jalan.cintaAvatar border
TS
jalan.cinta
Warga Dipaksa Kosongkan Pulau Pari, Ini Kata Anies Baswedan
TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum berkomentar banyak perihal sengketa warga Pulau Pari, Kepulauan Seribu dengan PT Bumi Pari Asri. Anies mengaku masih menunggu laporan rinci dari anak buahnya terkait masalah itu.


"Nanti saya lihat detailnya dulu biar fair, saya cek," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 8 Mei 2018.

Warga Pulau Pari diminta mengosongkan tempat tinggal dan tanah mereka oleh PT Bumi Pari Asri. Kali ini, pengembang melayangkan surat kepada Narsih dan Rahmat, warga RT 03 RW 04. Surat somasi itu ditandatangani oleh perwakilan Divisi Hukum PT Bumi Pari Asri, Buniardi Budiman.

Dalam surat tersebut, Narsih dan Rahmat diminta mengosongkan lahan yang mereka tinggali selambat-lambatnya pada Jumat, 11 Mei 2018, mendatang. Perusahaan mengancam akan menempuh jalur hukum pidana atau perdata jika warga menolak meninggalkan tanah tersebut.


Baca: Ombudsman Minta DKI Kembalikan Status Pulau Pari, Ini Janji Anies

Menurut salah satu warga Pulau Pari, Buyung, perusahaan terus meminta warga mengosongkan lahannya. Pengembang mengklain mereka memiliki lahan yang kini ditinggali warga.

Padahal, Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya telah menyatakan perlunya ada evaluasi terkait proses penerbitan 62 sertifikat hak milik (SHM) dan 14 sertifikat hak guna bangunan (SHGB) yang dimiliki perusahaan.

Ombudsman menyebut ada maladministrasi berupa penyimpangan prosedur, penyalahgunaan wewenang, dan pengabaian kewajiban hukum dalam penerbitan sertifikat itu.

Anies Baswedan telah bertemu warga Pulau Pari pada Rabu, 25 April 2018. Anies mengatakan, dia telah memerintahkan Asisten Pemerintahan Artal Reswan dan Asisten Pembangunan Gamal Sinurat untuk menindaklanjuti laporan warga. Saat ini, kata Anies Baswedan, dia masih menunggu laporan hasil review dari Reswan dan Gamal.

Anies Baswedan belum menjelaskan bagaimana komitmen pemerintah DKI menyelesaikan sengketa warga Pulau Pari dengan pengembang. Dia hanya mengatakan akan bersikap adil.

"Saya lihat laporan lengkapnya ya supaya fair. Tapi insya Allah saya akan adil," ujarnya.



https://metro.tempo.co/read/1086790/warga-dipaksa-kosongkan-pulau-pari-ini-kata-anies-baswedan





katanya pemimpin yg tegas emoticon-Wkwkwk
-1
3.3K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan