nyai.dasimah99Avatar border
TS
nyai.dasimah99
Seratus Warga di Meruyung, Depok, Lumpuh Mendadak
SEKITAR seratus warga dari tiga RW di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, yakni RW 5, RW 6 dan RW 7, tiba-tiba mengalami sakit hebat di seluruh persendiannya hingga tak bisa digerakkan seperti lumpuh, dalam tiga pekan terakhir ini.

Dari hasil pemeriksaan diketahui parawarga yang seketika seperti lumpuh itu terserang penyakit chikungunya, akibat gigitan nyamuk aaedes aegypti.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Lies Karmawati menuturkan parawarga di tiga RW di Kelurahan Meruyung itu dipastikan suspect chikungunya.

"Dimana salah satu gejalanya adalah rasa sakit yang hebat, sehingga penderitanya tidak bisa menggerakkan anggota badannya karena kesakitan. Jadi bukan lumpuh," kata Lies kepada Warta Kota, Jumat (29/6/2018) malam.

Ia mengatakan laporan hasil investigasi pihaknya dari 30 warga di RW 6, Kelurahan Meruyung, yang diduga suspect chikungunya setelah dilakukan pemeriksaan, sebanyak 8 orang masih terserang sakit suspek cikungunya dan diambil sampel darahnya oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kemenkes

"Sedangkan penderita yg lain suspek paratypoid, dan rhematoid atritis," kata Lies.

Menurutnya dari hasil pemeriksaan jentik di 12 rumah, sebanyak 8 runah positif jentk.

"Lingkungan di wilayah Kelurahan Meruyung, RW 6, banyak sekali sampah. Saluran air yang tidak mengalir dan lingkungan yang kurang sehat," katanya.

Lies mengatakan Jumat ini telah dilakukan fogging dan fokus ke penderita dari Puskesmas.

"Juga sudah dilakukan penyuluhan ke masyarakat, RT/RW, dan ada rencana untuk Kerja bakti, dan pembasmian sarang nyamuk," katanya.

Sementara itu Tenaga Penggerak Kelurahan (TPK) Meruyung, Salbia Wati menjelaskan, sebelum hari raya Idul Fitri 1439 Hijriyah ada seorang Ketua RT di RW 5 Meruyung, melaporkan ada warga yang merasa persendiannya sakit.

"Setelah diperiksa ternyata terkena chikungunya. Karena berdekatan, chikungunya mewabah ke RW6. Di RW5 sudah ditangani dengan memfogging. Di RW 5 ada 70 warga yang terjangkit tapi semunya sudah berangsur baik,” kata dia.(bum)

Sumber
0
1.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan