firgi1234Avatar border
TS
firgi1234
Awas ! 10 Permainan umum yang ternyata Haram
1. MAIN GITAR
Oleh Ustadz Muflih Safitra dalam sebuah rekaman video ceramahnya menyebut bahwa gitar dan instrumen musik lainnya bagi umat muslim adalah haram hukumnya.

Video ceramahnya itu saat ini beredar luas di media sosial dan menjadi perbincangan hangat oleh para netizen.

Dalam rekaman video yang saat ini telah menjadi viral tersebut, terlihat pria yang akrab disapa Ustadz Muflih itu menjelaskan bahwa tidak ada pilihan lain untuk sebuah gitar, kecuali musnahkan dengan cara dibakar.

Pernyataan ustadz berparas rupawan tersebut disampaikannya ketika menjawab pertanyaan salah satu jamaahnya saat ia mengisi sebuah ceramah.

“Saya dan suami baru mengaji dan sudah tau musik itu haram, alhamdulillah. Di rumah masih ada dua gitar yang selalu dimainkan suami, nauzubillah. Apa yang ana harus lakukan dengan gitar itu? Diberikan ke orang lain takut berdosa, Iya gak boleh diberikan ke orang lain, karena dihibahkan nanti digenjreng juga. Ustadz kalau gitarnya saya jual dan duitnya saya pakai buat disumbangkan ke pesantren atau pembebasan lahan masjid boleh gak? Haram. Kenapa? Menjual yang haram”, ucap Ustadz Muflih saat membaca pertanyaan jemaahnya sekaligus menjawab pertanyaan itu.
Di akhir tayangan video yang berdurasi satu menit itu Ustadz Muflih menyebut gitar bagi umat muslim yang masih memilikinya harus dimusnahkan, dibakar atau dihancurkan.

“Jadi tidak ada pilihan lain untuk gitar, kecuali dengan cara dibakar, dihancurkan”, pungkas Ustadz Muflih.

2. MAIN CATUR


at sebuah ceramahnya pada bulan Januari 2018 yang lalu, Ustaz Abdul Somad menyampaikan bahwa menurut Mazhab Hanafi, catur itu haram. Seperti yang disampaikan ustaz berusia 40 tahun tersebut, ada dua alasan yang membuat catur itu haram, bersanding dengan permainan dadu.

Alasan pertama, permainan catur membuat orang melalaikan salat. Walaupun azan sudah berkumandang, para pemain catur tidak akan menggubris dan akan tetap “Skak mat!”, seperti penurutan Ustaz Abdul Somad.

Alasan kedua, permainan catur “menghilangkan waktu berhari-hari”. Mungkin ini main catur sambil ngaspal jalan dari Jalan Kaliurang, lewat Malioboro, lewat Keraton Jogja, ketemu Panggung Krapyak, dan berujung di Pantai Parangkusumo, sesuai garis imajiner yang dipercaya di Yogyakarta ini, maka butuh berhari-hari untuk selesai main skak ini.

3. MAIN GAME

Tak sekali Abdul Somad mendapat pertanyaan soal Mobile Legends.
Saat berceramah di sebuah sekolah di Jambi beberapa waktu lalu, ada siswa yang bertanya apa dosa bermain game mobile legands.
Orang yang candu game sudah mubasir waktu. Orang yang mubasir saudara dengan setan. Makanya yang kecanduan game tak lagi digoda setan karena saudara dengan setan," kata Somad disambut tawa para siswa.
Ia pun meminta agar main game dihentikan dan digantikan dengan olah raga.
"Behentilah kalian (main game). Isi waktu dengan aktivitas. Sekali-kali (main game) untuk refresing ok-lah, tapi masih banyak (aktivitas lain)

----------
3 olahraga yang dianjurkan dalam Islam.
"Olahraga dalam Islam ada tiga yakni berkuda, memanah dan berenang," katanya.
Ia pun menyebut jika anak-anak di Korea dan Jepang kini banyak yang mengandrungi olahraga memanah.
0
7.5K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan