gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Aplikasi Bermanfaat yang Perlu Anda Pasang di Ponsel Pintar Anda



Dengan kemajuan teknologi yang telah dicapai hingga sekarang dan kapasitas penyimpanan yang semakin besar, semakin banyak aplikasi yang dapat dipasang ke ponsel. Aplikasi yang dipasang di banyak ponsel yang dipakai masyarakat Indonesia antara lain aplikasi chatting, media sosial, transportasi daring, dan mobile game. Kali ini, Minami Creative Works akan memberikan rekomendasi aplikasi bermanfaat yang dapat membantu kehidupan sehari-hari yang perlu Anda pasang di ponsel Anda. Apa sajakah itu?

Klik gambar untuk menuju sumber gambar

1. Aplikasi Tanya Jawab

Ingin menanyakan sesuatu yang tak Anda ketahui kepada orang-orang yang ada di internet? Pasanglah aplikasi tanya jawab di ponsel Anda. Ada dua aplikasi yang saya rekomendasikan. Pertama adalah aplikasi Quora. Quora telah berdiri sejak Juni 2009 dan mulai dapat diakses publik sejak 21 Juni 2010. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menanyakan berbagai hal dan mendapatkan jawaban dari berbagai pengguna Quora di seluruh dunia. Anda juga dapat menjawab pertanyaan yang diajukan pengguna lain. Aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan adalah Brainly. Ukuran aplikasinya tergolong ringan, yaitu 3,8 MB (Quora) dan 5,1 MB (Brainly). Keduanya pun gratis. Quora telah diunduh sebanyak 5 juta kali sementara Brainly sebanyak 10 juta kali. Bila Anda ingin bergabung dengan Quora, silakan kliklink ini.

2. Aplikasi Pencatat Keuangan
[url=https://www.slanS E N S O Rtopics/916/viewpoints/1/~best-personal-finance-tracker-apps-for-android~monefy-money-manager][img]https://s.kaskus.id/images/2018/05/11/7278476_20180511121855.jpg[/img][/url]
Apakah Anda sering merasa bahwa pengeluaran Anda terlalu berlebihan dan membebani kondisi keuangan Anda? Cobalah untuk menggunakan aplikasi pencatat keuangan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan Anda dan mengelompokkannya berdasarkan jenisnya, seperti pendapatan gaji, pendapatan bonus, pengeluaran makan dan minum, pengeluaran transportasi, pengeluaran hiburan, dan sebagainya. Anda juga dapat mengelompokkan uang yang Anda ke dalam berbagai pos seperti dompet, rekening bank, rekening investasi, dan sebagainya serta membuat batas pengeluaran harian. Beberapa aplikasi pencatat keuangan yang dapat Anda pilih antara lain AndroMoney (14 MB - Gratis, Versi Full Seharga Rp41.000), Monefy (6,2 MB - Gratis, Versi Full Seharga Rp33.000), Money Lover (16 MB - Gratis), Wallet (27 MB - Gratis), dan masih banyak lagi.

3. Aplikasi Catatan

Mungkin, ponsel Anda sudah memiliki aplikasi catatan bawaan pabrik. Namun, tak ada salahnya apabila Anda juga memasang aplikasi catatan yang disediakan pihak ketiga.
Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Google Keep. Dapat ditebak dari namanya bila aplikasi ini dikembangkan oleh Google. Anda dapat menulis catatan, melabeli catatan agar mudah ditemukan, dan mengarsipkannya. Catatan juga dapat di-undo dan di-redo. Catatan yang ada juga dapat disinkronasikan dengan aplikasi Keep di perangkat lain yang terhubung dengan akun Google yang sama (bila terkoneksi dengan jaringan internet) sehingga dapat memudahkan pencatatan di berbagai tempat. Draft thread ini sendiri pun ditulis di aplikasi Keep.

4. Aplikasi Kalkulator Serbaguna

Seperti halnya catatan, aplikasi kalkulator dengan fungsi standar sudah terpasang di semua ponsel saat ini. Untuk perhitungan yang lebih kompleks atau konversi satuan, Anda dapat mengunduh aplikasi kalkulator buatan pihak ketiga. Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah ClevCalc. Ukuran aplikasi ini hanya 4,3 MB dan tersedia secara gratis namun Anda harus membayar untuk menghapus iklan secara permanen. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini menyediakan berbagai fungsi kalkulator seperti kalkulator standar, konversi mata uang, konversi zona waktu, dan lain-lain.

5. Aplikasi Belajar Bahasa

Aplikasi ini perlu anda pasang apabila Anda ingin mempelajari bahasa baru atau ingin berpergian ke luar negeri. Aplikasi ini menawarkan pilihan untuk mempelajari berbagai bahasa baru, mulai dari mempelajari kata-kata sederhana, percakapan sederhana, hingga kata-kata yang kompleks. Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Duolingo yang menyediakan pilihan pembelajaran bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Jepang, Spanyol, dan lain-lain. Saya sudah menggunakan aplikasi ini selama 2,5 tahun dan merasa cukup terbantu untuk belajar bahasa Jerman.

6. Aplikasi Pembaca E-book

Kalau Anda seorang penggemar buku namun ruang yang tersedia tak cukup untuk menampung semua koleksi buku Anda, Anda dapat menjadikan buku elektronik (e-book) sebagai pilihan lain untuk membaca buku. Selain karena tak memerlukan ruang penyimpanan fisik yang besar, e-book yang diunduh juga tak akan mengalami penjamuran dan lenyapnya beberapa halaman seperti pada buku fisik. Untuk membaca e-book, Anda memerlukan aplikasi yang dapat membaca e-book. Ada 2 aplikasi yang saya rekomendasikan. Aplikasi pertama adalah Google Play Books. Sesuai namanya, aplikasi ini dikembangkan oleh Google dan dapat digunakan untuk membaca buku-buku yang dijual di Google Playstore. Biasanya, aplikasi ini telah terpasang secara default di perangkat Android. Aplikasi kedua adalah Gramedia Digital. Sesuai namanya pula, aplikasi yang sebelum 2018 bernama SCOOP ini dikembangkan oleh Gramedia yang mana kita dapat membeli dan membaca e-book yang tersedia di market Gramedia Digital. Tak hanya buku, berbagai majalah dan harian nasional juga bisa dibeli. Anda juga dapat berlangganan paket premium untuk mengakses seluruh koleksi dengan harga Rp89.000 per bulan (Belum termasuk pajak dan biaya jasa). Pembayaran pun dapat dilakukan menggunakan pulsa.

7. Aplikasi Pengukur Kecepatan Jaringan

Bagi Anda yang suka berinternetan, kecepatan jaringan yang memadai akan sangat bermanfaat. Untuk dapat memastikan bahwa operator yang Anda gunakan telah memberikan kecepatan akses internet yang memuaskan, Anda dapat mengunduh aplikasi pengukur kecepatan jaringan, salah satunya speedtest.net.

Catatan : Semua aplikasi yang direkomendasikan tersedia untuk Android. Untuk ketersediaan di perangkat non-Android, silakan mencari informasi lebih lanjut.


Demikian thread dari Minami Creative Works kali ini. Bila dapat memilih dengan jeli, ada beberapa aplikasi yang dapat sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.


Referensi I
Referensi II
Referensi III



Diubah oleh gilbertagung 19-05-2018 16:51
0
36.6K
219
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan