alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Home Appliance /
HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 1
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a561c7d1854f70f478b4568/home-of-air-condition-ac---part-1

HOME of AIR CONDITION (AC)

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 62 dari 501
Quote:

Gw kira samsung & LG masuk jajaran kelas atas jg tuk AC ternyata tuk spesialis AC dipegang sama Daikin+Panasonic ya?
siang om tante semua..

mau tanya tapi bukan tentang rekomendasi AC hehe..
jadi saya baru tukar tambah AC seken, dapetnya national kemarin (sekalian pasang).
dikarenakan suara outdoor berisik tukang yg masang hari ini dateng lagi utk check..
dia coba akalin dan dia bilang dia tambahin oli freon.. dia tambahin oli freon dgn cara colok selang dari tabung freon (ada tulisan r22).

pertanyaan sy apa benar ada istilah oli freon ?
jika benar ada, apa oli freon memang disimpan di tabung freon r22 ?
sbnrnya sy sudah niatan utk ganti ac baru daikin, tetapi disarankan orang tua tukar tambah seken dl.. sekalian sy tny jika ac daikin dgn tipe freon yg bukan r22, ketika service rutin itu lebih baik kita ke daikin resminya atau ke tukang ac biasa ?

terima kasih sebelumnya
Quote:


Masuk papan atas ga hanya dari harga vs fitur gan... reputasi durability dan after sales paling berpengaruh.
Quote:

Nah durability+after salesnya LG masuk kategori bagus kah? Soalnya rencana mau beli merk LG niy. Agan pengalaman gunakan panasonic & daikin?
Thanks info nya gan
Quote:

Kalau mau tahu durability, coba saja cek di ATM, Indomaret, Alfamart, dkk pakai merk apa emoticon-Big Grin

Sedangkan after sales, justru merk elektronik mainstream seperti LG, Samsung, Panasonic, dan Sharp lebih banyak dan menyebar dibanding Daikin yang hanya melayani AC. Namun kualitas pelayanan entah lah ya. Setiap tempat belum tentu sama pelayanannya, jadi tidak bisa digeneralisir.
Quote:


Yes seperti agan PlayNow bilang, lain wilayah lain pula tingkat kesigapan dan kualitas after salesnya.
Untuk Daikin saya cuma pernah makai model jaman kuda gigit besi yang masih pakai kabel remotenya. Kalau untuk saat ini yah hampir tiap hari saya jumpa grand max service dan parts mereka berkeliaran di jalan. Daikin banyak klaim kerusakan di wilayah saya juga bukan berarti AC nya rusakan yah. Ada faktor instalasi dan voltase juga yang mempengaruhi.
Untuk Panasonic saya sudah kenal dari jaman National Gobel. Tahun 96 National Eolia adalah AC paling cantik di pasaran. Remotenya tipis dan lebar, manis dan enak di genggam. Louvrenya pun pakai velvet/beludru, yah ME juga pakai bahan seperti itu. Tapi louvrenya belum model flap buka tutup, dan seingat saya hanya Daikin dan Sanyo yang juga sudah model flap. Tapi AC mereka masih petak kayak kardus.
Masalah si National? Ga dingin amat...
Di jaman Panasonic saya pakai 3 hingga saat ini untuk di rumah, untuk kantor ada 4 yang semuanya model jaman ion sebelum nanoe. Untuk yang kantor umur 9-10 tahun, 3 unit tewas not repairable kompressor rusak parah dan 1 unit hidup segan mati tak mau. AC 1.5 pk dinginnya seperti 3/4 pk kurang dikit. Wajarlah ya umur segitu...
Untuk yang di rumah, 1 Organix 0.5 pk dinginnya paling mentok di depan hembusan AC ga beda Sky 1 pk di suhu 28 derajat. Yang low watt 1 pk sejauh ini ok lah, kompressor emang berisik dan flapnya di posisi tertinggi masih bengkok ke bawah dan jauh dari garis horizontal. Akusisi terakhir adalah Sky 1 pk setelah di komparasi dengan brand lain. Kenapa saya pilih Panasonic Sky?
Pertama jumlah service point mereka ada 6 di kota saya. Jauh lebih banyak dari pada Daikin yang hanya ada 1. Beberapa brand yang lain juga hanya 1, namun mereka siasati dengan sistem rekanan.
Kedua soal return, kalau saya ambil model dari brand lain dengan fitur setara tapi lebih mahal dari Sky. Sebelum saya bisa kejar-kejaran savings tagihan listrik. Saya harus nungguin dulu selisih harganya balik modal. Setelah di pikirkan, Sky masih masuk akal lah. Walau sebenernya Aero series Panasonic lebih irit lagi dan lebih murah juga.
Untuk LG saya dulu ada 1 di kantor, sudah tewas namun di masa jayanya dinginnya enak tajem. Itu AC jaman R22. Untuk di rumah saya ada Artcool 3/4 pk, 7 tahun still going strong. Watt 435 watt tergolong kecil benernya. Tapi soal irit masih bertekuk lutut di hadapan Sky. Meteran listrik saya muter jauh lebih pelan saat Sky nyala sendirian berbanding LG.
Kalau soal service saya cuma pernah ngalamin di tv lcd LG. Luar biasa sih, pagi di jemput, sore sudah nyala lagi di rumah. Ga tahu kalau soal AC nya yah, soalnya Samsung juga kabarnya super responsif urusan tv nya. Tapi tak berkabar kalau urusan ACemoticon-Big Grin
Gan saya butuh 2 ac inverter untuk ruangan 3x3.5 nih bagusnya apa ya budget sih 1 ruangan max 5 jt sama pasang ..

Mohon bantuannya terimakasih
Gans, lapaknya agan lurker ada di marketplace kah? Biar bisa cicilan 0% emoticon-Malu (S)
rencana mau ngambil ac lg dual inverter type t06emp .kata ny sellee jgn ambil LG krn pipa kapiler ny msh alumunium..dan mending ambil midea atau akari
Quote:


EMV? Model lama deh itu, 2018 di ganti seri EV3
Quote:


klo pipa ny emang bner gan , tuh ac lg msh pake alumunium ?
HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 1
Quote:


Katalognya cuma state evap cu/al. Kaga nulis indoor atau outdoor pula lagi...
Quote:


Ane ud pernah nanya sebelumnya di sini. Katanya LG seri deluxe baru make tembaga, tipe di bawahnya msh alumunium.

MODUL RUSAK

Dear all, curhat n need help.

Sy ceritanya baru pindahan rumah, waktu pindahan ac sharp 1/2 pk yg udah di pake 2 tahun g langsung di pasang. Selain krn udara d tempat baru g terlalu panas,sy jg belum dapet teknisi yg bisa d andelin. Hampir sebulanan akhirny tu ac kesimpen. Nah salah nya sy, ketika pindah kan indor nya sy wraping plastik, +kardus maksud nya sih biar g kecet. Ketika kesimpen wraping g sy buka sampe hari mau dpasang. Ketika wraping d bukan kondisi indor rada lembab dan berjamur. Krn sy pikir g masalah,pasang aja tanpa cek apa2 lagi.

Nah baru sehari hidup, mulai muncul masalah. Ac g respone ama remote. Akhir nya nyala mati nya on/off dari saklar listrik. Lanjut besok nya, tiba2 listrik d rumah ane turun. Tau nya konslet dari AC. Soalnyabtiap kali aca d nyalain selalu turun.


[Spoiler:]
HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 1HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 1HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 1
[/Spoiler]

Sekarang sy agi nyari modul copotan wat benerin.Ada yg tau tempat yg jual modul ac copotan dmn?daerah jakarta barat/tangerang.sy agi nyari modul sharp ap5shl.
Diubah oleh Praba_03121989
Quote:



Up ...

Butuh masukan soalnya mw beli senin/selasa

Daikin smile inverter ? Apa langsung daikin high inverter

Atau ada inverter model lain dr sharp panasonic or LG??
Quote:


Kalau dapat diskon gede, ambil hi inverter. Soale Mei kabarnya mau datang Smart Inverter FTKM dan Smile baru serta Super Smileemoticon-Big Grin
Quote:


waduh tanggung dong kalo gitu.. soalnya high inverter msh di 5.3an sama pasang 500-600k out of budget soalnha mw ambil 2 😭😭😭.. klo dr merk lain ada yg setara ga sama high inverter dr sharp or panasonic or lg ?

Kalo Sharp 1PK AH-XP10UHY sama daikin smile inverter mending mana ? Budget ga kuat euy kayanya kalo ambil yg high inverter

Kalo LG T10EV3 udh bagus blm ? Mayan harganya murah yg 1pk cm 3 jt takutnya kaya emv msh alumunium
Diubah oleh adisptr13
Quote:


Coba cari di toped & bukalapak gan. Biasa banyak.
Quote:


Kalau fitur sih UHY pasti menang jauh, cuma di page belakang banyak yang bilang Sharp belakangan kurang tajam dinginnya. Sharp dan LG saat ini adalah AC kelas branded paling murah meriah muntah. Tinggal agan cari info after sales di wilayah agan seberapa bagus saja sebelum menjatuhkan pilihanemoticon-Big Grin
Quote:


Ya allah ini mah kudu make daikin dah 😭😭😭, kalo aftersales sih LG mah bagus dkt pula ama rumah wkwkw soalnha elektronik lain make LG sih mantap sangat responnya...

Kalo sharp gatau karena udh lama ga make sharp terakhir jg kulkas cepet sih prosesnya cm saya gatau kualitas acnya...
Halaman 62 dari 501
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di