rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
Peta yang (katanya) paling indah yang pernah dibuat dalam sejarah.




Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :



Dulu, katanya, map atau peta dibikin bukan cuma sebagai penunjuk arah dan kondisi geografis. Dulu banget dizaman belum ada teknologi GPS kayak sekarang, map atau peta dibikin juga untuk tujuan estetika dan keindahan. gak salah kalau zaman dulu memiliki sebuah peta artinya memiliki sebuah barang mewah. coba liat dulu beberapa peta zaman dulu yang ada dibawah deh:

emoticon-Bukan IGOemoticon-Bukan IGO emoticon-Bukan IGO

Planisphaerium Arateum Sive Compages Orbium Mundanorum Ex Hypothesi Aratea In Plano Expressa



Planisphere Aratus, atau komposisi orbit surgawi adalah sebuah peta yang didasarkan pada hipotesis Aratus. Peta ini dirancang oleh Andreas Cellarius dan diterbitkan pada 1660 sebagai bagian dari Harmonia Macrocosmica (harmoni makrokosmos). Model alam semesta menurut astronom dan penyair Yunani (Aratus) tersebut digambarkan melalui peta ini. Di peta ini terlihat kalau bumi lah yang jadi pusat alam semesta dan matahari, bulan, serta planet lain mengorbit disekitarnya. Katanya ini peta terindah dizaman dulu. tapi ya gitu deh setelah kenyataannya sekarang diketahui kalau bumi bukan pusat dari alam semesta.

emoticon-Bukan IGO

The Cedid Atlas Tercumesi



Selim III, seorang sultan dari kerjaan Ottoman, melakukan banyak perubahan dan modernisasi selama pemerintahannya, termasuk menggambar Atlas ini yang kemudian dianggap sebagai atlas terlengkap pertama yang dicetak oleh kaum Muslim. Atlas ini ditulis dengan bergaya Eropa dan dicetak dalam jumlah sangat terbatas (hanya 50 eksemplar). Langka banget? iya. Selain itu peta ini juga gak ditulis diatas kertas tapi ditulis diatas kain jadi lebih tahan lama.

emoticon-Bukan IGO

Fantasy Map Of Sarkamand



Peta yang ini agak beda karena digambar menggunakan photoshop dan illustrator oleh Robert Altbauer. Robert mengggambar mengunakan huruf Arabic dan nama Sarkamand merujuk pada kota Uzbekistan zaman sekarang. Katanya sih Robert emang sudah terkenal dalam menggambar peta untuk games, acara televisi, dan novel fantasi.

emoticon-Bukan IGO

An Ancient Mappe Of Fairyland



Peta ini dibuat tahun 1918, menggambarkan sebuah pulau yang katanya jadi lokasi dari puluhan mitos, dongeng, dan cerita rakyat berasal. Mitos ini bersumber kebanyakan dari orang-orang Inggris tapi ada juga yang bersumber dari mitos Yunani dan Jerman. Di peta ini bisa terlihat Kerajaan Oberon dari Midsummer Night Dream, makam King Arthur, pondok Red Riding, Tom Thumb, Monsalvat (tempat dimana Holy Grail dijaga oleh Grail Knight), dan kapal Ulysses.

emoticon-Bukan IGO

Duke’s Plan Of New York



Di tahun 1664, Inggris berhasil merebut kota New York dari Belanda. Di peta ini terlihat kalau memang ejaan yang digunakan merupakan ejaan kuno dan juga terlihat beberapa tempat seperti sungai Hudson, Longe Iseland, dan Mannados. Designya disalain dari peta belanda yang sudah ada sebelumnya dengan ditambahkan beberapa ornamen baru untuk menunjukkan kalau daerah tersebut merupakan daerah kepemilikan inggris. Peta ini dulunya dibuat untuk Duke Of York yang jadi pemimpin daerah tersebut dan katanya yang menamai kota New York sekarang.

emoticon-Bukan IGO

Cheonhado



Peta ini dibuat di Korea pada tahun 1800 dan dikenal sebagai CheonHado. Istilah ini artinya adalah peta lengkap dari bawah surga" dan menunjukkan posisi gunung meru sebagai pusat peradaban. Dalam kepercayaan Budha, Gunung meru ini merupakan pusat spiritual alam semesta.

emoticon-Bukan IGO

Yongying County In China



Peta ini dibuat di China tahun 1734 -1779 dan memperlihatkan sistem perairan Yongying County di China. Gak kayak peta-peta lain, arah utara dipeta ini ada dibawah sedangkan arah selatan ada di atas. Peta ini ditulis diatas sutra.

emoticon-Bukan IGO

Leo Belgicus



Tahun 1583, Michael Aitzinger menggambar sebuah peta yang menggambarkan kondisi dari Belanda, Luxembourg, dan Belgia berbentuk singa. Lambang singa ini populer banget zaman dulu dan sering dijadikan lambang beberapa instansi penting. Peta ini disebut sebagai Leo Belgicus.

emoticon-Bukan IGO

Geological Investigation Of The Alluvial Valley Of The Lower Mississippi River



Pada tahun 1944, seorang profesor geologi bernama Harold Norman Fisk mempublikasikan sebuah laporan engineering yang termasuk didalammnya sebuah peta yang menggambarkan sungai missisipi yang terlihat seperti permen kapas, jaringan otot, dan ya kayak lukisan abstrak gitu, Fisk dan timnya menggunakan sampel tanah sebanyak 16.000 dari berbagai lokasi sungai untuk mendapatkan pola aliran kuno yang terjadi disana.

emoticon-Bukan IGO

Book Of Navigation



Seorang Laksamana Ottoman bernama Piri Reis banyak menggambar peta sebagai koleksi dari Book Of Navigation yang diterbitkan tahun 1521. Peta ini menggambarkan ketepatan dan manuskrip daerah kekuaasan ottoman. Sebelumnya Reis sudah menerbitkan peta dunia pertama yang mencakup Amerika Utara dan Selatan. Peta ini secara akurat memperlihatkan daerah antartika dan menjadi bukti kalau manusia sudah melakukan perjalanan kesana jauh sebelum ada catatan sejarah.

emoticon-Bukan IGO

Peta Nami





Yang ini bonus aja sih.


emoticon-Bukan IGO emoticon-Bukan IGO emoticon-Bukan IGO




Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles




Sinopsis:
Ditahun 2025 terjadi kekacauan besar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pandemi virus yang semakin memburuk, serangan teror, unjuk rasa, banyak orang harus kehilangan keluarga dan mata pencarian, sampai akhirnya pemerintah menetapkan status darurat nasional untuk menghentikan semua aktifitas yang dapat membahayakan warga. Ditengah kekacauan ini, Rendy dan Bianca bertemu dengan Mr.Klaus yang akan merubah hidup mereka dan membawa mereka pada petualangan baru di Desa Praijing, Sumba. Siapakah yang akan memperbaiki keadaan tersebut? Apakah kekacauan tersebut bisa diselesaikan? Siapakah sebenernya Mr.Klaus?

On going
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles


Note:Ceritanya mengandung unsur kekerasan dan adegan dewasa jadi mohon pengertiannya gaiz
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty






Diubah oleh rendyprasetyyo 17-06-2020 18:50
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
32.5K
267
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan