pog94
TS
pog94
Mari Belajar Bahasa Indonesia Bersama Ivan Lanin


Belajar Bahasa Indonesia bersama Ivan Lanin


Pernah tidak kalian merasakan bingung saat mengerjakan soal ujian Bahasa Indonesia di sekolah? Aneh ya, meskipun Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan di Negara Kesatuan Republik Indonesia tapi ada banyak orang yang merasa kesulitan seperti itu ketika mengerjakan ujian Bahasa Indonesia. Seharusnya lebih mudah karena bahasanya kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini pula yang dirasakan oleh Ivan Lanin, seorang laki-laki keahiran Jakarta 43 tahun yang lalu ketika dirinya menulis untuk Wikipedia Indonesia di tahun 2006. Dia merasa kemampuan Bahasa Inggris lebih baik daripada kemampuan Bahasa Indonesia nya, keresahan ini kemudian membuat dia mulai menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, khususnya untuk penggunaan kosakata.

Kalau teman-teman senang membuka akun twitter, bisa berkunjung ke @ivanlanin untuk melihat bagaimana warganet bercengkrama dengan nya.

Spoiler for :


Karena dia juga ramah dan hobi membalas twit dari pengikut akun twitter-nya juga warganet yang lain. Bukan, interaksi Ivan Lanin dengan warganet bukan seperti kebanyakan orang karena dia menyisihkan waktu di akhir pekan untuk kegiatan semacam "konsultasi bahasa" lewat twitter.

Hebat ya? Pasti lulusan jurusan Bahasa Indonesia.

Yang membuat Ivan Lanin menjadi hebat adalah karena dia bukan alumni jurusan Bahasa Indonesia, melainkan jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung. Dari Teknik ke Bahasa jauh sekali ya?

Spoiler for :


Terima kasih kepada Uda Ivan-nama panggilan warganet untuk dia di twitter-yang akhirnya menyadarkan saya tentang penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Walaupun pada praktiknya masih sangat jarang sekali saya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar hehehe

Di laman berita daring, Ivan disebut sebagai "KBBI Berjalan" juga "Polisi Bahasa" meski dia sendiri enggan menerimanya.

Setelah sekian lama mengikuti akun twitter Ivan Lanin, ada beberapa kosakata yang sangat asing bagi saya tapi ternyata sudah ada sejak dulu di dalam KBBI atau cara menulis beberapa kosakata yang benar.

contohnya: penulisan kata "Terima kasih" yang benar itu dipisah bukan disatukan seperti "terimakasih" dan penulisan "insyaallah" yang sesuai dengan KBBI adalah "insyaallah" bukan Insha Allah atau Insya Allah, cek gambar untuk penjelasan yang lebih lengkap.

Spoiler for :


Ada kata renjana dalam KBBI yang berarti rasa hati yang kuat, aliran langsung bisa kita gunakan sebagai pengganti live streaming atau utas untuk kata thread.

Kemudian mungkin kawan-kawan belum mengetahuinya, pengganti kata "mouse" dalam perangkat keras komputer dalam KBBI adalah tetikus dan grepe ada kata baku nya yaitu gerepe.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh yang ada di akun twitter Ivan Lanin, namun saya kira kawan-kawan bisa mulai mengikuti akun resmi Ivan Lanin dan bertanya langsung padanya apabila menemukan kesulitan terkait Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Terima kasih.

sumber: twitterini dan ini



Quote:

0
14.3K
108
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan