alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
4.57 stars - based on 23 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57a87e4d1a997572268b4568/klik--komunitas-livina-kaskus----part-5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !

Tampilkan isi Thread
Halaman 227 dari 312
Ane butuh nasehat ini gan, tolong dibantu ya.
Mobil ane GL XV Matic 2008 punya penyakit Mesin getar saat idle (serasa bawa Panther konvensional), namun kalau jalan kecepatan s.d. 140 km/jam juga gak masalah halus dan normal, sepertinya bisa sampai 160 km/jam namun kondisi jalan tidak memungkinkan.
2 Minggu lalu saya bawa ke Anyer gak masalah, walau mesin getar saat idle
Mesin tidak ngebul, oli tidak rembes, mesin normal.
Untuk solusi sudah ane bawa ke 3 bengkel.

1. Ke Jasmin, sarannya turun mesin
2. Ke bengkel spesialis Nissan di Cielungsi: sudah dicek segala macam, mulai dari:
Setting timing, Ganti sensor oksigen, Ganti busi, Ganti koil, Cek injektor, Cek Pompa bensin, Egr, Intake valve timing,
Terakhir ecu/komputernya sudah dicoba. Ternyata mesin tetap getar saat idle. Tinggal turun mesin yang belum.
3, Sabtu kemarin dibawa ke Beres Nissan Cibubur disarankan ganti Koil ke-empat-empatnya


Apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan getar tersebut? Perlu diketahui, GL akan saya bawa mudik sekeluarga ke Surabaya dengan jarak kurleb 800 km. Kalau jadi mau saya bawa ke Banyuwangi.

Mohon sarannya.
Terima kasih
Quote:


Coba dari yang termurah dulu gan ini urutannya,
1. Ganti karet koilnya aja dulu, gak perlu ganti koil. di bukalapak banyak jual. 70ribuan. sambil cek ruang busi kemasukan oli rembes dari seal tutup klep nggak. kalo iya, ganti juga seal tutup klepnya.
2. Bersihkan throttle bodi pakai semprotan, atau manual tapi nanti perlu diset lagi pakai komputer bengkel, ada cara manualnya sih tapi ribet dan harus sabar.
3. Ganti busi. Awas kalo online ada yang palsu. jangan tergiur busi iridium original nissan murah, ane kemaren kena. belum juga 4 bulan sudah botak iridiumnya emoticon-Stick Out Tongue
4. Bongkar filter bensin di tangki. Kocok semprot aja pake kompresor. mau diganti juga boleh kalo belum pernah ganti. 10 tahun gitulho
5. Injector Cleaning / calibration. harus bengkel khusus.
6. Ganti semua engine mounting.
Diubah oleh rawito
Quote:


Lupa2 ingat. Siapa tahu aku ga salah info. Aku pernah punya GL 2008 getar, trus bawa ke tukang kaki2. Ilang getarnya.
permisi gan mohon bantuannya...

ANGL X-Gear 2014 ane tiba2 ga mau di stater, kelistrikannya kyk gak jalan gitu padahal sebelumnya ga pernah ada masalah seperti ini, kira2 ada masalah dimananya ya gan?

oh ya seminggu sebelumnya ane servis di non beres yg spesialis nissan, cuma servis rutin aja sih karena ane juga ga ngerasa ada masalah ama livina ane, kalo ane liat sekilas pas servis itu bengkelnya cuma bersih2in mesinnya gitu trus nambahin air akinya..abis servis pun livina ane juga masih normal2 aja, setelah seminggu ga dipake eh tiba2 ga bisa di starter gini, please help gan yg punya pengalaman yg sama...

kalo ane searching2 di yutub kurang lebih kayak gini gan kondisi mobil ane..

starter


makasih sebelumnya gan buat bantuannya, semoga jadi pahala di bulan ramadhan ini emoticon-Smilie emoticon-Smilie emoticon-Smilie
Diubah oleh takizawa86
Quote:


Paling konektor aki longgar gan. buka dulu, bersihkan siram air panas kepala akinya sedikit2, lalu pasang lagi. kencengin.
buka selalu negatif dulu, pasang positif dulu.

Thanks mas Rawito.
1,3 dan 6 sudah dicek di bengkel dan hasilnya bagus, jadi kemungkinan di 2, 4 dan 5. Mobil ane kalau dibawa ngebut normal, apakah jika poin 2,4 dan 5 bermasalah, ngebut juga normal?
Thanks jawabannya. Semua kaki-kaki sudah di-repair/ganti yang memang perlu di-repair/ganti. Sektor kaki-kaki sudah menghabiskan sekitar 5jt minggu lalu, jadi saya ragu kalau ini penyebabnya
Quote:

Umur aki sudah berapa tahun? Kl langkah bersihan konektor aki, namun listrik tetap tidak berfungsi, Mungkin aki perlu diganti. Indikator engine nyala?

Ada yang tau gak ya hasil emisi CO2 (g/km) untuk Grand Livina terbaru ?
Quote:


oke gan nanti ane coba dulu solusi ini..ane cari dulu tutorial bersihin aki, maklum ga pernah n ga ngerti dunia permobilan hehe emoticon-Embarrassment
Quote:


klo diitung dari umur mobilnya ya brarti sekitar 4 tahun gan, kalo ane liat di daftar buku servisnya sih blm waktunya ganti aki *CMIIW..
indikator engine bukannya selalu nyala gan pas pertama kali distarter?emoticon-Confused
Quote:


kalo filter yang kotor atau fuel pump bermasalah, ngebut juga kerasa sih. kita coret aja.
kalo throttle bodi kotor, ngebut flap terbuka lebar, ya gak ada masalah karena udara lewat lancar. ketika langsam, flap menutup, udara lewat by pass saluran kecil yang kalau kotor jadi brebet sewaktu langsam. sekaligus cek idle up ac kalo gitu, siapa tau sudah jelek.
kalo injektor. bisa saja komponen lemah, sewaktu rpm rendah injeksi jelek, rpm tinggi bagus. makanya perlu kalibrasi.
1 lagi, saya lupa, kalo 1500cc livina ada egr valve, dicek aja kebersihannya. (saya pake 1800 soalnya)
yang termurah bersihkan throttle body dulu saja. modal cleaner semprot.
Diubah oleh rawito
Ada yg pernah alami ga..livina 1.8 ada bunyi gluduk sesekali.bawa ke beres katanya 17juta
Mesti ganti rack steer dll..kok semahal itu ya
Msh nyaman padahal.cuman kdg aja dah bunyi gt pas polisi tidur
Ada ga solusi bengkel lbh murah gan? Kaget ane denger nya service kaki ampe 17juta estimasi nya
Oh ia gan..kalau bisa rekomen bengkel kaki2 livina di jakarta. Atau toko part livina yg terjamin
Siapa tau bs dpt rack steer lbh murah dr beres.
Pusing jg . Ternyata estimasi service kaki2 livina ane di beres mahal banget...ampun dah
Quote:


dicoba cari bengkel kaki yang mau bongkar racksteer, saya sih di bandung di Marathon motor, Jl.Moh.Toha. itu mahal karena sekalian bongkar sayap dan semacam batang stabil, beres maunya ganti baru semua. Kalo di bengkel partikelir bisa dicoba racksteernya di inject stempet sampe penuh. sekalian ganti bushing stabil tadi sama bushing2 sayap karena sekalian bongkarnya. kalo beres, sayap utuh diganti, gak bisa bushing aja.
Quote:


Thanks Agan Rawito atas jawabannya. EGR sudah dicek dan gak masalah, jadi menjurus ke Throttle bodi ma injektor ama.
PR ke Bengkel selanjutnya.

Pagi, gan. Ijin buat ikutan reply di tritnya KLIK nih, gan. Ane mau nyari Livina yg facelift terakhir type XV ato HWS taun 2013 / 2014. Transmisi bebas matic boleh manual boleh. Kali aja agan2 di KLIK ada yg mau dijual boleh tawarin ke ane, gan. Soalnya beberapa kali nyari di Showroom Bekas overprice semua menjelang mau lebaran, gan. Kali aja bisa dapet disini di komunitas sekalian saya ikutan ntar kalo dapet unitnya. Makasih sebelumnya, gan.
Quote:


Gan udah dicoba cara ini, tapi masih ga bisa jugaemoticon-Frown

Kalo di starter bunyinya kyk gini gan



Ada solusi lain gak ya?atau emang harus ganti aki?
Diubah oleh takizawa86
Quote:


1. Cek voltase pake multimeter. Kalo udah <10 v, wajar lah diganti.
2. Umur aki nya brapa? Kalau udah 2-3 tahun sudah wajar lah diganti.
Quote:


aki udah soak itu om..
Halaman 227 dari 312


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di