CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Timor, Laris dalam Setahun dan Langsung Bangkrut di Tahun Berikutnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b02053d5a5163e25e8b4577/timor-laris-dalam-setahun-dan-langsung-bangkrut-di-tahun-berikutnya

Timor, Laris dalam Setahun dan Langsung Bangkrut di Tahun Berikutnya

Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 16
saat itu harga 35Juta KEMAHALAN utk barang yang "kaytanya" bebas bea impor emoticon-Busa:
mosok ama Great Corolla Gress aja cuman selisih 5 juta? emoticon-Cape d...
dikibulin ama Tommy n cendana emoticon-Najis
Quote:


ada trit isi gif begini gak sih emoticon-Leh Uga
mayan buat ngakak
Quote:


ya gan timor s/kia sephia itu bentuknya nggak membosenin rounded membulat nggak kaku modelnya endless masuk ke tiap jaman seperti model toyota great corolla, cuma masuknya ke Indonesia tidak tepat itu saja sih
banyak orang bilang "itu hanya beli license dan ganti merek serta logo" dengan nama yang ke-indonesiaan.

emoticon-Toast
Quote:


Justru disitu permasalahannya. Mobil Timor diistimewakan oleh pemerintah dengan tidak dibebankan pajak, sementara mobil impor lain dibebankan pajak oleh pemerintah. Diskriminasi kan? Itulah yang dilarang oleh WTO dimana Indonesia sebagai anggota di dalamnya. emoticon-Cape d... (S)

ga ada hubungannya antara blok barat dan timur, ngawur ente kebnayakan baca buku konspirasi. emoticon-Ngakak
Quote:


Sama sama om, ditunggu next trit kualitasnya emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:


35jt itu harga kijang super 1800cc grand extra, kalau harga great corolla sudah tembus 70jtan
Quote:


TS tolong taruh di pejwan. Ini sebagai alasan (SAH) kenapa Mobil Timor diprotes banyak produsen luar dan akhirnya Indonesia memberhentikan produksi mobil tsbt. emoticon-Embarrassment
Sekalian juga buat belajar biar ga asal cuap2x apalagi soal konspirasi emoticon-Embarrassment
v
v
v
v
Quote:
Quote:


Masalahnya ada di CBU nya bro. Wong kalo pretelan aja kena pajak. Masak CBU engga. Wong yg produksi dalam negeri aja kena pajak, masak CBU engga. Kan lucu bro
di Indonesia itu anehh... contoh Jepang, mereka akan melindungi pengusaha/perusahaan rintisan anak negeri baik dari pemerintah atau penduduknya... Makanya wallmart bangkrut pas coba di Jepang..

Coba di Indonesia, lebih bangga pake produk luar daripada bangsa sendiri... Kadang juga aneh, malah mendukung usaha bangsa lain, contohnya ojol, buat apa Inkopol kerjasama dengan grab? Kenapa mereka gak memprioritaskan startup bangsa sendiri yakni gocar?


Quote:

Sepakat gan, industri motor bakar banyak pihak yang terkait pasti ngga mau sunset cepet2. Who killed the electric cars? Sudah saatnya kita beralih ke renewable energy
Quote:


lah timor kan pada dasarnya memang industri yang di istimewa kan pemerintah saat itu, yang namanya istimewa kan artinya dibedakan dengan yang lain, langkah mau meng istimewakan nya itu yang tidak di sukai pihak barat dan kawan-kawan seperti jepang, perancis, jerman barat, ente juga tau kan negara-negara itu yang menguasai dunia otomotif di Indonesia, coba ada merk mobil dari blok timur yang masuk ke Indonesia? tidak ada kan, dan tiba-tiba pasar mereka mendadak di rusak oleh timor yang notabene timor hanya menjual di dalam negeri saja lalu kenapa pihak lain sewot padahal cuma di jual di dalam negeri saja?? Indonesia negara berdaulat bisa menentukan kebijakan sendiri di dalam negeri nya, tapi kenyataaan nya kan tidak bisa walau cuma untuk menjual mobil doang..nah coba bandingkan dengan malaysia mereka punya proyek mobil nasional namanya proton, sama proton pun begitu awalnya impor tapi kenapa malaysia sukses dengan mobil nasional nya sementara Indonesia tidak? karena malaysia membuka proyek mobil nasional waktu nya tepat yaitu tahun 80, ente coba lihat sejarah di mana tahun 80an adalah dimana dua kekuatan besar dunia lagi gencar-gencar nya menanamkan pengaruhnya di berbagai negara bahkan sampai cold war segala, dengan kata lain saat itu bagi negara-negara berkembang lagi dapat discount sale gede-gede an dari adanya persaingan dua blok itu, jadi apapun mau ente saat itu ente bakal diberi asal ente nggak berpaling ke pihak lain, begitu gan..jadi ente jangan asal ngomong ini itu konspirasi ya gan, gunakan nalar baca sejarah dan berpikir oke gan
Jadi keinget mobil esemka emoticon-Berduka (S)
Quote:


Hiya dab emoticon-Shakehand2
Quote:


belum gan, waktu itu bokap beli 37 atau 38 gw lupa,
kisaran segitu
Quote:


Catet gan, Mobil Timor keluar melalui inpres tahun 1996. Saat itu Indonesia udah jadi anggota WTO yg artinya terikat pada GATT 1994. Di GATT 1994 ga boleh mengistimewakan produk dalam negeri karena prinsip National Treatement.

Coba pelajari lagi kasusnya Proton. Meskipun kata ente Malaysia juga awalnya copy paste mobil luar, tapi itu dilakukan Malaysia tahun 1980an, ketika WTO belum terbentuk dan GATT 1948 belum sekompleks GATT 1994. Nah komposisi mobil proton Malaysia, sewaktu Malaysia join WTO, itu klo gw ga salah 70% dalam negeri, sisanya dari luar. Dan itu emng diperbolehkan oleh GATT 1994 dan WTO.

Jadi tolong cermati kata2x gw dlu, jgn kemakan konspirasi bla bla bla. Gw bisa ngasi aturan hukum kenapa Mobil Timor dilarang. Kalau lu mau, coba download GATT 1994.pdf, cari bagian National Treatement.

GATT = General Agreement on Tariff and Trade.
Quote:


aduh si agan ini hehehe coba perhatikan periode-periode tahun yang ente sebutin itu, tepat atau tidak tepatkah dengan komen ane sebelumnya?? gatt dan wto itu kan ujungnya produk aturan hukum gan, dalam membuat aturan hukum biasanya kan karena ada hal yang mendorong atau ada tujuan yang ingin di capai dari lahirnya aturan hukum tersebut, siapa yang di untungkan dan di rugikan bisa terlihat gan..nah menurut ente Indonesia di rugikan atau di untungkan?..lalu kenapa Indonesia tetap bertahan jadi anggota wto jika dirasa merugikan? karena gan saat itu mau Indonesia jadi anggota wto ataupun tidak tetap saja Indonesia tidak punya pilihan
Quote:


Tepat sekali
Quote:


Ga punya piliham gimana maksudnya?? emoticon-Ngakak (S)

Udh jelas2x itu pada tahun 1996 Indonesia udh jadi bagian WTO dgn ratifikasi melalui UU No 7 Tahun 1994. Marakesh agreement yang membentuk WTO sendiri mulai berlaku tahun 1995. Jadi udah jelas Indonesia salah langkah dalam kebijakan mobil nasional melalui Inpres tahun 1996.

Di GATT 1994 ada yg namamya Rules of Origin, dimana disebutkan berapa persen komposisi suatu produk agar bisa dicap sbg produk dalam negeri, yaitu klo ga salah 70% harus dari dalam negeri.

Sedangkan Mobil Timor 99% komposisnya berasal dari luar negeri, cuman 1% nya yg dari dalam (logo nya diganti dgn Timor) emoticon-Ngakak (S)

Jangan ngelawak gan pake2x konspirasi segala emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh bibirtembem
Korup & krismon
Halaman 12 dari 16


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di