dewaagniAvatar border
TS
dewaagni
Juli Ini, Penganut Kepecayaan Bisa Isi Data di E-KTP
Juli Ini, Penganut Kepecayaan Bisa Isi Data di E-KTP

04-07-2018 - 13:27



Deputi di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh saat berada di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Bulan Juli ini, warga penganut kepercayaan di Kota Batu bisa mulai memproses status di kolom kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Kolom di E-KTP itu tertulis kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh saat meninjau pelayanan administrasi kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu di kompleks Balai Kota Among Tani. “Juli dilakukan plendataan penghayat dimasukkan pada kolom E-KTP,” ungkap Zudan.

Ia menjelaskan alasan keterangan kolom kepercayaan diisi dengan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sebab, hal tersebut cukup sensitif.

“Tidak disebutkan organisasinya. Misalnya Sapto Darmo. Tidak disebutkan seperti itu. Jadi satu penghayat kepercayaan,” imbuhnya. 

Hal ini sudah dirapatkan di tingkat kabinet secara terbatas. Sehingga bagi warga yang menganut kepercayaan bisa melakukan pendataan di kantor dispendukcapil.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Batu Maulidiono menambahkan, hingga saat ini masih belum ada warga Kota Batu yang melakukan pendataan terkait penganut kepercayaan ini. “Data belum masuk, karena hal ini sesuatu yang sensitif sehingga warga harus datang untuk melakukan pendataan,” ungkap dia. (*)

http://m.malangtimes.com/baca/29040/...-data-di-ektp/

Berita bagus nih, tapi alangkah baiknya dihapus aja kolom agama di ktp
0
1.2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan