banyakmikir
TS
banyakmikir
Rupiah Kembali Melemah, Apa yang Perlu Dilakukan?


REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada penutupan Jumat (8/6) kembali melemah 27 poin, dari Rp 13.875 per dolar AS sehari sebelumnya menjadi Rp 13.903 per dolar AS. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali, Causa Iman Karana mengatakan penilaian nilai tukar rupiah saat ini masih bersifat sementara (temporary).

Pasar masih fluktuatif karena kondisi eksternal dan internal. "Koordinasi dengan pemerintah di berbagai level dilakukan. Akumulasi cadangan devisa diperhatikan, caranya dengan mendorong ekspor, mengurangi impor, atau menyubtitusi impor," kata Causa, Sabtu (9/6).

Bank Indonesia, sebut Causa tentunya merespons dengan langkah preemptive atau hati-hati dan terukur untuk mencermati risiko eksternal. Pelaku pasar menunggu dan mengamati pengumuman kebijakan moneter The Fed pekan depan untuk mengetahui proyeksi berapa kali lagi suku bunga akan dinaikkan tahun ini.

Causa mengatakan kenaikan suku bunga pertama di AS direspons pasar, terutama negara berkembang (emerging market), seperti Brasil, Turki, dan Filipina. Kurs mata uang di negara-negara tersebut juga melemah, bahkan depresiasinya lebih besar dibanding Indonesia. "Jadi, sebetulnya nilai tukar kita masih terkendali," kata Causa.

Bank Indonesia baru-baru ini menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bsp) menjadi 4,75 persen. Kebijakan ini diambil oleh Gubernur BI baru dilantik, Perry Warjiyo empat hari pascapelantikan. Causa menilai makroekonomi Indonesia masih bagus. "Kita masih punya ruang cukup lebar untuk antisipasi ke depan," katanya.

https://m.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/18/06/09/pa1h1a415-rupiah-kembali-melemah-apa-yang-perlu-dilakukan

Yang perlu dilakukan ya tahu sendirilah,yg saat ini tagar2 dikaos2 dllemoticon-Wakaka
0
3.1K
53
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan