cangcimen26Avatar border
TS
cangcimen26
Punya niatan renovasi saat Ramadan? Cek dulu hal-hal berikut

Halo gan sis!
emoticon-Haiemoticon-Hai emoticon-Hai

Menjelang hari raya Idul Fitri, biasanya banyak orang yang melakukan renovasi pada tempat tinggalnya. Mungkin agar tamu-tamu yang datang berkunjung betah dan nyaman, atau sekadar ingin suasana baru untuk berkumpul dengan keluarga. Apakah agan termasuk salah satu yang memiliki rencana tersebut?

Apa aja sih, yang perlu dipikirkan saat akan merenovasi hunian? Simak dulu deh hal-hal berikut ini!

1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya



Setelah mengetahui apa saja yang akan direnovasi, carilah informasi sebanyak-banyaknya. Mulai dari proses renovasinya, bahan-bahan yang diperlukan, harga bahan-bahan, hingga tarif jasa tukang untuk mengerjakannya, jika agan membutuhkan bantuan. Pokoknya, semakin banyak informasi yang agan dapatkan, semakin mudah agan melakukan perencanaan renovasi. Agan bisa mendapatkan informasi tersebut dengan browsing atau bertanya pada teman/keluarga yang lebih paham. Bahkan, beberapa toko material pun tidak keberatan loh, jika ada orang yang bertanya-tanya tanpa membeli langsung.

2. Tetapkan Budget



Jika informasi sudah terkumpul, agan akan lebih mudah menentukan besaran budget yang hendak dikeluarkan untuk renovasi tersebut. Tambahkan 10-20% dari budget yang sudah ditetapkan sebagai uang jaga-jaga, agar seandainya ada biaya lebih, agan tidak perlu memotong dari anggaran lain. Masih bingung menentukan seberapa besar uang yang akan dikeluarkan? Agan bisa kunjungi berbagai situs yang menyediakan perhitungan biaya pembangunan atau renovasi. Kebanyakan sih situs luar. Tapi yang lokal buatan Indonesia ada juga kok, misalnya www.solusiholcim.com yang menyajikan fitur simulasi pembiayaan. Jadi, agan tidak akan bingung lagi.

3. Pertimbangkan Bantuan Ahli



Di era digital ini, kita semakin mudah mengakses berbagai informasi, termasuk aneka cara merenovasi bangunan. Lihat saja di YouTube, video-video tutorial DIY renovasi rumah sangatlah banyak. Tapi, bukan berarti semua renovasi bisa agan kerjakan sendiri. Jika agan tidak yakin dengan hasilnya, lebih baik gunakan bantuan ahli seperti tukang-tukang yang sudah jelas berpengalaman.

4. Ukur Furniture



Seringkali saat orang terlalu bersemangat melakukan renovasi pada ruangan-ruangan di rumahnya, ia lupa memikirkan furniture. Sehingga saat renovasi selesai, sebagian furniture tidak bisa dipakai karena luas ruangan sudah tidak pas dengan ukuran furniture yang lama. Jadi, jangan lupa ukur dulu furniture dan rencanakan penempatannya setelah selesai renovasi nanti ya, gan.

5. Perhatikan Cuaca



Terkadang faktor cuaca bisa mempengaruhi proses renovasi bangunan. Apalagi jika yang direnovasi adalah bagian atap atau bagian luar rumah lainnya yang langsung terekspos pada cuaca. Bahkan lama atau cepatnya mengecat dinding di dalam ruangan pun terpengaruh cuaca loh, gan. Sebisa mungkin lakukan renovasi saat cuaca sedang tidak hujan agar prosesnya lebih lancar.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi. Agan punya tambahan? Yok, tambahin di komen!

emoticon-Ketupat
Diubah oleh cangcimen26 08-05-2018 22:07
0
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan