johnrusakAvatar border
TS
johnrusak
Ane Bukan Awkarin, Ane Gak Mau Kena Pajak!



emoticon-Haiemoticon-Hai

Halo gan, apa kabar semuanya? Langsung to the point aja kali ya gan.
Beberapa hari lalu, santer beredar tentang pajak yang akan diberlakukan untuk segala bentuk transasksi online. Entah itu buzzer, pedagang di market place, daily deals, ataupun perorangan langsung.
Sebenarnya ini cuma wacana atau akan segera diberlakukan ya gan? Ane mohon pencerahannya, soalnya gimana pun ini bukan hal kecil yang akan kita hadapi nantinya.

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2

Jujur aja nih, ane salah orang yang mencoba peruntungan dari bisnis online, baik melalui sosial media ataupun market place. Karena, gimana pun juga sekarang ini sudah memasuki zaman dan eranya gan. Permasalahan mengenai pajak ini, masih belum jelas sih memang.
Ane coba mengutip dari salah satu berita terkait deh gan.

emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
Quote:


emoticon-Bingungemoticon-Bingung

Yang bikin gagal paham itu, seperti apakah bentuk pajak ini nantinya?
Apakah kita akan dikenakan pajak reguler setiap tahunnya dari lapak yang kita punya?
Kalo emang seperti itu, misalnya ane punya lapak di FJB, terus di blablalapak, trus tokosebelah, ane kena pajak dari 3 market place tersebut dong? Terus kalo dagangan ane engga laku, tapi tetep bayar pajak?



emoticon-Bingung emoticon-Bingung

Terus kalo ane gak salah lihat di salah satu minimarket stasiun kereta, ada campaign yang sedang digalakan oleh pak Jokowi. “Program satu juta nama domain”, itu merupakan program resmi yang digalakan oleh Menkominfo loh.
Dilema gak sih kalo misalnya pemerintah punya program seperti itu, tapi belum apa-apa sudah dirong-rong dengan “pajak tidak jelas”. Lalu, apa iya gan para UKM akan tertarik? Ketika mereka membuat web, UKM masih meraba apakah untung atau laba mereka bertambah dari situ? Oke, mungkin akan bertambah asalkan dimaintain web nya. Lagi-lagi biaya kan? Ketika ada biaya tambahan, terus pajak sana-sini, UKM akan lebih berhati-hati.



Ane coba mengutip dari salah satu pendiri market place tenar di Indonesia, sebut saja dia bla bla bla lapak. Menurutnya, bisnis eS E N S O Rmerce memiliki jenis pendapatan berbeda antara satu model dan yang lainnya. Kurang adil apabila menerapkan pajak yang sama antara tukang bubur ayam depan rumah dan KFC. Terus menurutnya, pemerintah juga harus memperhatikan nasib pedagang perorangan serta usaha kecil dan menengah yang tumbuh subur di ladang eS E N S O Rmerce. Nantinya akan menumbuhkan iklim investasi yang pada akhirnya dapat menopang pertumbuhan ekonomi. Ane yakin banget kalo asal bikin aja bakalan sepi yang jualan online, penjual di market place bakal kabur.
[URL="https://m.tempo.co/read/news/2016/10/14/087812135/apa-kata-bos-bukalapak-tentang-pajak-eS E N S O Rmerce"]sumur[/URL]



Soalnya kalo menurut ane sih, pertanyaan akan kebijakan ini mungkin berangkat dari fenomena Buzzer. Contohnya Awkarin. Pada salah satu berita ane sempat baca bahwa contoh yang diberikan adalah penghasilan Awkarin sebagai Buzzer. Jadi, mungkin ini waktunya untuk mengkaji lebih lanjut deh, jangan asal lempar bola panas aja. Gimana pun juga, ini mempengaruhi roda perekonomian dan ekosistem bisnis yang udah ada aja.
emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka


Sekian dari ane gan, buat yang punya unek-unek sama langsung aja reply dimari gan.
emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2

Diubah oleh johnrusak 17-10-2016 07:32
0
55.7K
574
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan