captainforts27Avatar border
TS
captainforts27
HERCEPTIN (Her-2) Obat kanker payudara yang berbeda dari Kemoterapi
WELCOME TO MY THREAD !!!



Sebelumnya ane minta maaf karena ini Thread pertama ane , jadinya hasil mungkin sangat nggak rapih gan , mohon dimaklumi emoticon-Shakehand2

Thread ane ini No Repsol dan ada buktinya emoticon-Cool
Spoiler for No Repost:


SEJARAH HERCEPTIN

Herceptin ditemukan oleh seorang Dokter yang berasal dari Universitas UCLA di Amerika Serikat. Beliau adalah Dr. Dennis J. Slamon. Dalam sejarah pembuatan HER-2 / Herceptin , Dr. Dennis J. Slamon membutuhkan kerja keras yang amat sangat. Karena ada saja atasan yang mengurus proyek HERCEPTIN yang sering memperhitungkan keuntungan dan kerugian dalam melanjutkan proyek HERCEPTIN , dikarenakan makan waktu lama dan Biaya yang tidak sedikit. Dr. Dennis dibantu oleh seorang Ilmuwan sekaligus atasan dan teman Dr. Dennis yang bekerja di Genentech , Yaitu Blake Roger.

Dalam prosesnya , Ide awal dari HERCEPTIN adalah dimana Dr. Dennis sedang meneliti Gen dari kanker payudara pada wanita , dan menemukan sejenis protein antibodi yang disebut HER-2 di permukaan sel Kanker , dan diyakini memiliki peran dalam Pertumbuhan sel kanker.

Demi memperjuangkan Herceptin , Dr. Dennis mendedikasikan lebih dari 10 tahun karena banyak terjadi pertentangan oleh atasan nya dan kurangnya dana , sehingga dibantu oleh temannya Lily Tartikoff , dan Ronald Perelman.
Dr. Dennis memulai tes pertama Herceptin kepada seorang wanita yang mengalami Kanker Payudara dengan Biopsi ganas dan mencapai stadium 4. Berkat herceptin , Waktu hidupnya dapat bertambah. Dan untuk memperjelas hasil , Genentech memberikan izin untuk menjalani tes Fase ke-1. Ada beberapa wanita yang diujikan pada fase 1, dan kemudian di saring lagi untuk yang berpotensi lolos ke Fase ke-2.
Spoiler for Herceptin:



Di Fase ke 2, Dr. Dennis kembali memilih beberapa wanita , dan kembali diberikan Herceptin, kemudian disaring lagi untuk melaju ke Fase ke-3.
Namun terjadi kendala di Fase ke-3 , Sehingga pengetes-an ditunda beberapa waktu, dan tentunya ini ulah atasan yang tidak menyukainya.
Akhirnya setelah beberapa waktu, Blake Rogers, temannya mengabari bahwa pemimpin proyek mengundurkan diri dan digantikan oleh seorang wanita dari National breast Cancer Coalition , Fran Visco , Proyek kembali dijalankan dan akhirnya memperoleh pernyataan pengesahan Herceptin 2 oleh FDA pada bulan September tahun 1998.

Treatment menggunakan Herceptin masih terlalu mahal karena mencapai US$ 70.000.

Cara Kerja Herceptin

Herceptin menahan dan memperkecil sel kanker pada payudara. Herceptin terbukti mampu menambah waktu hidup penderita kanker payudara stadium 3/4 dari 20.3 bulan menjadi 25.1 bulan.Dan Herceptin bukan kemoterapi yang berefek samping parah dan menyiksa. Herceptin adalah terapi anti-kanker jenis baru yang berbeda dari kemoterapi maupun terapi hormon. Herceptin disebut sebagai terapi antibody monoklonal Antibodi adalah protein yang secara alami dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh yang membantu mengidentifikasi dan melindungi tubuh dari benda asing.Para peneliti di laboratorium membuat tiruan atau meng-klon satu jenis antibodi ini sehingga disebut antibodi monoklonal. Dalam pengobatan kanker, antibodi monoklonal ini bekerja dengan menyerang substansi tertentu dalam tubuh yang membantu pertumbuhan sel kanker. Sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Setiap antibodi monoklonal hanya mengenal satu target protein, atau antigen. Terapi antibodi monoklonal memiliki cara kerja seperti antibodi yang ada dalam system kekebalan tubuh manusia . Salah satu contohnya adalah Herceptin (trastuzumab) terapi antibodi monoklonal yang secara khusus dirancang untuk menyerang HER2 dan telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mematikan sel tumor.
Spoiler for Herceptin:

Herceptin merupakan terapi antibodi monoklonal , dan merupakan terapi fokus sasaran , sehingga tidak membahayakan sel - sel normal.

PENGEMBANGAN HERCEPTIN

Pada tahun keenam (1994) Dr. Slamon mengalami suatu masalah yakni pengurangan dana oleh Genentech , sehingga akan mengurangi waktu penelitian HERCEPTIN dan jika dalam waktu dekat penelitian Herceptin tidak membuahkan hasil, maka Genentech akan menghentikan pemberian dana kepada Dr. Slamon, dan akan menyia-nyiakan waktu 6 tahun penelitiannya. Namun pendanaan dibantu oleh Lily Tartikoff dan Ronald Perelman, Dimana Lily mencari dana dan Ronald yang mendanai.

Penelitianpun akhirnya selesai setelah melalui uji coba pada tikus, di tahun 1992. Yakni melalui terapi antibodi monoklonal yang merupakan bentuk pasif dari imunoterapi, karena antibodi dibuat dalam kuantitas besar di luar tubuh (di laboratorium). Jadi terapi ini tidak membutuhkan sistem imun pasien untuk bersikap aktif melawan kanker. Antibodi diproduksi secara masal dalam laboratorium dengan menggabungkan sel myeloma (tipe kanker sumsum tulang) dari sel B mencit yang menghasilkan antibodi spesifik. Sel hasil penggabungan ini disebut hybridoma.
Kombinasi sel B yang bisa mengenali antigen khusus dan sel myeloma yang hidup akan membuat sel hibridoma menjadi semacam pabrik produksi antibodi yang tidak ada habisnya. Karena semua antibodi yang dihasilkan identik, berasal dari satu (mono) sel hibridoma, mereka disebut antibodi monoklonal (kadang disingkat MoAbs atau MAbs).
Spoiler for Herceptin:


Kombinasi antara Herceptin dan kemoterapi dapat memberikan keuntungan bagi penderita kanker payudara stadium 4. Dua minggu pertama pasien diberi Kemoterapi kemudian di minggu ketiga diberi Herceptin.
Herceptin diberikan melalui intravena infus, biasanya sekali seminggu atau bila dosis lebih besar setiap 3 minggu. Dokter belum tahu berapa lama (periode) terapi harus diberikan, memerlukan penelitian lebih lanjut. Untuk mencegah agar sel kanker tidak membelah dan memperlambat pertumbuhan kanker, disini ada beberapa targeted therapy untuk kanker payudara HER-2 positive yaitu:
- Herceptin ( trastuzumab ) à dikombinasikan dengan Taxol (paclitaxel) yang telah disetujui sebagai pengobatan awal kanker payudara HER-2+ metastatic. Herceptin juga dapat dikonsumsi bagi pasien yang telah menjalankan kemoterapi untuk penyakit metastatic.
-Tykerb ( lapatanib ) à dikombinasikan dengan Xeloda.
Catatan Tambahan
Di Indonesia, hak produksi herceptin dimiliki oleh Roche, dan sampai saat ini pengobatan herceptin hanya bisa diperoleh di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.
Perkembangan obat kanker payudara Herceptin membuat Dr. Dennis Slamon mendapatkan sejumlah penghargaan penelitian, termasuk tahun 2007 Gairdner Penghargaan Internasional, yang paling bergengsi penghargaan untuk penemuan dalam medis ilmu pengetahuan, dan tahun 2004 Amerika Cancer Society Medal of Honor. Society dukungan Slamon dimulai tahun 1988 dan, termasuk nya saat ini ACS-Cissy Hornung Clinical Research profesor, total $ 505.000 dalam dana hibah.
Kisah hidup dalam penelitian Dr. Dennis J.Slamon dalam menciptakan era pengobatan baru berupa herceptin di abadikan dalam sebuah buku karya Robert Bazell yang berjudul HER-2 : The Making of Herceptin, a Revolutionary Treatment for Breast Cancer pada tahun 1998. Buku tersebut kemudian dirangkum dalam plot film yang dibintangi oleh Harry Connick, Jr. dan diproduseri oleh Vivienne Radkoff yang ditayangkan pada tahun 2008.
Saat ini Dr. Dennis Slamon menjabat sebagai direktur Clinical Research/ Translational di UCLA Jonsson Comprehensive Cancer Center ,dan sebagai direktur Program Revlon / UCLA Penelitian Kanker Perempuan di JCCC. Dia adalah profesor kedokteran, Kepala Divisi Hematologi / Onkologi dan wakil eksekutif untuk penelitian untuk Departemen UCLA of Medicine. Slamon juga menjabat sebagai direktur dewan penasehat medis untuk Aliansi Penelitian Kanker Kolorektal Nasional, sebuah organisasi penggalangan dana yang mempromosikan kemajuan dalam kanker kolorektal . The American Cancer Society kini turut mendanai 199 penelitian kanker payudara dengan dana hibah senilai $109.400.000.

Spoiler for KESIMPULAN!:


NAH!!! gan , sampe sini dulu thread ane gan semoga bermanfaat bagi semuanya gan. Maafkan karena thread ane berantakan secara ini thread pertama ane gan. Lebih kurangnya ane mohon maaf.emoticon-Shakehand2

Spoiler for Tolong gan:


Komeng nya ditunggu ya gan , sekalian minta kritik dan sarannya emoticon-Toast

(Sumber : www.google.co.id , www.wikipedia.org , Living Proof (2008). )
Diubah oleh captainforts27 20-05-2013 13:40
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
14.9K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan