ahmadpermana05Avatar border
TS
ahmadpermana05
Tips buat yang pengen ke bromo

1.       Tujuan
Yang perlu kalian siapin adalah mau ke spot mana aja, jadi kalo kalian mau liat matahari terbitnya bromo, gue saranin buat lewat jalur pasuruan, karena jalr ini yang gampang dan langsung bisa ke daerah vila vilanya, kalo mau ke bukit teletabis gue saranin lewat jalur malang karena lebih deket dan enggak ngelewatin jalur yang susah.

2.       Cuaca
kalo lagi musim ujan gue saranin enggak ke pegunungan khususnya di bromo karena disana suhunya bakalan lebih dingin dari biasanya, dan yang paling penting kalo kalian pergi waktu kemarau bakalan lebih mudah karena enggak ada halangan buat kesana kemari, dan kemarau itu saat yang tepat karena di spot matahari terbit enggak bakalan ketutupan embun. Gue dulu kesana waktu musim ujan jadi udah capek capek kesana tapi enggak bisa liat matahari terbitnya karena ketutup embun tebel.


3.       Kendaraan
Kalo kalian mau naik motor ke sana mending jangan bawa metik, emang sih gampang buat nanganin jalan yang berkelok kelok, tapi kalian bakalan kesusahan di tempat wisata di sana, kalo mau ke kawah bromo itu harus lewatin lautan pasir yang lumayan tebel, dan kalau lo bawa mototr metik bakalan kesusahan buat di naikin di medan berpasir.

4.       Baju
Kalo mau kesana usahaain pakek baju yang enggak ribet. Enggak perlu yang tebel banget, emang sih dingin tapi kalo pakek baju yang tebel bakalan ribet sendiri, dan jangan lupa bawa sarung tangan karena disana itu suhunya sekitar 8-14 derajat jadi balo enggak pakek sarung tangan bakalan kedinginan trus tangan lo kaku.

5.       Kalo yang mau ke bromo lewat malang gue saranin enggak berangkat malem malem karena kalo kalian mau ngejar matahari terbitnya kalian harus lewat padang pasir yang luas banget dan enggak ada penerangannya plus enggak ada jalan petunjuk buat arah ke penanjakan atau ke kawah. Gue dulu nekat ke sana lewat malang dan berangkat tengah malem. Iya sih sepi dan deket cuman waktu turun ke gunungnya gue enggak bisa liat jalan, enggak tau jalan yang bener buat ke kawah sama penanjakan. Yang ada cuman nyasar di lautan pasir dan susah ngendaliin motor, dan lebih dingin pula dulu sekitar 9 derajat.

6.       Duit
Buat yang ke sana naik motor duitnya enggak terlalu butuh banyak tapi kalo yang kesana naik mobil, itu bakalan ngeluarin lebih banyak karena lo bakalan nyewa jeep yang rarganya 500 ribu lebih sekali carter. Emang sih lebih gampang karena dibawa ke tempat tempat di bromo, tapi kan juga lumanyan ngeluarin duit se ditu.

7.       Bangun pagi
Buat yang nginep dan nyewa vila disana harus rela bangun pagi pagi buta yah sekitar jam 3 pagi an. Soalnya itu adalah jam yang tepat buat matahari terbit dan belom lagi kalau macet di perjalanan. Iya bener deh gue dulu kejebak macet karena saking ramenya orang yang dateng ke bromo, kan bukan Cuma orang lokal, bule bule juga banyak banget.

8.       Perlengkapan
Siapin kebutuhan lo sebelum ke sana apalagi kalau mau ke spot matahari terbit. Gue saranin buat nyeting kamera dulu sebelum nyampek di sana, kan sayang kalo waktunya diabisin buat cari setingan kamera yang pas. Soalnya di sana mataharinya keluarnya cepet banget. Dan belom lagi desek desekan sama orang lain, karena di sono rame banget, mau jalan aja desek desekan.






0
1.9K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan