tereariyaniAvatar border
TS
tereariyani
Surat Utang Tak Laku, Ini Strategi Baru Sri Mulyani
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyiapkan skema private placement atau penempatan langsung (tanpa lelang) untuk pembiayaan APBN 2018. Skema private placement ini untuk menambal kebutuhan pembiayaan saat pasar surat utang negara (SUN) sulit diakses.

"Ini pemerintah mempersiapkan sumber pembiayaan tematik jadi penerbitan surat utang bisa melalui private placement, bukan hanya lewat market," ungkap Sri Mulyani setelah pertemuan dengan Dealer SUN dan Anggota KSSK di Gedung DJP, Jumat (11/5/2018).

Menurut Sri Mulyani, untuk menjaga kondisi APBN tetap stabil pemerintah juga mengamankan yield dengan bantuan Badan Layanan Umum (BLU). Selain tetap antisipasi dengan menggunakan skema Bond Stabilization Framework (BSF).


"Ada BLU yang menyerap SBN hingga Rp 13 triliun. Dan pemerintah juga mengantisipasinya dengan menyiapkan BSF," kata Sri Mulyani.

Lebih jauh Sri Mulyani mengatakan, pembiayaan anggaran melalui penarikan pinjaman bilateral dan multilateral juga telah dilakukan. "Potensinya mencapai US$ 1,3 miliar dan 800 juta euro," tuturnya.

"Lelang (surat utang) tidak akan diambil karena consider penerimaan akan menutupi pembiayaan. Kalau mahal kami kemungkinan akan ambil pinjaman dan private placement," lanjut Sri Mulyani. (dru/wed)

https://www.cnbcindonesia.com/market/20180511170058-17-14592/surat-utang-tak-laku-ini-strategi-baru-sri-mulyani



Indikasi neolib itu gak selalu baik.
Yang untung cuma investor dengan yield tinggi.
Kalau ada yield lain yg lebih tinggi investor akan kabur.
Capitaloutflow tidak bisa dibendung lagi
Depresiasi rupiah pertanda geliat ekonomi arus bawah tertekan.
Infrastruktur juga butuh maintenance yg tidak sedikit bukan cuma bangun2 saja

Tol tol itu nyatanya gak gratis setelah untung banyak dan balik modal krn memang biaya maintenance g murah selalu ngikut inflasi dan ekonomi global krn kita bukan negara producer manufaktur ini itu pangan saja impor emoticon-Cape d...
0
1.4K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan