rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
BE MORE Creative dong. Ini RAHASIA sederhananya. Simpel kok!




TENANG, CERITA KITA, APAPUN UJUNGNYA, AKAN DIKENANG SELAMANYA.


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :



Creativity is the way i share my soul with the world.
- Brene Brown -


Quote:


emoticon-Matabelo



Kalau kita berbicara tentang kreativitas, beberapa orang akan menghubungkan kata ini dengan kata “Ide”. Beberapa pribadi yang punya cap sebagai “pribadi kreatif” biasanya punya kemampuan untuk mencari ide dalam jumlah tak terbatas.

Gak cuma itu, ada juga opini yang beredar kalau kreativitas adalah anugrah sejak lahir yang diterima seseorang sehingga mampu menghasilkan banyak ide antimainstream dalam jumlah tak terbatas sementara yang lainnya berpendapat kalau kreativitas itu harus dilatih gak cuma sekedar bakat. Ya apapun asumsi yang beredar, karena gw cuma manusia biasa, gw gak bisa menjudge mana diantara asumsi-asumsi tersebut yang bisa diterima.

Yang jelas darimanapun “kreativitas” ini datang, memiliki kreativitas dalam hidup itu penting. Dengan menjadi kreatif, hidup seakan lebih smooth buat dijalanin. Ide-ide bakal mengalir dengan lancar, masalah-masalah dengan mudah teratasi, hati menjadi lebih lapang karena konflik selalu bisa diubah menjadi “chance”, ah pokoknya hidup terasa lebih adem aja.

Masalahnya adalah, kreativitas bukan kayak oksigen yang bisa datang dan dihirup kapanpun dan dimanapun kita mau. kreativitas itu skill, atau nama lainnya kemampuan. Dan yang namanya skill harus dilatih supaya bisa jadi lebih tajam. Bentuk latihannya juga bukan bentuk latihan yang sembarangan. Katanya sih melatih kreativitas itu sama kayak melatih kemampuan otak berpikir dengan cara yang tidak terduga. Nah karena latihannya berhubungan dengan cara berpikir jadi latihan ini gak jauh jauh dari proses memperbanyak pengetahuan. Beberapa pengetahuan yang udah gw dapet tentang latihan menjadi pribadi kreatif bakal gw share dibawah.

:tepuktangan :tepuktangan :tepuktangan

BE MORE CREATIVE WITH "SCAMPER"



Jadi, apa itu "Scamper" ? Secara sederhana SCAMPER adalah sembilan prinsip berpikir kreatif yang pertama kali diusulkan oleh Alex Osborn dan kemudian disusun oleh Bob Eberle ke daftar berikut:

S (Substitute) = Mengganti
C (Combine) = Mengombinasi
A (Adapt) = Menyesuaikan
M (Magnify/Modify) = Memodifikasi
P (Put to other use) = Diubah kegunaannya
E (Eliminate) = Menghapus
R (Rearrange) = Menyusun kembali


SCAMPER ini didasarkan pada dugaan bahwa segala sesuatu yang baru itu adalah beberapa tambahan atau modifikasi dari sesuatu yang telah ada. contoh ya misalnya aja ban mobil yang dihasilkan dari karet sintesis.

Misal nih kita lagi fokus ke sesuatu dan susah banget buat mengubah sesuatu tadi jadi hal yang kreatif, disinilah teknik SCAMPER bisa dipake. Dari daftar yang udah ada tadi susun jadi beberapa pertanyaan, contoh:

Bisa gak yah kalau diganti-in sama yang lain?
Bisa gak yah kalau dikombinasiin sama sesuatu yang lain?
Bisa gak yah kalau konsepan baru diadaptasiin ke ide ini?
Kalau ditambahin sesuatu hasilnya makin bagus/jelek yah?
Kayaknya dari segi keeefektifan ide ini bisa dimodifikasi deh, tapi gimana yah?
Pasti ada kegunaan lain dari ide ini yang belum orang tau, gimana ya cara nemuinnya?
Kalau dikurangin porsinya nanti efeknya kemana yah?
Coba ah disusun lagi idenya dari perspektif yang beda.


Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan muncul ide-ide baru yang kalau dilatih terus akan menghasilkan ide yang luar biasa antimainstream. Buat para geniuser, semua ide mereka sifatnya selalu tumbuh. gak ada yang namanya ide yang terakhir, gak ada yang namanya karya terakhir yang membuat seolah-olah karya selanjutnya jadi gak penting. Semua ide bisa ditingkatkan kalau kalian bisa gali ide tersebut lebiih dalam. Buat para geniuser, lagi, mereka gak perlu kekurangan/kesalahan sebagai pertimbangan untuk meningkatkan sesuatu, karena itu tadi, ide mereka "selalu tumbuh"

:tepuktangan

ADA CARA LAIN UNTUK “BE MORE CREATIVE”?



Kalau ditanya apa yang bisa dilakukan selain hal diatas untuk menjadi pribadi kreatif, gw pribadi bakal saranin supaya kalian banyak terlibat dalam kegiatan yang membutuhkan kreativitas. Selain dari buku, pengetahuan tentang cara berpikir kreatif ini juga bisa kalian dapet dengan ikut serta dalam kegiatan yang memang membutuhkan kreativitas didalamnya dan katanya proses “terjun langsung” menjemput ilmu ini efeknya lebih hebat dari sekedar baca buku atau informasi di internet.

Contoh aktivitas yang mengasah kemampuan berpikir kreatif? Ya semisal, fotografi. Fotografi, menurut gw pribadi sih, adalah hobi yang bisa kalian tekuni di era sosial media sekarang ini yang gak membutuhkan banyak tools dan syarat lain buat dilakuin. Udah banyak banget gadget canggih yang punya fasilitas kamera mempuni, contoh Samsung Galaxy J7 Duo, yang bahkan sekarang bisa menghasilkan bokeh effect dari dual cam-nya, yang bikin kalian gak perlu ribet bawa-bawa kamera lain untuk sekedar hunting foto.

:tepuktangan

UDAH? FOTOGRAFI AJA?

Selain fotografi, masih banyak banget aktifitas lain yang membutuhkan kreatifitas tanpa harus bikin kalian terlihat ribet mempersiapkan segala sesuatu-nya. Coba deh searching-searching di internet “How to train creativity” atau “Cara menjadi pribadi yang kreatif”. Biasanya dari sana kalian akan didirect ke beberapa informasi dan aktivitas yang memang bisa membantu kalian untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif. Info-info yang didapat ini sifatnya bisa tidak terbatas, jadi sebaiknya siapkan gadget yang punya kemampuan menghemat pemakaian paket data internet kalian sebanyak mungkin, semisal Samsung Galaxy J7 Duo yang punya kemampuan ultra saving data yang bisa bikin kalian browsing informasi apapun lebih leluasa tanpa harus takut kehabisan paket internet.

:tepuktangan



Mungkin beberapa udah pernah denger teknik- teknik diatas tapi yang jelas gw belum pernah denger mata kuliah "melatih kreativitas", jadi ya kreativitas itu harus dilatih secara mandiri. Melatih kreativitas dizaman serba canggih kayak sekarang caranya gampang banget. Semisal kalian punya Samsung Galaxy J7 Duo, dengan dual cam yang bisa menghasilkan effect bokeh dan punya AR sticker keren untuk ditambahin saat pengeditan, ultra power saving yang bisa mempertahankan kemampuan baterai lebih lama, dan ultra data saving yang bisa menghemat pemakaian paket internet, proses BE MORE CREATIVE bakal lebih gampang dijalanan dan jadi pribadi kreatif bukan cuma sekedar mimpi.


Scamper adalah salah satu teknik dari sekian banyak teknik berpikir kreatif yang dibahas dibuku "kracking Creativity the secret of creative genius - Michael Michalko" kalau mau penjelasan lebih lengkap beli bukunya aja ya. buku lama, original releasednya tahun 2001, tapi materinya masih relevan buat dipake sampe sekarang.

Pamit! Jadi siapa yang mau jadi pribadi kreatif? Share tips kalian untuk jadi pribadi kreatif juga boleh!

:tepuktangan :tepuktangan :tepuktangan


TENANG, CERITA KITA, APAPUN UJUNGNYA, AKAN DIKENANG SELAMANYA.


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :







Diubah oleh rendyprasetyyo 08-06-2020 03:47
0
8.6K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan