primechiefAvatar border
TS
primechief
ARM Janjikan Arsitektur Terbaru Bakal Setara Dengan Laptop di Tahun 2019!!! Masup Yok


Seperti yang kita ketahui di bidang Mobile Computing seperti laptop dan convertible laptop, Intel dan AMD atau technically x86 adalah rajanya, secara default desain arsitektur inilah yang menguasai pasaran laptop saat ini namun nampaknya untuk beberapa tahun kedepan pasaran ini bakalan digoyahkan oleh penguasa dari negeri sebrang "ARM".

Perusahaan pendesain chip ini telah meluncurkan desain prosesor berkinerja tinggi terbaru mereka, Cortex-A76. ARM mengklaim bahwa A76 mempunyai kecepatan 35 % lebih cepat daripada Cortex-A75 saat ini dan hal ini datang dengan peningkatan efisiensi sebesar up to 40% dibanding pendahulunya , membuat kinerjanya sebanding dengan prosesor Intel Skylake i5.



Arsitektur Cortex-A76 ini sendiri secara default akan berjalan pada kecepatan 3 GHz dan diproyeksi untuk dibuat dengan fabrikasi 7nm. Seperti yang TS lansir dari Arstechnica, Cortex-A76 akan kurang lebih mampu menyamai performa dari Intel Core i5-7300.

FYI, Core i5-7300 ini adalah prosesor berbasis 2 inti/core, 4 thread, dan berjalan dikisaran 2.6 and 3.5 GHz menggunakan arsitektur Kaby Lake yang dirilis kuarter pertama tahun 2017.



Mark Filippo, ARM Lead Processor Architect seperti yang disadur dari Cnet mengatakan bahwa alasan desain prosesor terbaru ini lebih cepat karena Cortex-A76 dapat memproses lebih banyak instruksi secara paralel(sekitar 4 instruksi). Desain chip juga mempercepat komunikasi memori dan meningkatkan kemampuannya untuk mendapatkan lompatan pada instruksi pemrosesan mendatang yang akan ditangani.

Dengan semakin maraknya penggunaan Artifical Intelligence di berbagai macam lini produk elektronik termasuk smartphone, ARM juga mengatakan bahwa pemrosesan machine learning Cortex-A76 akan menjadi 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan Cortex-A75 saat ini. Dengan performa yang mumpuni dan semua feature yang ditawarkan ini, ARM bahkan mengklaim kalau arsitektur terbaru ini akan menawarkan performance setara "kelas laptop".



Selain Prosesor, ARM juga mengumumkan 2 chip pendamping prosesorsor tersebut yaitu Mali-G76 dan Mali-V76 . Khusus untuk Mali-G76, chip ini menawarkan peningkatan pengolahan grafis dan efisiensinya sebanyak 30% bahkan diklaim oleh Google yang sudah mengujinya untuk program DayDream mereka sebagai setara dengan grafis konsol current generation.

Sedangkan Mali-V76 yang merupakan penerus Mali-V61, dapat menghasilkan video resolusi 8K dengan 60FPS dan 4K dengan 120 FPS serta peningkatan encoding sebanyak 25% dan decode 2 kali lipat. Dengan Cortex-A76, ARM memulainya dengan desain yang lebih fresh selain itu menurut Mark Filippo akan ada perbaikan di desain selanjutnya dengan penerusnya. "A76 adalah monster, dan itu hanya permulaan," kata Mark seperti disadur dari Cnet.



Akhir kata TS hanya mau bilang kalau perkembangan ARM cukup cepat dan mampu menutup gap dengan x86(Intel/AMD) dalam hal performance, tapi untuk gaming kayaknya belom deh. Lain lagi kalau ultrabook buat nonton atau browsing sudah bisa nih plus keunggulan lainnya yaitu tahan lama.

Kalau menurut kaskuser dimari gimana? apakah gansis bakalan upgrade(sekaligus HP-nya) atau pake ultrabook berbasis ARM di tahun mendatang, apalagi dengan arsitektur baru ini ? Monggo Komennya emoticon-Big Grin

Sumber: Ini, Ini, Dan Ini
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
97K
233
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan