andika.1stravelAvatar border
TS
andika.1stravel
TGB Dukung Jokowi, Ustaz Abdul Somad Sudah Tahu Duluan?


TGB Dukung Jokowi, Ustaz Abdul Somad Sudah Tahu Duluan?



jpnn.com, JAKARTA -Pengamat politik Said Salahudin menduga, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi telah melakukan pembicaraan dengan Jokowi atau pihak lain di lingkaran Istana, sebelum menyatakan dukungan terhadap mantan Wali Kota Surakarta itu di Pilpres 2019.

"Mungkin juga dalam pertemuan mereka itu muncul gagasan untuk menduetkan Jokowi - TGB di Pilpres 2019, dan TGB setuju," ujar Said di Jakarta, Kamis (5/7).

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) ini mendasari pandangannya berdasar fakta yang berkembang selama ini.

Antara lain, TGB merupakan salah satu tokoh yang sejak lama digadang-gadang menjadi capres maupun cawapres.

"Kelebihan TGB itu berasal dari luar Jawa. Faktor non-Jawa seringkali dianggap penting dalam penentuan figur capres atau cawapres," ucapnya.

Kelebihan lain, TGB terbukti berhasil menghimpun suara di Pilpres 2014 lalu. Kemenangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa mencapai 72,45 persen di NTB. Ketika itu TGB menjabat Gubernur NTB dan pendukung Prabowo - Hatta.

Perolehan suara Prabowo-Hatta di NTB merupakan tertinggi kedua setelah Sumatera Barat, dimana mengantongi 77 persen suara.

Kelebihan lain, TGB juga dipandang sebagai tokoh Islam berpengaruh yang punya banyak pendukung di seluruh Indonesia. Buktinya, tak terhitung ormas berbasis massa Islam dan para ulama terkemuka pernah menyebutnya pantas menjadi capres atau cawapres di Pilpres 2019.

"Beberapa kelebihan TGB itu sepertinya bertemu dengan kebutuhan Jokowi untuk maju kembali di Pilpres 2019 nanti. Jokowi sepertinya sudah berhitung, untuk bisa menang dan memegang kembali kendali pemerintahan, butuh figur seperti TGB," katanya.

Said juga menduga TGB telah menyampaikan idenya mendukung Jokowi ke tokoh ormas dan ulama yang selama ini mendukungnya.

"Ustaz Abdul Somad, Aa Gym, dan Ustaz Arifin Ilham, boleh jadi sudah lebih dulu mengetahui sikap TGB, sebelum ia menyampaikannya kepada publik," pungkas Said.

________

Rizieq lebih tahu duluan ana kira :goyang
Diubah oleh andika.1stravel 06-07-2018 05:49
tien212700
tien212700 memberi reputasi
2
6.4K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan