tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Serba dilema Mendidik Siswa Masa Kini, antara Tegas atau Tidak
Dunia pendidikan kembali dihebohkan dengan kasus kekerasan di dunia pendidikan yang lakukan oleh oknum guru terhadap siswanya saat jam pelajaran berlangsung. Kejadian kali ini terjadi di Purwokerto, Jawa Tengah. Kekerasan yang dilakukan oleh oknum guru tersebut viral di dunia maya dan menjadi bahan diskusi para netizen karena videonya beredar luas. Uniknya oknum guru tersebut menyadari dirinya direkam dan seperti sengaja agar direkam saat menampar siswanya dan bahkan dia sendiri membuat video klarifikasi selepas pelajaran usai dan diunggah di dunia maya. Namun sayangnya akibat perbuatannya itu oknum guru tersebut ujungnya harus berurusan dengan kepolisian dan telah di tetapkan sebagai tersangka terkait kekerasannya terhadap siswa setelah dilaporkan oleh salah satu orang tua korban, setelah diusut ternyata siswa-siswa yang dihukum tersebut dihukum karena telat masuk kelas dan menerima hukuman dari oknum guru tersebut.


Credit : kriminologi.id

Tak dulu atau kini, setiap guru mungkin terkadang memberi hukuman kepada siswa-siswanya yang membandel dengan berbagai cara. Hanya saja jika dulu ketika guru memberi hukuman atas kesalahan tidak sampai berurusan dengan kepolisian dan bahkan orang tuanya pun tidak mempermasalahkannya dan terkadang memarahi anaknya yang membandel.  Namun kini beda lagi, setiap kali guru memberi hukuman terkadang ujungnya berurusan dengan pihak kepolisian dan bahkan orang tuanya pun membela anaknya meskipun anaknya tersebut bersalah.

Serba dilematis, mungkin itulah yang menggambarkan pekerjaan seorang guru dalam mendidik para siswa masa kini terutama para siswa yang terlihat membandel, di tindak dengan hukuman bisa berujung dengan kasus hukum yang berujung penjara, namun jika kurang tegas bisa saja siswa yang bandel tersebut malah ngelunjak atau bertindak semena-mena.

Menjadi guru di masa sekarang ini menjadi tantangan tersendiri, harus siap mengajar para siswa dan juga problem-problem di dalamnya. Untuk itulah perlu kesiapan segala hal untuk menjadi seorang guru di masa sekarang, bukan hanya sekedar mempersiapkan bahan pelajaran untuk diajarkan pada siswa, namun juga mempersiapkan mental diri untuk menghadapi problem siswa termasuk siswa-siswa yang bandel saat mengajar. Untuk menghadapi siswa yang membandel tentunya harus dihadapi dengan tenang dan sikap dewasa dan jika perlu menggunakan inovasi dan terobosan baru dalam mengajar kepada mereka. Jikalau memang harus mengeluarkan hukuman, pastikan keluarkan hukuman yang mendidik dan bisa menghadirkan rasa jera namun menghindari segala bentuk kekerasan fisik, karena secara hukum itu mungkin tidak dibenarkan.


Credit : lyceum.id

Guru merupakan sosok terdepan dalam mendidik setiap siswa, namun pihak-pihak dari lembaga sekolah pun harus bisa menyokong dan memfasilitasi guru dalam mendidik setiap siswa di sekolah, saat siswa-siswa yang bandel tidak bisa lagi ditangani oleh guru, maka pihak-pihak sekolah harus membantu menanganinya dan menegakkan peraturan yang tegas. Di tempat ane sendiri bila ada siswa yang sering melakukan pelanggaran terutama pelanggaran berat tak segan-segan di keluarkan dari sekolah dan anak tersebut diserahkan kembali kepada orang tuanya.

Mendidik para siswa di zaman sekarang memang tidak mudah, ditambah merebaknya dunia teknologi yang terkadang di salahkan gunakan untuk hal-hal negatif membuat para guru di zaman sekarang harus bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mendidik mereka dan memberi teladan kepada mereka tanpa harus menggunakan kekerasan yang berujung dengan kasus hukum.

Lalu bagaimana pendapat agan dan sista mengenai mendidik siswa di masa kini? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.


Sumber tulisan : Opini pribadi
Sumber berita : Sumber 1 , Sumber 2

Sumber berita via google images


Quote:


Diubah oleh tafakoer 21-04-2018 02:47
0
12.7K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan