Necrophiliac
TS
Necrophiliac
Sejarah Singkat Proses Masuknya Islam ke Indonesia
Sampai saat ini Indonesia adalah negara yang mempunyai penduduk beragama Islam terbesar di Dunia. Bahkan mengalahkan negara kelahiran Nabi Muhammad, negara Arab.

Perkembangan dan pertumbuhan umat Islam di Indonesia bukannya datang begitu saja tetapi lewat sejarah yang besar. Agama islam meyandang kisah masuk tersendiri ke Indonesia ketika masa dulu.
Saat ini kurang lebih 85% penduduk Indonesia menganut agama Islam. Jumlahnya tergolong dahsyat mengingat warga negaraIndonesia yang lumayanbanyak.

Sejarah masuknya Islam ke Indonesia

Islamdatangke negara Indonesia berasal kala negaraini merupakan pusat perdagangan di daerah Asia bahkan bahkan mendunia. Terutama di kawasan kesultanan Sriwijaya, Sumatra.
Disini tempat sinnggah para pedagang yang melaut dari berbagai tempat asal termasuk dari daerah timur tengah yang ketika itu penduduknya telah terlebih dulu beragama agama Islam.

Kebanyakan para pedagang tersebut memilih tinggal sementara di Indonesiauntuk menanti angin yang pas yang akan mengantarkan para pedagang itu dengan kapal mereka pulang kembali ke negaranya masing-masing.
Selama di Indonesia, pedagagang tersebut memulaihubungan yang pergaulan amat baik dengan penduduk asli yang pada saat itu kebanyakan masih memeluk agama Hindu. Para pedagang tersebut mengajarkan tentang agama Islam.
masyarakat lokalpun merasa tertarik atas agama baru ini. Sebagian besar dari mereka berpindah memeluk agama islam. Wakilantara pedagang arab dan warga asliun berperan dalam menybarluaskan pengaruh agama Islam di negara Indonesia.
Menurut bukti temuan dan sejarah, mekanisme masuknya Islam ke Republik Indonesia memiliki tiga antara lain.


Teori masuknya islam ke Indonesia

1. Teori Gujarat
Menurut teori Gujarat agama Islam datang ke ke Republik Indonesia saat abad ke tiga belas. Islam disebutkan timbul dari para pedagang daerah Gujarat wilayahIndia. Pemahaman ini kokohkan dengan adanya fakta bahwa saat itu Indonesia menjalin aliansi perdangan yang sangat bagus dengan orang gujarat.
kerajaan Sriwijaya juga saat itu menjadi pusat perdagangan Internasional lewat jalur Indonesia – Gujarat – Timur tengah – Eropa. Selain itu juga terdapatnya batu nisan raha Samudra Pasai, Malik al Saleh yang mempunya corak orang dari wilayah Gujarat.
2. Teori Mekkah
Teori Mekkah merupakan pemahaman hadrinya Islam yang baru ini muncul. Pendapat ini merupakan sanggahan dari teori Gujarat. Pada teori ini disebutkan Islam masuk ke negara Indonesia ketika itu abad ke-7 (6 abad lebih awal jika dibandingkan dengan pendapat gujarat).
Orang-orang yang membawa agama Islam ke negara Indonesia adalah orang-orang negara Arab. Hal itu dibuktikan dengan adanya perkampungan yang telah ditinggali oleh orang Islam di wilayah pesisir barat Sumatra saat pada itu waktu itu.
3. Teori Persia
Teori Persia mempunyai anggapan yang sama tentang waktu hadir nya agama Islam ke negara Indonesia, ialah abad ke-13. Namun, perbedaannya pendapat Persia beranggapan Islam datang dari Persia.
Peristiwa ini disebabkan karena adanya persamaan-persamaan budaya Islam di Republik Indonesia dengan di Persia.
2
23.2K
5
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan