nanairoAvatar border
TS
nanairo
[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam


Kita tentu pernah bermain di taman semasa kecil hingga dewasa 'kan? Biasanya kita menghabiskan waktu di sana untuk bermain, berolahraga, bercengkerama, atau sekadar untuk menghirup udara segar.

Kenangan semasa kecil banyak terbentuk di taman, baik itu taman bermain, taman kota, maupun kebun raya. Bagaimana pun juga, taman berperan penting membentuk lingkungan masyarakat yang sehat dan bahagia.




Berikut ini tujuh alasan mengapa taman penting bagi lingkungan kita, termasuk kota-kota di Indonesia perlu memperhatikan keberadaan taman-taman tersebut.

* * *


1. Penyerap Air Hujan



Lahan yang belum diaspal mampu menyerap air, keberadaan pohon dan rumput di sekelilingnya akan menambah daya serap air di daerah tersebut. Pohon dan rumput adalah metode yang jauh lebih efisien dan lebih murah daripada mengelola air hujan menggunakan selokan atau drainase yang terbuat dari beton.



Saat cuaca ekstrem meningkat, keberadaan taman tentu akan sangat membantu mengurangi risiko banjir.

2. Pusat Kegiatan Berbagai Komunitas



Taman menyediakan ruang bagi warga untuk berinteraksi satu sama lain bahkan bertemu dengan orang baru. Siapa pun bisa terlibat dalam kegiatan yang diselenggarakan di taman seperti piknik bersama, konser, bazaar, atau apapun sesuai kebutuhan komunitas.

Sayangnya, pengelolaan taman di ebebrapa daerah masih terbengkalai dan asal jadi, akibatnya sering disalahgunakan oleh segelintir pemuda-pemudi. Padahal, aktivitas remaja dapat disalurkan secara positif di taman.


3. Udara Bersih untuk Semua



Taman yang berisi beragam pohon mampu mengurangi polutan di udara. Polusi udara dapat meningkatkan risiko kanker dan tentunya berefek buruk terhadap kesehatan warga terutama anak-anak dan lansia.

Semakin banyak pohon berkembang biak dan dirawat di suatu daerah, semakin baik kualitas udara di daerah tersebut dan semakin rendah tingkat pencemarannya. BEgitupun sebaliknya.


4. Perawatan Kesehatan Mental



Paparan langsung ke alam dan interaksi kepada makhluk hidup tentu berdampak positif terhadap kesehatan mental seseorang. Itulah yang kadang luput dari pengamatan banyak orang, bahwa taman berperan penting untuk mengurangi stres dan meningkatkan taraf kebahagiaan.

Sebuah studi di Finlandia menemukan bahwa menghabiskan waktu sepuluh menit di taman atau area hutan kota bisa mengurangi stres secara nyata.


__________

__________

5. Tempat Berolahraga



Kalian mungkin pernah mendengar bahwa banyak masalah yang disebabkan akibat kurangnya aktivitas fisik. Gaya hidup malas-malasan ditambah pola makan yang tidak sehat rentan akan obesitas, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Taman membuat lingkungan lebih menyenangkan untuk dilalui karena menyediakan ruang untuk olahraga. Keberadaan jalur jogging, lapangan bola, serta fasilitas olahraga lainnya tentu akan merangsang masyarakat untuk lebih aktif.

Manfaat taman kian terasa terutama bagi keluarga berpenghasilan rendah yang belum mampu membayar keanggotaan gym atau kelas olahraga.


6. Tempat Beraktivitas Anak di Luar Rumah



Berada di luar dan bermain di alam sangat penting untuk perkembangan anak-anak yang sehat. Belajar bermain di alam meningkatkan koordinasi mata, tangan, dan kaki. Waktu yang teratur di alam juga meningkatkan kemampuan anak untuk belajar, mengurangi gejala ADHD, dan melatih otak untuk fokus lebih baik. Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di alam juga mengalami stabilitas emosi yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan mental.



Taman juga memberikan peluang besar bagi orangtua untuk menjalin ikatan dengan anak-anak, dan bagi anak-anak untuk mendapatkan teman baru di lingkungan sekitar. Anak pun dapat diajarkan untuk menghargai keberadaan alam di sekitarnya.



7. Tempat Terjaganya Ekosistem Alami



Kebutuhan akan taman yang lebih baik apabila bukan hanya tentang manusianya. Setiap taman memiliki ekosistem sendiri. Mereka menyediakan habitat alami bagi banyak hewan yang berbeda. Seiring pertumbuhan kota, semakin banyak hewan ini menemukan diri mereka tanpa rumah.

Membangun jaringan taman yang sehat di ialah salah satu cara utama manusia melindungi kelestarian ekosistem alami. Ini juga membuat taman tempat yang bagus untuk mengajar anak-anak tentang lingkungan dan pentingnya melestarikan ekosistem alami.


* * *



Masih berpikir ulang ketika ingin mengunjungi taman di daerahmu? Jangan ragu! Yuk hidupkan taman dengan berbagai kegiatan bermanfaat, yang menyehatkan lagi membahagiakan.


Polling
Poll ini sudah ditutup. - 8 suara
Biasanya apa tujuanmu pergi ke taman?
Olahraga
25%
Kumpul bareng komunitas
13%
Bermain sama keluarga
0%
Meditasi atau Yoga
0%
Cari udara segar
50%
Pacaran
13%
Cuci mata
0%
Diubah oleh nanairo 16-05-2018 06:06
0
2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan