hal ini bertujuan jika agan memiliki kebutuhan mendesak, agan bisa menjual emas dengan satuan kecil.

6. Tidak Memperhatikan Kemurnian Emas




Dalam berinvestasi emas, salah satu hal penting yang harus agan perhatikan ialah kemurnian emas. Pastikan agan membeli emas murni dengan kadar 99,99% karena dengan kadar tersebut emas akan lebih mudah untuk dijual kembali.

7. Membeli Terlalu Banyak Emas




Terlalu bersemangat investasi emas sehingga semua uang dibelikan emas? Coba pikir kembali gansis. Membelikan semua uang tabungan untuk emas dan hanya menyisakan sedikit uang tunai, akan menyulitkan jika ada kejadian atau kebutuhan darurat.

Lebih baik, pisahkan uang untuk investasi dan uang yang digunakan untuk biaya sehari-hari atau biaya kesehatan. Dengan begitu, emas dapat disimpan untuk investasi dan kebutuhan gansis pun terpenuhi.



===========

Setelah mengetahui sejumlah kesalahan di atas, gansis bisa menghindarinya ketika akan membeli emas. Ingat, untuk tetap teliti dan hati-hati dalam mengambil keputusan, gansis. Nah, jika agan mencari tempat untuk membeli emas, agan bisa membelinya di ANTAM.

Jika dana terbatas, gansis bisa membeli emas dalam nominal kecil, seperti yang ada di aplikasi e-mas. Setahu ane di aplikasi itu, gansis bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an dan yang terpenting emas yang akan gansis dapatkan nantinya merupakan emas ANTAM. Untuk lengkapnya, agan dan aganwati bisa kepoin sendiri website dan aplikasinya, ya.


Selamat berinvestasi emas batangan, gansis!




Sumber


Diubah oleh dimasgaharu 05-10-2018 04:35
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
14.7K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan