pendakiedanAvatar border
TS
pendakiedan
Mengenal Acute Mountain Sickness


Acute Mountain Sickness (AMS) merupakan penyakit akibat ketinggian yang memasuki tahap akut, ini merupakan bentuk umum terjadi kepada orang-orang yang belum terbiasa dengan ketinggian tertentu. Biasanya menyerang pada ketinggian di atas 2.400 mdpl.

Bagi orang yang biasa hidup di dataran rendah, AMS sangat lumrah menyerang. Selain itu pada orang yang tidak terbiasa dengan udara dingin seperti pengidap penyakit paru-paru juga dapat menyerang. Daya tahan tubuh juga menjadi penyebab, maka disarankan seseorang sebelum mendaki untuk melatih fisik dan daya tahan tubuhnya. Dan yang terakhir adalah usia, orang yang lebih muda lebih sering terkena penyakit ketinggian daripada orang yang lebih tua.

AMS sangat dikhawatirkan oleh para pendaki, karena jika sudah terserang badan akan tersiksa. Sakit kepala, sesak nafas, muntah, mual, sulit tidur, kelelaan dan nafsu makan berkurang. Itu merupakan tanda-tanda seseorang mulai terkena AMS. Pada tahap yang parah seseorang harus dievakuasi.

Selain tanda-tanda tersebut, gejala lain yang dirasakan seseorang yang terkena AMS di antaranya kesulitan bernapas yang sangat parah, keluar caran merah dan berbusa saat batuk, kebingungan dan sulit berjalan. Hal tersebut tentunya sangat menyiksa dan tidak diinginkan setiap pendaki.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Umumnya, seseorang yang terkena AMS segera dibawa ke tempat yang lebih rendah untuk mendapatkan terapi oksigen. Biasanya satu sampai tiga hari ia harus istirahat sampai kondisi benar-benar pulih. Berikan juga obat pereda sakit seperti parasetamol dan aspirin. Jika kondisi sangat parah, berikan obat acetazolamide dan nifedipine. Dan jika diusahakn bisa mendapatkan penanganan dokter, akan sangat lebih baik.


Quote:



Source: gunung.net
Diubah oleh pendakiedan 21-05-2018 12:24
0
10K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan