sinophobiaAvatar border
TS
sinophobia
Ahok: Kalau Rupiah Terpuruk, Artinya Kamu Gagal Berkompetisi!
Jakarta - Hari ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hampir menyentuh Rp 13.000/US$. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ikut angkat bicara soal pelemahan rupiah.

Menurut Ahok, anjloknya rupiah mencerminkan bahwa Indonesia belum mampu berkompetisi di level global. Saat ini, daya saing suatu negara bisa dilihat dari pergerakan mata uangnya.

"Kita gunakan dolar sebagai standar, dunia ini sekarang begitu. Kalau rupiah kamu terpuruk terus, berarti kamu gagal berkompetisi di tingkat dunia. Faktanya seperti itu,"
tegas Ahok di sela-sela acara Diklatda 2014 Hipmi Jaya di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Ahok menilai pelemahan rupiah ada hubungannya dengan produk Indonesia yang sulit bersaing di tingkat global. "Ini ada hubungan dengan pengusaha kita yang tidak produksi sesuatu," ujarnya.

Oleh karena itu, Ahok mendorong generasi muda untuk menjadi pengusaha yang memberi nilai tambah bagi perekonomian. "Anak muda sekarang mesti didorong untuk produksi yang kreatif. Kita mesti berpikir mengusahakan kesejahteraan supaya lebih kuat," tuturnya.

Ahok juga menegaskan daya saing dibangun dengan kerja keras. Bukan dengan mengandalkan koneksi dan praktik usaha tidak sehat.

"Kalau begitu caranya, saya bisa hebat, bisa kuat, karena saya nekan yang lain. Ini akan mengakibatkan kita kalah sama orang lain, karena mainnya nggak fair. Itu distorsi, jadi daya saing saya, keunggulan comparative saya, belum tentu benar," jelasnya.

https://m.detik.com/finance/bursa-da...l-berkompetisi
Diubah oleh sinophobia 08-05-2018 09:43
-1
3K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan