bacaanonline
TS
bacaanonline
Para Teroris Masih Menguasai Rutan Mako Brimob

Para Teroris Masih Menguasai Rutan Mako Brimob – Kerusuhan di Markas Korps Brimob (Mako Brimob) di Depok, Jawa Barat masih berlangsung meski sudah 24 jam waktu berlalu. Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menilai polisi terlalu lambat dalam menangani aksi ini. Peristiwa yang bermula sejak 8 Mei 2018 pada pukul 16.00 WIB dan puncaknya pada pukul 19.30 WIB. Neta menjelaskan jika polisi bisa cepat tanggap dalam menyelesaikan kasus ini, maka tidak akan memakan korban jiwa.

Neta menilai ketidakpekaan polisi dipengaruhi dari kebiasaan buruk dalam menangani tahanan Mako Brimob. Kebiasaan buruk yang dimaksud adalah menerima sejumlah uang atau sogokan dari narapidana agar mereka dapat memegang ponsel di dalam tahanan Mako Brimob. Neta juga menegaskan bahwa mentalitas para aparat kepolisian masih perlu diperbaiki agar mereka dapat kebal terhadap sogokan. Neta juga menyimpulkan, ponsel yang bisa masuk ke tahanan Mako Brimob karena adanya uang sogokan dari para narapidana.



Para Teroris Masih Menguasai Rutan Mako Brimob


Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto membantah pernyataan yang mengatakan pihaknya lamban dalam penanganan kasus kerusuhan di Mako Brimob. Setyo menjelaskan bahwa penanganan membutuhkan waktu yang lama karena harus mempertimbangkan keselamatan dan nyawa para sandera. Setyo melanjutkan jika dalam keadaan tersebut, polisi tidak bisa melakukan tindakan yang gegabah dan terburu-buru untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.


Pihak kepolisian masih melakukan pendekatan dengan mencoba untuk bernegosiasi untuk mendapatkan titik temu. Setyo mengaku dalam melakukan negosiasi memang prosesnya lamban, hal tersebut dikarenakan tuntutan dari para teroris yang masih belum bisa dipenuhi. Karo Penmas Brigjen M Iqbal menggelar jumpa pers di Mabes Polri, Rabu 09 Mei 2018. Dalam jumpa pers tersebut, iqbal menginformasikan bahwa 5 polisi gugur pada kerusuhan di Mako Brimob.


Iqbal juga memohon untuk mendoakan para anggota polri yang gugur tersebut. Iqbal juga meminta doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar para anggota Polri dapat diberi kekuatan untuk dapat segera menuntaskan kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob. Hingga saat ini, masih ada seorang anggota Polri yang disandera oleh para teroris. Iqbal juga menegaskan Polri bekerja dengan prosedur operasi standar dan Polri lebih mengedepankan negosiasi.


Sumber

Silakan kunjungi www.bacaanonline.comuntuk berita lainnya
Diubah oleh bacaanonline 09-05-2018 16:18
0
3.8K
41
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan