kokbisa.co.idAvatar border
TS
kokbisa.co.id
5 Penampakan Hewan Paling Langka yang Terekam Kamera
.
Hewan langka merupakan hewan yang populasinya terbilang sangat sedikit dan susah untuk dicari. Namun meskipun sulit ditemukan, ada juga dari mereka yang sempat terlihat dan terekam oleh kamera.

Seperti yang dilansir dari sumber youtube.com/TheShinyPeanut (18/08/2017) berikut ini adalah 5 penampakan hewan paling langka dan terekam kamera.

5. Cacing kapal


Referensi pihak ketiga
Cacing raksasa satu ini hidup dalam suatu cangkang keras, terbenam jauh di dalam lumpur yang menjadi sumber makanannya. Panjang makhluk langka satu ini bisa mencapai hingga 1,5 meter dan berdiameter 6 cm.

Walaupun disebut sebagai cacing kapal atau shipworm, sebenarnya hewan satu ini adalah sebangsa moluska dalam rumpun yang sama seperti kerang dan remis.

Makhluk ini menciptakan sendiri cangkang tabungnya yang keras, yang terbuat dari kalsium karbonat dengan mengeluarkan suatu zat.

Hewan kali ini ditemukan terakhir kali oleh sekelompok ilmuwan di perairan Filipina.

4. Kucing Pallas


Referensi pihak ketiga
Kucing pallas yang juga dikenal sebagai manul ini merupakan kucing yang langka bahkan terancam punah.

Kucing satu ini memiliki ukuran yang kurang lebih sama dengan kucing rumahan. Bulu mereka pun panjang dan sangat tebal.

Dan uniknya telinga mereka ada di posisi yang rendah, yang memudahkan mereka untuk bersembunyi saat mengintai mangsa.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktu bersembunyi di celah batu dan membuat sarang di habitat mereka yang berada di ketinggian lebih dari 15 ribu kaki di bawah dataran rumput Asia tengah.

3. Vaquita


Referensi pihak ketiga
Hewan satu ini memiliki tubuh agak gempal dan memiliki ciri khas seperti lumba-lumba. Namun spesies ini bisa dibedakan dengan lingkaran hitam di sekitar mata dan bibir mereka.

Tetapi sayangnya binatang imut yang satu ini juga terancam punah. Vaquita terdaftar sebagai hewan terancam punah karena diperkirakan jumlah individu yang menurun hingga di bawah 100 pada tahun 2014.

Penurunan populasi sebagian besar disebabkan oleh pemancingan yang ilegal. Duh, kasihan sekali ya hewan imut satu ini.

2. Rusa putih


Referensi pihak ketiga
Baru-baru ini seorang pria Swedia bernama Hans Nilsson menemukan rusa putih yang sangat langka lalu dia merekamnya.

Penemuan ini bukannya tanpa sengaja, dia bahkan mencari hewan langka ini selama 3 tahun dan akhirnya dia berhasil merekam momen ketika hewan tersebut berada di pinggir sebuah sungai.

Ia lalu mengunggah video tersebut ke akun Facebooknya. Dan sontak saja videonya menjadi viral di negaranya.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena menurut para penelitian rusa putih ini hanya tersisa 100 ekor saja di seluruh Swedia.

1. Lumba-lumba pink


Referensi pihak ketiga
Seperti yang selama ini kita ketahui kalau lumba-lumba biasanya berwarna hitam atau abu-abu. Tetapi apakah kalian tahu kalau sebenarnya ada spesies lumba-lumba yang berwarna pink.

Lumba-lumba ini memang benar-benar berwarna pink atau merah muda. Lumba-lumba ini sebenarnya sudah lama eksis, hanya dikarenakan jumlah mereka yang sangat sedikit dan jarang ditemukan sehingga membuatnya menjadi hewan yang sangat langka.

Hewan ini bisa ditemui di perairan Hongkong, Thailand, sampai Vietnam. Tetapi sayang beribu sayang, lumba-lumba pink satu ini justru dalam status terancam punah. Bahkan di tahun 2014 populasinya hanya tinggal 60 ekor saja.



Itulah tadi 5 penampakan hewan paling langka dan terekam kamera. Sayang sekai ya mereka harus terancam punah. Sebagai seorang manusia, sudah seharusnya kita harus menjaga dan melestarikan flora dan fauna kita.

Jangan lupa untuk memberikan komentar kalian di bawah, jika kalian mempunyai referensi unik dan pembahasan menarik lainnya dalam bidang sains dan ilmu pengetahuan.


Referensi:

1. Youtube Channel The Shiny Peanut

2. National Geographic Indonesia

3. Kompas Sains
0
46.5K
340
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan