wenyindAvatar border
TS
wenyind
Inilah Sebab Akibat, Kenapa Tahi Lalat Terus Bertambah Banyak


Halal Lifestyle –Punya tahi lalat banyak? Ya, itu wajar karena tahi lalat umumnya masih terus bermunculan hingga usia 30 tahun, meskipun tak menutup kemungkinan di usia lebih lanjut terus tumbuh, tapi tak banyak. Lalu, kenapa tahi lalat terus bermunculan, bahkan pada sebagian orang pertumbuhannya terkadang tidak wajar?

Anda tidak perlu takut dengan munculnya tahi lalat. Menurut penelitian, bahkan seseorang rata-rata memiliki 10 hingga 40 bintik gelap ini yang tersebar di berbagai bagian tubuh. Tahi lalat tercipta sebagai proses alami kulit yang dipicu oleh melanin atau zat alami kulit.



Melanin diproduksi melalui sel yang disebut melanocytes yang terletak di lapisan kedua teratas kulit. Melanocytes ini menyebar di seluruh bagian tubuh dan memberi warna alami kulit. Lalu, ketika terpapar matahari, melanocytes memproduksi lebih banyak melanin dan menghitamkan atau memberi warna coklat secara alami pada kulit.

Saat melanocytes tidak dapat menyebar rata, lalu tertumpuk pada satu titik bagian kulit tertentu, maka muncul yang dinamakan tahi lalat berupa bintik kulit kehitaman maupun kecokelatan, kadang muncul rambut di tengahnya, hal yang normal pada kulit. Tahi lalat banyak muncul di sekitaran kulit yang sering terpapar matahari, seperti tangan, leher dan wajah.



Ada alasan kenapa sebagian orang memiliki tahi lalat berlebihan, hal itu disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya, pertama faktor keturunanyang memiliki riwayat tahi lalat berlebihan, terutama yang berkulit putih.



Kedua, faktor lingkungan tempat tinggal dengan iklim terlalu panas,seperti di pinggir pantai atau sepanjang garis khatulistiwa, salah satunya Indonesia. Paparan sinar matahari akan semakin membuat tahi lalat bertambah jumlahnya.



Faktor ketiga adalah pengaruh obat-obatan, seperti antidepresan atau antibiotik yang meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, sehingga tahi lalat jadi mudah muncul.

Jika ingin menghilangkan tahi lalat yang menurut Anda mengganggu, para ahli menyarankan agar datang ke dokter kulit untuk mendapat penanangan yang tepat dan terhindar dari praktik-praktik berbahaya.

0
32.1K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan