hilman889Avatar border
TS
hilman889
Pastikan Sumut Miliki Pemimpin Yang Berintegrasi

Medan, Proyek Reklamasi Pelabuhan, dermaga, container yard dan terminal peti kemas Belawan Fase dua, adalah salah satu pelabuhan terbesar di ujung barat Indonesia yang sedang dalam taap pembangunan.

Proyek Reklamasi dermaga itu menurut Cagub Djarot Saiful Hidayat akan membawa dampak tersendiri bagi Sunatera Utara.
Pernyataan tersebut disampaikan Djarot saat mengunjungi salah satu pelabuhan terbesar itu.
"Sumut semakin ke depan maka ini adalah momentumnya. Program Presiden Joko Widodo ini merupakan awal kebangkitan Sumut," katanya.
Djarot mengungkapkan proyek tersebut akan mampu membuat Sumut mengejar ketertinggalan dari provinsi-provinsi lain.

Dirut PT Prima Peti Kemas Jansen Sitohang juga mengungkapkan bahwa progress proyek tersebut sudah 65% dan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2018 serta bisa dilakukan soft launching awal tahun 2019 nanti.
Jansen menjelaskan kepada kami, saat ini pihaknya sedang melakukan pelelangan alat. Alat tersebut cukup besar, yaitu Post Panama, yang jangkauannya mampu menngakomodir kapal-kapal besar 4.000 sampai 5.000 TEUs.
"Selain itu, pelabuhan juga didesain sekitar minus 14 LWS (low water spring/meter bawah permukaan terendah air) sehingga kapal-kapal besar bisa masuk Belawan," ungkapnya.
Dengan penambahan kapasitas dermaga tersebut diharapkan nanti, kapal yang selama ini hanya bisa dari Singapura, kini sudah bisa langsung dari interasia, seperti Dubai, India, China.
“Jadi, ini nanti akan menjadi sebuah terminal yang modern, mengadaptasi teknologi pelabuhan-pelabuhan di luar negeri. Jadi, kita tidak kalah bersaing serta duelling time yang singkat ,” ujarnya.

Ini nantinya akan membuat semuanya menjadi lebih efektif. Menurutnya duelling time yang singkat dari empat hari menjadi tiga atau dua setengah hari itu sangat berperan dalam aktivitas kepelabuhanan.
Anggota DPR RI Trimedya Panjaitan juga mengatakan hal yang senada. Menurutnya, pelabuhan Belawan tersebut sesuai dengan rencana induk kepelabuhan nasional, hingga memperkuat di wilayah Barat khususnya kawasan Sumatera.
“Jadi, mau tidak mau, apa yang sudah dicanangkan Pak Jokowi dua tahun lalu, harus selesai. Agar transportasi barang, lancar," katanya.


Spoiler for "Sumber :":

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
624
6
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan