koreksi.ya.cuyAvatar border
TS
koreksi.ya.cuy
Survei KedaiKOPI: TGB Zainul Majdi Paling Religius Dibandingkan Jokowi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil Survei Nasional Opini Publik 2018 menyatakan elektabilitas Joko Widodo belum tertandingi untuk Pilpres 2019 mendatang.

Namun ternyata, masyarakat lebih memilih orang lain daripada Jokowi dalam salah satu hasil survei yang diluncurkan Lembaga Survei KedaiKOPI ini.

Adalah Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, yang mampu mengungguli Jokowi.

Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Vivi Zabkie, mengatakan TGB lebih dipilih masyarakat untuk mewakili pemimpin yang memiliki karakter religius.


Baca: Cuaca Panas dan Terik di Bali Terjadi Akibat Gerak Semu Matahari


"Publik berpendapat TGB Zainul Majdi sebagai pemimpin yang paling religius mengungguli Jokowi, Gatot, Prabowo, Abraham Samad, Agus Harimurti dan lainnya,” ujar Vivi, secara live streaming, Sabtu (14/4/2018).

Religius merupakan satu dari lima karakter yang disetujui oleh responden untuk dimiliki seorang calon presiden.

Selain religius, karakter lainnya, lanjut Vivi, meliputi kompeten, jujur dan dapat dipercaya, perhatian terhadap rakyat, serta santun.

Meski kalah dalam karakter religius, Vivi mengatakan rata-rata dari 5 karakter itu, Jokowi selalu menempati rangking pertama.

Kecuali, kriteria religius yang predikatnya diberikan publik kepada TGB.


Baca: Mengintip Kehidupan Perkimpoian Campuran WNA-WNI, Suami Bule Terkendala Izin Tinggal

Lebih lanjut, ada sejumlah nama yang dianggap responden memiliki kelima karakter di atas.
"Dengan melihat karakter ini ada sejumlah nama yang dianggap mewakili, selain Jokowi, Prabowo dan Gatot, maka TGB Zainul Madji masuk dalam kriteria ini," tambah Vivi.

Survei ini dilakukan terhadap 1.135 responden di 34 provinsi dengan Margin of Error (MoE) kurang lebih sebesar 2,97 persen pada interval kepercayaan 95 persen.

Para responden adalah masyarakat umum, yakni calon pemilih berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah, dan dipilih dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling dan diwawancarai dengan tatap muka (home visit).



SUMBER :



http://m.tribunnews.com/nasional/2018/04/15/survei-kedaikopi-tgb-zainul-majdi-paling-religius-dibandingkan-jokowi?page=2
0
2.1K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan